Sukses

Deretan Rekor Abadi Pele yang Belum Bisa Dipecahkan Messi dan Ronaldo

Pele meninggal dunia pada usia 82 tahun. Namun jejaknya di dunia sepak bola takkan pernah luntur.

Liputan6.com, Jakarta- Sepak bola dunia berduka. Pele meninggal dunia pada 29 Desember 2022 di usia 82 tahun. Pria Brasil tersebut wafat setelah cukup lama dirawat di rumah sakit akibat sakit tumor usus besar.

Kepergian Pele membuat insan sepak bola berduka. Pele selama masih aktif bermain dikenal sebagai salah satu pesepak bola terhebat yang pernah ada di bumi. Sederet rekor pernah ditorehkan pria bernama asli Edson Arantes do Nascimento itu.

Rekor-rekor yang dimiliki Pele bahkan banyak yang abadi dan sulit sekali dipecahkan pemain manapun termasuk Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang begitu mendominasi dalam lebih dari satu dekade terakhir.

Pele hingga tahun 2022 masih menjadi pemain yang paling serig memenangi Piala Dunia. Total Pele tiga kali merebut Piala Dunia di tahun 1958, 1962 dan 1970.

Koleksi 1.283 gol Pele juga masih menjadi yang terbaik hingga saat ini. Dengan 1.283 gol, Pele tercatat menjadi pemain paling banyak membuat gol di jagat sepak bola (termasuk laga uji coba).

Rekor hat-trick terbanyak di dunia sepak bola juga masih dipegang Pele hingga saat ini dengan 92 kali. Pele juga pernah membuat 127 gol dalam satu tahun kalender di tahun 1959. Itu menjadi rekor terbanyak yang pernah dibuat pemain sepak bola dalam setahun yang resmi diakui FIFA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Messi Gagal Melewati Pele

Rekor gol terbanyak dalam setahun kalender ini begitu sulit dipecahkan di era saat ini. Pencapaian terbaik yang mendekati hanya dibuat Lionel Messi pada tahun 2012 lalu. Ketika itu Messi membuat 91 gol.

Pele juga masih memegang rekor pencetak gol termuda di Piala Dunia (17 tahun 239 hari) dan pemain termuda yang memenangi Piala Dunia (17 tahun 249 hari).

3 dari 3 halaman

Pemain Terbaik Abad 20

Sepanjang kariernya, Pele juga pernah dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Abad 20 oleh FIFA. Pele mengungguli almarhum Diego Armando Maradona.

Pele juga masih memegang rekor pemain tersubur dalam sejarah klub Santos dengan 643 gol. Pele juga menjadi pemain dengan jumlah gol terbanyak dalam satu musim Liga Brasil dengan 58 gol di tahun 1958.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.