Sukses

Turun dengan 6 Muka Baru, Timnas Basket Indonesia Waspadai Thailand di SEA Games 2023

Indonesia mengubah enam pemain dari roster saat merebut medali emas di SEA Games Vietnam.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas basket Indonesia tengah melakukan persiapan akhir jelang keberangkatan ke Kamboja untuk mengikuti SEA Games 2023. Sebagai juara bertahan, Indonesia menghadapi tugas maha berat untuk mempertahankan gelar.

Indonesia turun dengan membongkar roster dibanding saat merebut emas di Vietnam. Ada enam pemain yang berubah. Tak ada nama Marques Bolden, Derrick Michael, Agassi Goentara, Abraham Damar Grahita hingga Arki Dikania Wisnu.

Posisi mereka akan digantikan oleh Julian Alexandre Chalias, Kaleb Ramot Gemilang, Dame Diagne, Lester Prosper, Anthony Baene Jr dan Muhammad Arighi.

"Saya selalu optimis sebelum berlatih, untuk melakukan latihan yang berkualitas tiap hari, untuk mencoba memenangkan setiap pertandingan. Saya selalu optimis karena saya percaya dengan tim saya. Tapi setiap orang harus tahu, ini adalah tim baru. Kami memiliki 6 pemain baru jika kita membandingkan tim yang ada saat ini dengan tim di Vietnam," ujar pelatih Milos Pejic di GBK Arena, Rabu (3/5/2023).

Perubahan komposisi pemain ini membuat Pejic harus bekerja keras meracik strategi yang pas untuk bisa mempertahankan medali emas lagi. Apalagi peraturan baru di SEA Games 2023 cabor basket mengizinkan tim-tim memakai banyak pemain naturalisasi.

"Tersisa 7 hari sebelum pertandingan pertama kami melawan Laos. Kami berencana berangkat pada hari Minggu (7/5/2023). Masih tersisa tujuh hari bagi kami untuk merampungkan beberapa detail kecil. Seperti menyatukan Brandon dengan tim, dia baru saja bergabung dengan tim kemarin."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perhatikan Thailand

Untuk lawan yang diwaspadai Indonesia selain langganan juara Filipina adalah Thailand. Pasalnya Thailand akan memakai banyak pemain naturalisasi di Kamboja nanti.

"Thailand adalah lawan di game ketiga, saat ini kami fokus pada Laos untuk pertandingan pertama kami. Laos, Vietnam, baru Thailand. Tapi kalau boleh berkomentar, Thailand memiliki materi permainan yang kuat untuk para pemain naturalisasi mereka. Tapi kami masih memiliki waktu untuk memikirkan soal Thailand. Pertama kita pikirkan dulu baiamana melawan Laos, Vietnam lalu Thailand," lanjut Pejic.

3 dari 3 halaman

Keyakinan Jawato

Sementara itu pemain timnas basket Indonesia Brandon Jawato tetap optimistis bisa merebut medali emas lagi di Kamboja meski komposisi tim nyaris berubah 50 persen.

"Saya sangat yakin, saya yakin kami bisa membawa kembali medali emas bagi Indonesia. Kami punya roster yang bagus dan kami siap," tutur Jawato.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.