Sukses

Chelsea Siapkan Alternatif Jika Gagal Datangkan Enzo Fernandez

Chelsea kabarnya tengah mempertimbangkan sosok alternatif sebagai pengganti Enzo Fernandez jika sang pemain gagal didaratkan ke Stamford Bridge pada bursa transfer Januari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa Liga Inggris Chelsea sudah menyiapkan alternatif jika gagal mendatangkan pemain internasional Argentina, Enzo Fernandez, dari Benfica pada bursa transfer Januari.

Klub besutan Graham Potter dikabarkan menaruh perhatian pada Alexis Mac Allister, yang juga memainkan peran penting di balik keberhasilan Timnas Argentina menyabet trofi juara Piala Dunia 2022.

Sekadar informasi, The Blues sejatinya cukup serius mengejar tanda tangan Fernandez. Mereka diklaim siap membayar klausul pelepasan untuk pesepak bola berusia 21 tahun, yang nilainya mencapai 106 juta poundsterling.

Laporan Metro menyebut Chelsea bahkan sudah mendiskusikan persyaratan pribadi dengan Fernandez terkait potensi kepindahan ke Stamford Bridge. Akan tetapi, Benfica nampaknya menjadi batu sandungan bagi upaya The Blues.

Klub asal Portugal bersikeras tak bakal melepas sang pemain jika klub peminat enggan membayar biaya transfer secara penuh. Padahal, The Blues tadinya ingin bernegosiasi agar sebagian besar upah dibayar di muka, sementara sisanya menjadi add-ons.

Adapun Benfica juga telah melakukan daya upaya demi meyakinkan Fernandez agar tidak angkat kaki dari Lisbon. Kabar di Portugal menyebut pihak klub menawarkan bonus 2 juta poundsterling jika penggawa La Albiceleste mau berkomitmen hingga akhir musim.

Di tengah kekisruhan tersebut, The Blues bergerak mencari alternatif pemain yang bisa diboyong pada bursa transfer Januari. Pemberitaan The Times mengeklaim rekan setim Fernandez di Argentina masuk dalam daftar incaran Chelsea.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kenal Graham Potter

Sekadar informasi, Mac Allister bukanlah sosok yang asing dengan Graham Potter. Keduanya pernah bekerja sama kala sang pelatih masih berkarier di AMEX Stadium. Malahan, sebagian besar perkembangan Mac Allister bersama Brighton berada di bawah pengawasan Potter.

Pemain berusia 24 tahun bahkan sempat terang-terangan memuji mantan pelatihnya. Ia menilai Potter sebagai juru taktik luar biasa. Hubungan lama sang pemain dengan manajer Chelsea nampaknya bisa menjadi pelumas bagi rencana The Blues

“Secara taktik, dia (Graham Potter) luar biasa, dan staf pelatihnya sangat baik dalam membantu kami di setiap aspek,” ujar Mac Allister tentang eks manajer Brighton & Hove Albion pada September lalu, seperti dilansir dari Metro.

“Dia sangat penting bagi kami. Saya sangat senang bekerja dengannya. Dia akan menjadi pelatih yang luar biasa, dan mudah-mudahan dia mau bertahan di sini seumur hidup, meskipun pada saat yang sama kami tahu bahwa tersebut sulit,” ujarnya kala itu.

3 dari 4 halaman

Lebih Terjangkau

Metro menilai Alexis Mac Allister menjadi opsi yang lebih terjangkau bagi Chelsea ketimbang Enzo Fernandez. Apalagi, klub yang berbasis di London Barat itu kabarnya masih ingin mendatangkan sejumlah pemain, termasuk Benoit Badiashile.

Adapun The Blues sebelumnya sudah menyelesaikan satu kesepakatan baru-baru ini. Klub yang bermarkas di Stamford Bridge itu dilaporkan resmi menyegel tanda tangan David Datro Fofana dari Molde FK.

Sang raksasa Liga Inggris juga masih mengejar tanda tangan pemain muda Brasil Andrey Santos. Kontrak Chelsea dengan sang penggawa pun dilaporkan hampir beres.

4 dari 4 halaman

Upaya Presiden Benfica

Di sisi lain, Fernandez sebenarnya tertarik untuk pindah ke London Barat. Namun, Presiden Benfica Rui Costa membujuk gelandang berusia 21 tahun itu agar mau bertahan. Ia bahkan rela menakut-nakuti Fernandez soal situasi Chelsea.

Costa mengatakan bahwa perkembangan sang pemain bisa rusak jika ia memutuskan hijrah pada pertengahan musim. Terlebih, kondisi The Blues saat ini sedang tidak bagus-bagus amat. Mereka hanya mampu bertengger di peringkat delapan klasemen sementara.

Rui Costa juga menakut-nakuti Fernandez soal ketidakstabilan Chelsea. Ia mencontohkan ulah Todd Boehly yang mendadak memecat Thomas Tuchel pada awal awal musim.

Lebih lanjut, Benfica berjanji akan memberi Fernandez kontrak baru dengan bonus 7 juta poundsterling tergantung beberapa variabel. Kalau dia menerima tawaran ini, klausul pelepasan Fernandez nantinya akan naik menjadi 185 juta pounds.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.