Sukses

PSSI Agendakan Sarasehan dengan Asprov, 19 Maret 2023

PSSI berencana menggelar sarasehan dengan Asosiasi Provinsi (Asprov) pada 19 Maret 2023. Sebelumnya, federasi sepak bola Tanah Air juga sudah mengundang klub-klub Liga 1 dan 2 untuk mengikuti agenda serupa di Surabaya pada 4 Maret lalu.

Liputan6.com, Jakarta PSSI di bawah kepemimpinan Erick Thohir kembali mengagendakan sarasehan sepak bola pada 19 Maret mendatang. Kali ini, federasi sepak bola Tanah Air berencana menggandeng Asosiasi Provinsi (Asprov).

Seperti diketahui, PSSI sebelumnya sudah menggelar sarasehan dengan klub Liga 1 dan Liga 2 di Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu (4/3/2023) lalu.

Dalam agenda tersebut, tim-tim yang terlibat menyepakati adanya perubahan format pelaksanaan Liga 1 serta penyesuaian kuota pemain asing di tiap-tiap skuad.

Di samping itu, PSSI bersama perwakilan klub juga berencana melakukan pengaturan jadwal guna mengurangi irisan waktu pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 musim depan.

Adapun setelah ini, Erick Thohir bersama jajarannya bakal berfokus mengadakan diskusi dengan Asprov PSSI. Rencana tersebut disampaikan langsung oleh ketua umum PSSI saat memberi keterangan pers di GBK Arena, Senayan, Jakarta pada Jumat (10/3/2023).

“Tanggal 19 (Maret) nanti ada sarasehan sama Asprov-Asprov, ya, karena di bawah Asprov itu ada yang namanya pembinaan. Ada Piala Soeratin, Piala Pertiwi, semua nanti (dibahas pada) tanggal 19,” ungkap Erick kepada awak media.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Agenda Padat PSSI

Sekadar informasi, PSSI memang memiliki agenda padat mulai Maret ini. Erick Thohir selaku nakhoda federasi bakal melakukan kunjungan langsung ke stadion-stadion Piala Dunia U-20 2023 pada Sabtu (11/3/2023).

Agenda tersebut diawali di Sumatera Selatan dan Bandung, diikuti Solo, Bali, Jawa Timur, hingga Jakarta. Adapun tujuan diadakannya kunjungan ialah untuk memastikan kesiapan venue jelang audit ulang oleh FIFA pada 21-27 Maret.

Setelahnya, Erick Thohir bersama sejumlah anggota komite eksekutif (exco) PSSI akan bertolak ke Rwanda pada Senin (13/3/2023). Mereka dijadwalkan menghadiri rapat FIFA hingga tanggal 17 Maret.

“Besok saya mau pergi ke Sumsel, Bandung; lalu Solo, Bali. Senin ke Jawa Timur, terus Jakarta,” paparnya saat memberi keterangan pers di GBK Arena, Jumat (10/3/2023).

“Di masing-masing kunjungan, saya akan didampingi oleh tim, termasuk Pak Menpora, dan tim dari Menteri PUPR. (Kunjungan ini) untuk memastikan penyelesaian-penyelesaian yang tertunda dari lapangan-lapangan yang akan dipergunakan untuk U-20.”

“Lalu juga Senin, saya dengan beberapa Exco langsung ke Rwanda karena ada rapat FIFA sampai tanggal 17,” sambung Erick pada kesempatan yang sama.

3 dari 3 halaman

Urusi FIFA Matchday Timnas Indonesia

Tak hanya mengurus agenda sarasehan dan Piala Dunia U-20 2023, PSSI juga harus menangani FIFA Matchday Timnas Indonesia yang diagendakan berlangsung pada Maret, Juni, serta November mendatang.

Erick Thohir sebelumnya telah memastikan bahwa Skuad Garuda bakal tampil dalam FIFA Matchday Maret. Ia juga mengeklaim pihaknya sudah mulai mempersiapkan calon lawan Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday Juni dan November.

“Tadi (di rapat) exco, kita sepakati untuk Juni dan November sudah mulai kita isi, sudah mulai negosiasi dari sekarang, jadi tidak mendadak-mendadak. Kemarin kan transisi, jadi mungkin perlu waktu,” ungkap Erick kepada awak media, Jumat (10/3/2023).

“Jadi akan ada FIFA Matchday di bulan Maret ini, tetapi kita akan siapkan juga yang Juli dan November. Bahkan kita akan mendorong FIFA Matchday sampai tahun depan, jadi sudah ada jendela-jendelanya supaya nanti persiapannya rapi,” tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.