Sukses

Usai Pecahkan Rekor Transfer Inggris, Ini Nomor Punggung yang Dipilih Enzo Fernandez di Chelsea

Enzo Fernandez resmi bergabung dengan Chelsea. Pemain muda Timnas Argentina itu mengenakan seragam The Blues dengan nomor punggung 5 lantaran angka 24 dan 13 sudah bertuan di Stamford Bridge.

Liputan6.com, Jakarta Enzo Fernandez resmi bergabung dengan Chelsea. Pemain muda Timnas Argentina itu sudah mengenakan seragam The Blues dengan nomor punggung ikonis, saat dirinya tiba di tempat latihan klub di Cobham.

Sebagai informasi, Fernandez merupakan rekrutan teranyar sekaligus termahal Chelsea di bursa transfer Januari. Pesepak bola berusia 22 tahun didatangkan ke Stamford Bridge pada deadline day usai memecahkan rekor transfer Liga Inggris senilai 121 juta euro.

Benfica sejatinya sempat enggan melepas Fernandez ke Chelsea. Klub asal Portugal itu memang diketahui cukup saklek soal biaya. Namun, The Blues pada akhirnya berhasil meyakinkan As Aguias untuk menguangkan penggawa mudanya.

Chelsea pun hanya punya waktu dua jam untuk menyelesaikan seluruh dokumen kepindahan Fernandez, lalu menyerahkan lembar kesepakatannya sebelum jendela transfer resmi ditutup.

Laporan mengungkap Fernandez langsung menjalani pemeriksaan medis di Lisbon. Setelahnya, ia terbang ke Inggris pada Rabu (1/2/2023) pagi waktu setempat. Eks pemain River Plate juga beres melakukan wawancara perdananya dengan media klub.

Pemain internasional Argentina pun sudah mengenakan atribut Chelsea, lengkap dengan nomor punggung yang dipilihnya untuk berkarier di Stamford Bridge.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bukan 24 dan 13

Dilansir dari Metro, Fernandez sejatinya punya dua nomor yang cukup melekat dengan dia. Salah satunya ialah 24. Nomor tersebut dikenakan sang pemain kala dirinya membela Argentina di ajang Piala Dunia 2022.

Dalam balutan nomor 24, Fernandez sukses mengantar Tim Tango menjadi juara turnamen sepak bola terakbar dunia, sekaligus menyabet penghargaan sebagai pemain muda terbaik.

Sayangnya, jersey nomor 24 tak bisa dipakai Fernandez di Chelsea. Reece James sudah lebih dulu mengenakannya. Alhasil, rekan setim Lionel Messi harus mencari nomor lain.

Adapun angka yang selama ini juga cukup dekat dengan Fernandez ialah 13. Nomor tersebut dipakainya saat mentas di level klub, baik bersama Benfica maupun River Plate.

Akan tetapi, angka itu lagi-lagi sudah bertuan. Penjaga gawang asal Inggris, Marcus Bettinelli, merupakan pemilik nomor punggung 13 di Stamford Bridge.

3 dari 5 halaman

Kenakan Nomor 5

Sebagai gantinya, Fernandez memilih mengenakan nomor punggung 5. Angka tersebut baru saja kosong usai ditinggalkan Jorginho yang hijrah ke pemuncak klasemen Arsenal pada hari tenggat waktu bursa transfer Januari.

Walau tak memiliki kedekatan psikologis dan sentimental, jersey nomor 5 menjadi salah satu seragam ikonik di Stamford Bridge. Nomor tersebut pernah dikenakan oleh Frank Leboeuf dan Michael Essien, jauh sebelum kedatangan Jorginho di Stamford Bridge.

4 dari 5 halaman

Senang ke Chelsea

Dalam pernyataan pasca kepindahannya ke London Barat, Enzo Fernandez mengaku senang bisa menjadi bagian dari Chelsea. Ia pun tak sabar mentas di liga terbaik dunia dan membantu rekan-rekannya bersaing dalam perebutan trofi Premier League.

“Saya berterima kasih kepada Chelsea dan pemiliknya karena telah melakukan segala hal yang mereka bisa untuk menjadikan saya sebagai bagian dari proyek ini,” tutur pemain internasional Argentina, seperti dilansir dari pemberitaan Metro.

“Saya senang dan bersemangat bergabung dengan Pride of London, bermain dalam liga terbaik di dunia, dan untuk bersaing  mendapatkan trofi terbesar. Saya tak sabar tampil di hadapan penggemar dan membantu rekan setim saya, di dalam maupun di luar lapangan,” sambungnya.

5 dari 5 halaman

Paling Royal

Sekadar informasi, Chelsea merupakan salah satu klub paling royal di bursa transfer Januari. Tim besutan Graham Potter itu menghabiskan lebih dari 300 juta euro (sekitar Rp4,8 triliun) demi mendapatkan delapan wajah anyar.

Di samping Enzo Fernandez, The Blues telah lebih dulu merekrut Mykhailo Mudryk (70 juta euro), Benoit Badiashile (37 juta euro), Noni Madueke (35 juta euro), Malo Gusto (30 juta euro), Andrey Santos (12,5 juta euro), dan David Datro Fofana (12 juta euro).

Mereka juga meminjam Joao Felix seharga 11 juta euro dari Atletico Madrid. Alhasil, dengan catatan tersebut, Chelsea menyetorkan total 326,5 juta euro di jendela transfer musim dingin.

Meski dicap gegabah karena terlalu royal mengeluarkan uang, manajemen klub merasa pihaknya memang perlu menanam investasi besar demi menyelamatkan diri musim ini.

Seperti diketahui, The Blues tengah terdampar di peringkat 10 klasemen sementara Liga Inggris. Chelsea tertinggal 10 poin dari Manchester United yang menghuni peringkat empat, alias posisi terakhir jatah Liga Champions musim depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.