Sukses

4 Bek Bernaluri Gelandang di Liga Inggris Musim 2022/2023

Biasanya tugas untuk menciptakan peluang dibebankan kepada seorang gelandang kreatif. Namun, bagaimana dengan pemain bertahan?

Liputan6.com, Jakarta - Tujuan bermain sepak bola adalah mencetak gol. Namun untuk mencapainya dibutuhkan kejasama antarpemain. Dari bek, gelandang, hingga striker punya peran masing-masing dalam sebuah laga. 

Belakangan, urusan menjebol gawang lawan bukan lagi melulu urusan penyerang. Pemain-pemain yang beroperasi di posisi lain juga kian dituntut lebih proaktif. Begitu juga dalam mengatur serangan.

Biasanya tugas untuk mengkreasi kesempatan mencetak gol dibebankan kepada gelandang yang memang beroperasi langsung di belakang striker. Nama-nama seperti Kevin De Bruyne, Bruno Fernandes dan Martin Odegaard adalah beberapa gelandang kreatif yang bermain di Liga Inggris musim ini yang kemampuan menciptakan kesempatannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Namun, beberapa waktu ke belakang tuntutan untuk menjadi kreatif juga diberikan kepada setiap pemain. Pemain bertahan yang jauh dari lini serang juga dituntut mampu mengemban peran ini. 

Hasilnya, sejumlah bek berlanulir gelandang. Sebut saja pemain Newcastle United Kieran Trippier.  Dia mengungguli pemain lain di posisi yang sama dalam urusan membantu serangan. Dengan catatan 91 peluang serta enam assist di liga, Trippier sedang berada dalam musim terbaiknya sepanjang karirnya.

Bahkan, ia mengungguli Kevin De Bruyne dalam urusan penciptaan peluang dengan gelandang Manchester City tersebut sementara ini mencatatkan angka sebesar 90.

Dengan catatan tersebut, Trippier telah menggeser posisi Trent Alexander-Arnold yang selama beberapa musim terakhir bisa dibilang menyandang gelar bek kanan paling kreatif di Liga Inggris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fabian Schar

Berlanjut ke posisi bek tengah, ada rekan setim Kieran Trippier, Fabian Schar yang juga sedang berada dalam musim terbaik dalam karirnya bersama Newcastle United. Pemain internasional Swiss itu telah mempertahankan tempatnya di tim utama di tengah proyek investasi besar-besaran pemilik baru The Magpies dan membuktikan dirinya sebagai salah satu aset terpenting Eddie Howe.

Bukan tanpa alasan, kemampuannya dalam membangun serangan bisa dibilang sama baiknya dengan kemampuan bertahannya. Melansir dari Squawka, Schar telah mencatatkan 13 penciptaan peluang. Angka yang cukup besar bagi seorang pemain yang beroperasi jauh di belakang.

3 dari 4 halaman

Ben Davies

Masih di posisi bek tengah, ada bek Tottenham Hotspur Ben Davies yang tampil cukup impresif di tengah musim inkonsisten Spurs. Meskipun kemampuan bertahannya cukup diragukan, Davies cukup dapat diandalkan jika berada di sepertiga akhir lapangan. Dari posisinya sebagai bek tengah kiri, pemain internasional Wales itu telah menciptakan 17 peluang dan semuanya berasal dari permainan terbuka, dengan dua di antaranya berbuah menjadi gol.

4 dari 4 halaman

Andy Robertson

Terakhir, di posisi bek kiri ada pemain andalan Liverpool Andy Robertson. Meski jadi bek kiri terbaik dalam urusan kreativitas, Robertson telah mengalami penurunan yang cukup signifikan ketimbang musim lalu.

Namun, The Reds tetap dapat terus mengandalkan pemain internasional Skotlandia itu untuk menciptakan peluang dari sisi kiri lapangan. Sejauh ini ia telah membuat 45 peluang di liga di mana tujuh di antaranya berbuah menjadi gol, satu assist lebih banyak ketimbang yang dicatatkan oleh Kieran Trippier.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.