Sukses

Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Campuran Asia: Demi Strategi dan Adaptasi, Indonesia Akan Rotasi Pemain

Indonesia akan menghadapi Lebanon dan Suriah pada hari pertama Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Campuran Asia atau Badminton Asia Mixed Team Championship 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab.

Liputan6.com, Dubai - Skuad Garuda siap menjalani laga perdana pada Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Campuran Asia atau Badminton Asia Mixed Team Championship 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab. Lantaran harus menjalani dua laga di hari pembuka, tim Indonesia akan merotasi pemain agar semua bisa turun bermain.

Sesuai jadwal Grup C, Selasa (14/2), Indonesia akan menghadapi Lebanon pada 09:00 waktu setempat. Setelah itu, Fajar Alfian dan kawan-kawan bertemu Suriah pada pukul 17:00.

"Untuk menghadapi dua laga di hari pertama pertandingan, kami akan menyusun dua tim. Ini untuk menghadapi Lebanon di pagi dan Suriah petang hari. Kami akan merotasi pemain yang ditampilkan," kata Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky di Dubai, Senin, 13 Februari.

Menurut Rionny, langkah ini diambil demi strategi dan adaptasi para pemain dengan Dubai Exhibition Centre, Dubai, yang menjadi arena pertandingan. Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Campuran Asia yang diikuti 17 negara ini berlangsung pada 14-19 Februari 2023.

"Dengan menurunkan dua tim, pemain bisa beradaptasi dengan arena pertandingan dan juga untuk strategi. Biar semua pemain bisa main dan mendapatkan atmosfer pertandingan," ucap Rionny.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persiapkan diri

Rionny pun berpesan agar semua pemain mempersiapkan diri dengan bagus. Kendati di atas kertas bisa mengatasi perlawanan Lebanon dan Suriah, para pemain diwanti-wanti jangan sampai meremehkan lawan.

"Persiapan harus bagus. Menjaga makan yang baik, istirahat cukup. Dan bersiap untuk bermain bagus. Berusaha mati-matian dan jangan lupa berdoa. Selain itu, harus jaga kondisi," pesan Rionny.

Soal rotasi, kapten tim Fajar Alfian setuju. Ini agar semua pemain dapat tampil dan merasakan dengan atmosfer pertandingan di hari perdana.

"Tanpa meremehkan, mumpung bertemu lawan yang di atas kertas bisa diatasi, semua pemain memang sebaiknya dimainkan dulu. Ini agar pemain dapat atmosfer dan adaptasi dengan lapangan. Saya sendiri kalau ditunjuk, tentu harus siap," ujar Fajar.

 

3 dari 4 halaman

Siap tampil

Para pemain mengaku siap tampil. Pemain tunggal putri Putri Kusuma Wardani menyebut sangat siap bila dimainkan untuk tampil di hari pertama kejuaraan.

"Kalau dipercaya dimainkan, saya tentu siap. Tidak hanya siap tanding, tapi sekalian juga siap sumbang poin," kata Putri KW.

Pemain tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo juga siap dimainkan. "Kalau ditunjuk main, saya siap saja. Persiapannya juga bagus," ujar Chico.

Pemain ganda putri Lanny Tria Mayasari pun menyebut akan tampil maksimal bila diberi kesempatan turun bertanding bersama Ribka Sugiarto. "Saya juga siap tempur. Saya akan berjuang maksimal bila diberi kepercayaan tampil," ucap Lanny.

Menurut pelatih ganda campuran Amon Sunaryo, dua pasangan yang dibawa ke Dubai akan bergantian tampil. Baik Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari maupun Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati akan diturunkan di hari pertama.

"Dua pasangan ini akan turun semua. Mungkin Rinov/Pitha yang turun pagi dan gantian Rehan/Lisa yang main sore," tuturnya.

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Tim Indonesia pada Badminton Asia Mixed Team Championships 2023

Selasa, 14 Februari 2023

09:00 - Indonesia vs Lebanon

17:00 - Indonesia vs Suriah

Rabu, 15 Februari 2023

09:00 - Indonesia vs Bahrain

Kamis, 16 Februari 2023

13:00 - Indonesia vs Thailand 

*) Semua waktu Dubai atau tiga jam lebih lambat dibanding WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.