Sukses

Jadi Incaran MU dan Liverpool, Enzo Fernandez Pilih Fokus ke Benfica

Enzo Fernandez menjadi incaran klub-klub papan atas berkat penampilannya yang gemilang bersama Argentina di Piala Dunia 2022. Di tengah maraknya rumor transfer, sang pemain mengaku lebih ingin fokus pada Benfica.

Liputan6.com, Jakarta Pemain muda Timnas Argentina, Enzo Fernandez, menjadi incaran klub-klub besar usai tampil memukau di Piala Dunia 2022. Pesepak bola berusia 21 tahun itu sukses mengantar Tim Tango meraih kejayaan dalam turnamen sepak bola empat tahunan.

Fernandez bahkan dihadiahi penghargaan FIFA Young Player Award berkat keberhasilannya menjadi pemain muda terbaik di Piala Dunia. Kiprahnya yang gemilang terus mengiringi langkah sang gelandang hingga dirinya kini dikaitkan dengan klub-klub papan atas Eropa.

Sekadar informasi, Fernandez merupakan bagian dari Benfica. Ia baru saja bergabung dengan raksasa Portugal pada musim panas lalu. Akan tetapi, pemain kelahiran 2001 sudah santer dikabarkan menjadi target incaran Manchester United (MU) dan Liverpool.

Laporan terakhir menyebut The Reds merupakan klub terdepan yang berpotensi memenangkan tanda tangan Martinez. Namun, UOL Esporte baru-baru ini mengeklaim Setan Merah justru punya peluang lebih besar untuk memenangkan perburuan.

Adapun Fernandez diketahui memiliki klausul pelepasan senilai 106 juta poundsterling dalam kontraknya bersama Benfica. MU dikabarkan telah memberi tahu pihak klub bahwa mereka siap menebus kesepakatan itu secara penuh.

Di tengah maraknya spekulasi terkait transfer ke Liga Inggris, Fernandez angkat bicara mengenai masa depannya. Ia mengaku tak tahu-menahu soal tawaran masuk yang melibatkan dirinya. Walau begitu, sang pemain menegaskan ia hanya ingin fokus membela Benfica.

“Saya tidak tahu soal masa depan atau proposal (yang ditujukan kepada saya), semua hal itu diurus oleh perwakilan (agen) saya,” ujarnya seperti dilansir dari Metro.

“Saya tidak ingin masuk dalam subjek (spekulasi transfer). Saya fokus pada Benfica, (karena) kami memiliki pertandingan pada hari Jumat (Sabtu dini hari WIB),” sambung pesepak bola yang pernah membela River Plate itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

MU Percaya Diri

Liverpool sejatinya bukanlah satu-satunya pesaing MU dalam perburuan tanda tangan Enzo Fernandez. Raksasa La Liga Real Madrid konon juga menaruh hati pada gelandang Benfica.

Walau begitu, Setan Merah tetap percaya diri pihaknya mampu memboyong Fernandez ke Old Trafford. Laporan UOL Esporte mengungkap klub asuhan Erik ten Hag bahkan telah melakukan negosiasi langsung dengan Benfica.

Mereka menanyakan kemungkinan Fernandez hijrah pada bursa transfer Januari. Setan Merah juga mengaku tidak keberatan meski harus membayar mahal demi memboyong gelandang Timnas Argentina ke markasnya.

MU sebenarnya lebih membutuhkan striker ketimbang penggawa lini tengah. Megabintangnya Cristiano Ronaldo baru saja dipecat menyusul wawancara kontroversial dengan Piers Morgan.

Adapun di posisi gelandang, Setan Merah sudah punya cukup amunisi berkat kehadiran Casemiro dan Christian Eriksen. Kendati demikian, MU kabarnya berencana melepas Fred dan Donny van de Beek agar mendapat ruang untuk mengontrak Fernandez.

3 dari 4 halaman

Pengaruh Besar

Tak dapat dimungkiri, Enzo Fernandez memang merupakan pemain yang memiliki pengaruh besar di Benfica. Ia tercatat telah menorehkan 24 penampilan sekaligus menyumbangkan 3 gol dan 5 assist bagi klub asal Portugal.

Penampilannya juga cukup menonjol di Timnas Argentina. Ia mampu unjuk gigi dalam tujuh pertandingan bersama Tim Tango, serta mencatatkan 1 gol dan 1 assist.

Sekadar informasi, Fernandez sebenarnya tidak ditunjuk menjadi starter dalam laga penyisihan grup melawan Arab Saudi dan Meksiko di Piala Dunia 2022. Namun setelahnya, dia terus menjadi pilihan utama pelatih lantaran berhasil mencetak gol ke gawang El Tri di laga kedua.

Fernandez mendapat kepercayaan Lionel Scaloni saat timnya meladeni perlawanan Polandia, Australia, Belanda, Kroasia, dan Prancis. MU pun bergerak cepat usai menyaksikan hal ini demi bisa menyegel kesepakatan dengan sang pemain.

4 dari 4 halaman

Liverpool

Di sisi lain, Liverpool harusnya tak terlalu bersedih kalau pada akhirnya mereka gagal menyewa jasa Enzo Fernandez. The Reds nampaknya memang lebih fokus mengejar tanda tangan bintang Timnas Inggris Jude Bellingham.

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp baru-baru ini juga melontarkan pujian setinggi langit bagi gelandang Borussia Dortmund itu. Menurutnya, Bellingham adalah sosok luar biasa dengan kematangan penampilan layaknya pemain senior.

“Saya tidak suka berbicara soal uang ketika Anda membahas pemain seperti dia (Jude Bellingham). Semua orang bisa melihat (bahwa dia adalah pemain) luar biasa,” tutur Klopp.

“Jika Anda menyebutkan (namanya) kepada seseorang yang tidak tahu banyak soal sepak bola (lalu bertanya) menurut mereka berapa umur Jude Bellingham, saya tidak berpikir ada orang yang (mampu menebak) mendekati usianya saat ini. Mereka akan mengatakan (dia berumur) 28 atau 29 tahun karena dia bermain dengan sangat dewasa,” pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.