Sukses

Cristiano Ronaldo Hampir Pensiun Usai Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta Cristiano Ronaldo mengakui sempat memikirkan pensiun dari sepak bola setelah Timnas Portugal gagal total di Piala Dunia 2022 Qatar.

Portugal tersingkir dari Piala Dunia 2022 Qatar setelah takluk 0-1 pada perempat final kontra Maroko yang berlangsung di Stadion Al Thumama, Doha, Sabtu (10/12/2022) malam WIB.

Dalam laga itu, Ronaldo hanya tampil sebagai pemain pengganti. Ronaldo datang dari bangku cadangan imbas dirinya ngambek saat diganti dalam laga terakhir di babak grup melawan Korea Selatan.

Pada akhirnya, Ronaldo yang digadang-gadang bakal sukses pada Piala Dunia 2022 hanya menorehkan satu gol. Ini juga bisa menjadi Piala Dunia terakhirnya, mengingat saat ini usianya sudah 39 tahun tahun.

Ronaldo mengaku sangat terpukul dengan hasil jeblok di Piala Dunia 2022. Bahkan, dirinya sempat berpikir untuk pensiun dari sepakbola.

Akan tetapi, setelah berkomunikasi dengan keluarga dan orang terdekat, Ronaldo bertekad menolak menyerah dan kini sudah bersama timnas Portugal untuk melakoni Kualifikasi Piala Eropa 2024.

"Saya tidak akan berbohong. Dalam hidup, kita harus menimbang segala sesuatunya," kata Ronaldo, dilansir Goal Internasional.

"Kami berpikir, merenung, saya dan keluarga saya, tapi kemudian kami sampai pada kesimpulan bahwa, terlepas dari kesulitan yang ada, kami tidak boleh menyerah. Saya bisa melihat situasi dari sudut pandang yang berbeda. Saya belajar banyak dari hal tersebut." sambungnya.

Meski gagal di Piala Dunia, Ronaldo mencatatkan rekor di Piala Dunia 2022 sebagai satu-satunya pemain yang bikin gol di lima edisi Piala Dunia!

Rinciannya adalah, CR7 bikin satu gol di Piala Dunia 2006, satu gol di Piala Dunia 2010, satu gol di Piala Dunia 2014, empat gol di Piala Dunia 2018, dan satu gol di Piala Dunia 2022.

Saingan terdekatnya adalah Lionel Messi, yang bikin gol di empat edisi Piala Dunia (Messi gagal bikin gol pada Piala Dunia 2010).

Namun catatan golnya, lebih baik Messi ketimbang Ronaldo yakni 13 berbanding delapan. Plus, Messi bawa Argentina juara Piala Dunia 2022.

2 dari 5 halaman

Martinez Membawa Kabar Baik untuk Ronaldo

Bergantinya posisi pelatih Timnas Portugal ke Roberto Martinez menjadi berkah tersendiri bagi Ronaldo. Pasalnya, eks pelatih Belgia itu mengaku ingin menjadikan Ronaldo sebagai pemain utama.

"Saya senang bisa kembali. Roberto Martinez menunjukkan bahwa ia mengandalkan saya. Saya selalu ingin bermain. Seperti yang Anda ketahui, ia berbicara kepada semua orang dan juga kepada saya," ucapnya.

"Dan saya dapat menyadari bahwa saya memiliki banyak hal yang dapat saya berikan kepada tim nasional. Saya merasakannya, saya menginginkannya, dan keinginan saya adalah membawa Portugal ke level tertinggi. Saya akan selalu memberikan kontribusi saya ketika mereka membutuhkan saya," jelasnya.

3 dari 5 halaman

Kata Martinez

Sebelumnya, Martinez telah mengkonfirmasi bahwa Ronaldo akan tetap menjadi kapten tim di bawah asuhannya. Dia yakin, Ronaldo masih menjadi salah satu penyerang haus gol untuk membantu timnya.

"Ada banyak pemain yang berbeda, mungkin sistem akan berubah, tapi saya tidak ingin membicarakannya. Perubahan adalah hal yang baik dalam hidup," kata Martinez.

"Apa yang kami rasakan di tim nasional sangat positif. Rasanya seperti sesuatu yang istimewa dan positif. Intensitasnya sangat bagus, sangat berbeda. Saya yakin tim nasional akan siap menghadapi apa pun yang akan terjadi. Saya yakin Portugal akan menjadi tim yang lebih menyerang," jelasnya.

4 dari 5 halaman

Kirim Pesan Ramadhan

Cristiano Ronaldo, yang sudah menjadi duta besar tidak resmi Arab Saudi, negara mayoritas muslim, mengambil kesempatan untuk mengucapkan Selamat Ramadan. "Ramadan Mubarak untuk semua umat Muslim! šŸ™šŸ½šŸ™ŒšŸ½" tulis pemenang Ballon d'Or lima kali itu di akun Twitternya.

Cuitan Ronaldo mnarik perhatian para penggemarnya. Banyak yang berterima kasih kepada superstar Al-Nassr dan Portugal itu atas ucapan tersebut.

"@Cristiano Terima kasih... Semoga Anda menikmati suasana Ramadan di Arab Saudi," komentar akun @maleydan.

@Cristiano Masha Allah! Terima kasih, Pemain Sepak Bola Terhebat Sepanjang Masa," kata akun @BashirAhmaad.

5 dari 5 halaman

Persaingan di Arab Saudi

Cristiano Ronaldo bergabung dengan Al-Nassr pada Januari 2023. Dia menerima pinangan klub Arab Saudi itu setelah sepakat berpisah dengan Manchester United.

Sejak saat itu, Ronaldo sudah bermain dalam delapan pertandingan di Liga Ara Saudi. Superstar asal Portugal itu mencetak sembilan gol dan menyumbangkan dua assist.

Dalam sebuah konferensi pers, Ronaldo mengakui terkejut dengan persaingan di Liga Arab Saudi. Dia juga mendukung divisi ini masuk dalam lima liga paling kompetitif di dunia di masa depan.

"Saya pikir Anda harus melihat (Liga Pro Saudi) dengan cara yang berbeda. Saya tidak akan mengatakan bahwa liga ini adalah Liga Primer, itu bohong," kata Ronaldo kepada Sportstar.

"Namun, ini adalah liga yang sangat kompetitif dan saya sangat terkejut dengan hal itu, liga yang sangat seimbang dan tim-tim yang bagus."

"Saya yakin bahwa dalam beberapa tahun ke depan, liga ini akan menjadi... liga keempat, kelima atau keenam yang paling kompetitif di dunia," pungkas pesepak bola berusia 38 tahun itu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.