Sukses

Gagal Pinjam Joao Felix, Mikel Arteta Cemaskan Kondisi Arsenal

Bos Arsenal Mikel Arteta nampaknya khawatir dengan kondisi timnya usai disalip oleh Chelsea dalam perburuan tanda tangan Joao Felix. The Gunners saat ini memang kekurangan opsi di lini depan lantaran Gabriel Jesus masih menepi akibat cedera.

Liputan6.com, Jakarta - Bos Arsenal Mikel Arteta khawatir dengan kondisi timnya usai gagal menyewa jasa Joao Felix dari Atletico Madrid. Pelatih berusia 40 tahun itu mengklaim The Gunners bakal kesulitan jika tak kunjung merekrut penyerang baru di bursa transfer Januari.

Sekadar informasi, Felix sudah lama dikabarkan berniat hengkang dari klubnya saat ini. Pesepak bola kelahiran 1999 itu nampaknya tak betah berkarier di Los Rojiblancos lantaran sulit mendapat tempat dalam skuad asuhan Diego Simeone.

Arsenal pun menjadi salah satu klub yang bersedia menampung dia. Pemuncak klasemen sementara Liga Inggris 2022/2023 bahkan telah menggelar pembicaraan terkait potensi penandatanganan penggawa internasional Portugal bulan ini.

Sayangnya, rencana The Gunners untuk menyewa jasa Felix hampir dapat dipastikan batal terealisasi. Rivalnya di Premier League, Chelsea, sanggup menyalip mereka dalam perburuan tanda tangan eks pemain Benfica.

The Blues kini digadang-gadang sebagai tim terdepan yang berpeluang memboyong sang pemain ke markasnya. Laporan Metro menyebut klub besutan Graham Potter sudah berada di ambang penyelesaian kepakatan pinjaman senilai 9 juta poundsterling dengan Atletico.

Chelsea memang berniat menambah kekuatan di jendela transfer Januari. Maklum, penampilan klub asal London Barat itu terseok-seok musim ini. Mereka gagal meneruskan langkah di Piala FA usai dipermak Manchester City dengan 4-0.

Performa Cesar Azpilicueta dan kawan-kawan juga kurang menjanjikan di Liga Inggris. The Blues hanya mampu menghuni peringkat 10 klasemen sementara, tertinggal 10 angka dari Manchester United (MU) yang bercokol di empat besar.

Felix pun menjadi salah satu sosok yang diharapkan mampu mendongkrak performa Chelsea. Sang pemain sendiri juga dikabarkan tertantang untuk merumput di bawah asuhan Potter.

Adapun pihak klub selanjutnya bakal mensubsidi gaji Felix secara penuh. Pemain berusia 23 tahun dilaporkan memiliki bayaran yang berkisar 275.000 poundsterling per pekan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kekurangan Opsi

Arsenal sejatinya juga punya target incaran lain di samping Joao Felix. Mykhaylo Mudryk malah disebut-sebut sebagai prioritas utama The Gunners pada jendela transfer musim dingin.

Laporan di Ukraina mengeklaim Arsenal nyaris mencapai kesepakatan dengan Shakhtar Donetsk terkait rencana penandatanganan Mudryk.

Walau begitu, mereka belum bisa bernapas lega. Pasalnya, The Gunners memang masih sangat kekurangan opsi di lini depan menyusul cedera yang dialami Gabriel Jesus di Piala Dunia 2022.

“Masalahnya adalah kami cuma memiliki satu (striker). Dan untuk melaju (di kompetisi) selama beberapa bulan ke depan sampai Gabby kembali itu tidak mudah,” ujar Arteta mengomentari kondisi skuadnya pasca kemenangan atas Oxford United di Piala FA.

“Akan tetapi, kami harus mengeluarkan yang terbaik dari pemain yang kami miliki saat ini. Jika kami bisa mendapat beberapa penguatan (rekrutan anyar), itu akan luar biasa,” sambung juru taktik Arsenal, seperti dilansir dari Metro.

3 dari 4 halaman

Klub Lain

Sebelumnya, raksasa Liga Inggris Manchester United (MU) juga dikabarkan tertarik mendatangkan Joao Felix. Klub besutan Erik ten Hag memang bernasib sama dengan Arsenal. Mereka kekurangan opsi di lini depan pasca kepergian Cristiano Ronaldo.

Felix pun sempat muncul sebagai solusi jangka pendek yang bisa direkrut Seten Merah. Namun, kabar teranyar mengungkap Setan Merah sudah mengakhiri minatnya terhadap pemain Timnas Portugal. Mereka kini berbalik mengejar striker Prancis Randal Kolo Muani.

Biaya transfer konon menjadi faktor utama yang memberatkan langkah MU. Setan Merah nampaknya tidak siap memenuhi tuntutan harga yang diinginkan Atletico lantaran memiliki dana terbatas di bursa transfer Januari.

4 dari 4 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Joao Felix adalah pemain sepak bola berbakat asal Portugal yang tergabung dalam klub Atletico Madrid
    Joao Felix adalah pemain sepak bola berbakat asal Portugal yang tergabung dalam klub Atletico Madrid

    Joao Felix

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Mikel Arteta

  • Bursa Transfer