Sukses

Hasil India Open 2023: Menang Dramatis, Kevin/Marcus Amankan Tiket ke Babak Perempat Final

Ganda putra bulu tangkis Indonesia Kevin Sanajya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon sukses mengamankan tiket ke babak perempat final India Open 2022 usai menang dramatis, 16-21, 21-18, dan 23-21, atas wakil China Ren Xiang Yu/Tan Qiang pada Kamis (19/1/2023).

Liputan6.com, Jakarta Ganda putra bulu tangkis Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon sukses mengamankan tiket ke babak perempat final India Open 2023 usai memenangkan duel dramatis kontra wakil China Ren Xiang Yu/Tan Qiang.

Berlaga di K. D. Jadhav Indoor Hall, New Delhi, pada Kamis (19/1/2023), pasangan berjuluk The Minions itu unggul lewat rubber game, 16-21, 21-18, dan 23-21 dalam durasi waktu 75 menit.

Kevin/Marcus sejatinya tampil tak terlalu ganas di awal gim pertama. Malahan, ganda putra yang pernah menempati peringkat satu dunia itu nampak kesulitan mengimbangi pola permainan Ren/Tan sebelum interval.

The Minions tertinggal setengah skor di kedudukan 4-8. Kevin/Marcus juga tertinggal makin jauh dengan 5-11 saat jeda set pembuka. Penggawa Merah Putih baru menunjukkan tanda-tanda kebangkitan pasca interval.

Duo Tanah Air pelan-pelan mengikis ketertinggalan menjadi hanya tiga angka di kedudukan 10-13. Kevin/Marcus terus mencari peluang untuk mencetak skor. Sambaran Kevin di depan net efektif membuahkan poin tambahan bagi kubu Indonesia.

Malang momentum ini mampu diputus oleh Ren/Tan. Ganda putra asal negeri tirai bambu melesat dengan torehan 18 poin, sementara Kevin/Marcus masih terkunci di angka 13.

Pasangan China lebih dulu mendapat game point opportunity di kedudukan 20-15. Kevin/Marcus sempat berupaya memperpanjang napas dengan meraup satu poin tambahan.

Namun, situasi tersebut tak bertahan lama. The Minions gagal menangkis serangan, sehingga harus mengakui keunggulan Ren/Tan usai tertinggal 16-21 di akhir set pembuka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gim Kedua

Kevin/Marcus berusaha membayar hasil minor yang didapat di game pertama. Keduanya tampil lebih ganas dan langsung tancap gas dengan keunggulan 4-1.

Ren/Tan tak mau kalah. Ganda putra asal Tiongkok mengumpulkan dua angka berturut-turut, sehingga duo pasangan menjadi hanya berselisih satu angka di kedudukan 4-3. Drama kejar-kejaran poin pun menjadi tak terhindarkan.

Kevin/Marcus dan Ren/Tan saling bergantian meraih angka. Penggawa Indonesia baru bisa menciptakan selisih jarak tiga skor di kedudukan 8-5. Namun, tren positif itu lagi-lagi mampu diputus dalam sekejap oleh lawan.

Ren/Tan menyeimbangkan poin menjadi 8-8, sebelum berbalik memimpin dengan 8-9. The Minions kembali kesulitan mencuri angka jelang interval. Kevin/Marcus lagi-lagi dipaksa tertinggal 9-11 saat jeda kedua.

Pasangan Indonesia kerja keras pasca interval. Mereka akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 13-13. Malang, unforced errors yang dilakukan oleh kubu Tanah Air kembali memberi keuntungan bagi lawan.

The Minions makin terdesak. Mereka sudah berada di posisi minor 14-17 memasuki poin-poin kritis. Namun, secara mengejutkan, Kevin/Marcus sanggup kembali memanaskan persaingan usai menyamakan skor menjadi 17-17.

Pasangan Indonesia berbalik memimpin di kedudukan 19-18. Momentum ini langsung dimanfaatkan dengan maksimal oleh The Minions. Wakil Tanah Air tancap gas dan mengakhiri perlawanan di gim kedua dengan skor tipis 21-18.

3 dari 4 halaman

Gim Ketiga

Persaingan sengit kembali tersaji di gim penentu. Kedua pasangan sudah terlibat drama kejar-kejaran skor sejak awal permainan. Kevin/Marcus dan Ren/Tan terus bergantian meraih angka hingga mendekati interval.

The Minions kembali berada di posisi minor. Namun, Kevin/Marcus secara perlahan mencoba mengejar ketertinggalan selepas jeda. Wakil Indonesia berselisih dua angka dengan pasangan China di kedudukan 13-15.

Eks ganda putra peringkat satu dunia akhirnya berhasil mengubah situasi usai mencetak angka penyeimbang 16-16. Sayangnya, momen kebangkitan tersebut langsung dipatahkan oleh Ren/Tan. Wakil Tiongkok balas mengumpulkan dua angka tambahan, sehingga keduanya kembali unggul dari The Minions.

Tensi persaingan makin meningkat di pengujung gim ketiga. Kevin/Marcus sempat memimpin 19-18, sebelum disejajarkan lagi oleh Ren/Tan. The Minions lebih dulu mendapat match point opportunity di kedudukan 20-19.

Namun, ganda putra asal negeri tirai bambu mampu memaksa terjadinya setting. Ren/Tan yang mendapat kesempatan mengakhiri laga setelah unggul 20-21. Kevin dengan cepat bergerak mengamankan poin demi mencegah wakil Tiongkok memetik kemenangan.

The Minions akhirnya berhasil mengunci kemenangan usai berjaya dalam duel dramatis kontra Ren/Tan dengan skor akhir 23-21.

4 dari 4 halaman

Jadwal dan Hasil Pertandingan

Lapangan 1:

Pertandingan ke-1: Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China); 16-21, 9-21

Pertandingan ke-3: Jonatan Christie vs Zhao Jun Peng (China); 21-19, 15-21, 21-12

Pertandingan ke-4: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Ren Xiang Yu/Tan Qiang (China); 16-21, 21-18, 23-21

Pertandingan ke-12: Gregoria Mariska Tunjung vs An Se Young (Korea Selatan)

Catatan: Pertandingan pertama dimulai pukul 10.30 WIB, sementara pertandingan ketiga dimulai pukul 13.30 WIB.

Lapangan 2:

Pertandingan ke-2: Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto; 17-21, 18-21

Catatan: Pertandingan pertama dimulai pukul 10.30 WIB, sementara pertandingan ketiga dimulai pukul 13.30 WIB.

Lapangan 3:

Pertandingan ke-9: Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja vs Kyohei Yamashita/Naru Shinoya (Jepang)

Pertandingan ke-12: Anthony Sinisuka Ginting vs Kantaphon Wangcharoen (Thailand)

Catatan: Pertandingan pertama dimulai pukul 10.30 WIB, sementara pertandingan kelima dimulai pukul 13.30 WIB, sementara pertandingan ke-9 dimulai pukul 16.30 WIB.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.