Sukses

Profil Timnas AS di Piala Dunia U-20 2023: Didominasi Pemain Muda Berbakat

Timnas AS sangat berambisi meraih mahkota juara Piala Dunia U-20 pertama kalinya setelah tiga kali beruntun kandas di perempat final.

Liputan6.com, Jakarta Event sepak bola akbar akan digelar di Indonesia. Turnamen besar itu adalah Piala Dunia U-20 2023.

Indonesia akan menjadi tuan rumah 24 tim dari enam konferedasi di dunia akan berkompetisi dari 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

Saat ini peserta Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia semakin lengkap. Kini sudah ada 20 negara dipastikan berpartisipasi pada turnamen dua tahunan tersebut.

Salah satu peserta Piala Dunia U-20 adalah Timnas Amerika Serikat atau AS. Bagi Tim Paman Sam muda ini merupakan penampilan yang kelima secara beruntun.

Terkait persiapan menuju turnamen, Timnas AS U-20 sudah memanggil 23 pemain. Menariknya, dalam skuad terdapat 16 pemain muda anggota klub-klub di Major League Soccer (MLS) atau kasta tertinggi di sepak bola Amerika Serikat ikut dipanggil.

AS menjadi negara ketujuh yang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023. Itu dipastikan setelah mereka mengalahkan Costa Rica di perempat final Concacaf U-20 Championship di Stadion Francisco Morazan, Honduras.

Pada laga itu, Timnas AS tampil dominan sebelum akhirnya dan sukses meraih kemenangan 2-0 atas Costa Rica. Dua gol kemenangan AS diborong Paxten Aaronson yang tampil gemilang. Gol pertama Aaronson tercipta di menit kelima dan gol keduanya terjadi di babak kedua, tepatnya di menit ke-49.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kekuatan Tersendiri

Dalam daftar skuad sementara AS untuk Piala Dunia U-20 total diwakili oleh 15 klub berbeda, termasuk 10 dari klub peserta di MLS.

Sementara pemain berstatus di klub MLS mencapai 16 dan akan menjadi kekuatan tersendiri bagi Amerika Serikat. Sebanyak 11 pemain merupakan kelahiran tahun 2003, sembilan pemain kelahiran 2004, dan tiga pemain kelahiran 2005.

3 dari 5 halaman

Penampilan Terbaik

AS dalam turnamen kali ini sangat berambisi meraih mahkota juara Piala Dunia U-20 pertama kalinya setelah tiga kali beruntun kandas di perempat final.

Penampilan terbaik Amerika Serikat di turnamen itu adalah menempati peringkat keempat pada 1989.

4 dari 5 halaman

Pemain Kunci

Melansir situs resmi FIFA, The Stars and Stripes, julukan lain Timnas AS, banyak dihuni pemain bertalenta, menuju turnamen dengan performa hebat, hanya menderita satu kekalahan sepanjang 2022.

Salah satu pemain penting atau kunci dalam tim ini adalah Caden Clark. Pemain New York Red Bulls diperkirakan akan memberikan banyak dampak pada tim nasionalnya.

5 dari 5 halaman

Daftar Skuad Timnas Amerika Serikat U-20

Kiper

Antonio Carrera - FC Dallas (MLS)

Emmanuel Ochoa - San Jose Earthquakes (MLS)

Belakang

Brandan Craig - Persatuan Philadelphia (MLS)

Mauricio Cuevas - Club Brugge (Belgia)

Marcus Ferkranus - LA Galaxy (MLS)

Alexander Freeman - Orlando City SC (MLS)

Michael Halliday - Orlando City SC (MLS)

Caleb Wiley - Atlanta United FC (MLS)

Thomas Williams - Orlando City SC (MLS)

Joshua Wynder - Louisville City FC (Kejuaraan USL)

Tengah

Alejandro Alvarado Jr. - Vizela (Portugal)

Daniel Leyva - Seattle Sounders FC (MLS)

Diego Luna - Real Salt Lake (MLS)

Jack McGlynn - Persatuan Philadelphia (MLS)

Nicholas Pariano - Universitas Duke (NCAA)

Niko Tsakiris - San Jose Earthquakes (MLS)

Owen Wolff - Austin FC (MLS)

Depan

Caden Clark - RB Leipzig (Jerman)

Jackson Hopkins - DC United (MLS)

Roald Mitchell - Wake Forest (NCAA)

Korede Osundana - Orange County SC (Kejuaraan USL)

Quinn Sullivan - Persatuan Philadelphia (MLS)

Tyler Wolff - Atlanta United (MLS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.