Sukses

Inggris Pertimbangkan Taktik 'Serdadu' Jose Mourinho untuk Redam Kylian Mbappe di Perempat Final Piala Dunia 2022

Timnas Inggris akan bertemu Prancis di babak perempat final Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Inggris bakal melakukan segala cara untuk menghentikan Kylian Mbappe saat bertemu Prancis di babak perempat final Piala Dunia 2022. Bahkan menurut asisten pelatih Three Lions, Steve Holland, bila perlu, mereka akan menggunakan cara yang pernah dilakukan pasukan Jose Mourinho. 

Mbappe memang menjadi ancaman besar bagi Inggiris saat kedua tim bertemu di Al Bayt Stadium, Minggu (11/12/2022). Pemain Paris Saint Germain (PSG) itu tampil memukau sepanjang Piala Dunia 2022 dan telah mengemas 5 gol. Namanya kini berada di puncak top skor semenetara turnamen. 

Bila tidak ditanggulangi, teror Mbappe bukan tidak mungkin bakal menjegal Inggris ke semifinal. Itu sebabnya, Three Lions tidak akan berkompromi dalam mematikan pergerakan pemain 23 tahun itu. 

Berbicara mengenai laga Minggu nanti, Holland berharap timnas Inggris bisa mendapatkan keseimbangan yang tepat antara menghentikan Mbappe dan menebar ancaman kepada Les Bleus. Dan menurutnya, salah satu cara yang bisa digunkan untuk meredam Mbappe adalah strategi yang pernah diterapkan Mourinho bersama Real Madrid untuk menghentikan sayap Barcelona, Dani Alves.

Holland kebetulan pernah bekerja bersama Mourinho. Dia merupakan asisten The Special One saat menangani Chelsea. Karena itu, dia yakin jurus yang dilakukan Mourinho ampuh untuk Mbappe.

"Saya pikir ada banyak pemain bertalenta di bumi ini yang perlu diberi perhatian khusus. Lionel Messi adalah salah satunya dan salah satu yang masih ada. Anda juga harus menempatkan Mbappe dalam kategori itu," ujar Holland seperti dilansir dari Metro.co.uk, Kamis (8/12/2022). 

"Kami memang perlu mencoba untuk menghindari situasi di mana dia bisa menghancurkan seperti yang kita semua sudah lihat. Kami harus cari cara menghindarinya," beber Holland. 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Taktik Mourinho

Mengenai taktik Mourinho, Holland teringat akan perbincangan mereka beberapa tahun lalu. Saat itu, Mourinho bersama Real Madrid akan bertemu Barcelona dan mereka masih punya Cristiano Ronaldo. 

'[Dani] Alves akan menjadi bek kanan untuk Barcelona dan terbang ke depan dalam menyerang. Mourinho menempatkan satu pemain sebagai serdadu untuk melawannya dan mencoba menghentikannya. Tapi Anda tentu tidak mendapatkan ancaman apa pun dari dari tentara tersebut karena Anda hanya menghentikan satu orang– Anda tidak menyakiti mereka," kata Holland. 

'Kemudian dia akan mencoba memainkan Ronaldo melawannya, secara langsung, satu lawan satu karena Alves sangat fantastis saat menyerang tapi konsekuensinya dia tidak terlalu bagus bertahan."

 

3 dari 4 halaman

Jangan Lupa Menyerang

Mbappe memang jadi andalan lini depan Prancis pada Piala Dunia 2022. Pada babak 16 besar, Mbappe kembali tampil memukau saat Prancis menghancurkan Polandia dengan skor 3-1. Dalam laga ini, pemain yang ikut mengantar Les Bleus juara Piala Dunia 2018 itu sukses mencetak brace.

Tidak ada pilihan bagi Inggris dalam menghentikan Mbappe. Meski demikian, Holland juga tidak ingin Three Lions terlalu fokus padanya hingga lupa menebar ancaman kepada tim Les Bleus. 

'Saya berharap kami tidak hanya ingin menghentikan pemain tetapi kami akan mencoba melakukan segala yang mungkin untuk membatasi kekuatan supernya sambil tetap mencoba untuk fokus pada kekuatan kami sendiri, karena kami memiliki pemain yang bagus," kata Holland.

"Pemain yang kemungkinan besar juga menyebabkan masalah Prancis seperti halnya Mbappe bagi kami. Kita harus menemukan keseimbangan itu," beber Holland menambahkan. 

 

 

4 dari 4 halaman

Inggris Juga Produktif

Timnas Inggris juga melaju ke babak perempat final dengan hasil meyakinkan. Di babak 16 besar, Three Lions yang haus gelar menghancurkan Senegal dengan skor telak 3-0, Senin (5/12/2022). 

Sementara di babak penyisihan, Inggris keluar sebagai juara grup B dengan 7 poin dari 2 kali menang dan sekali seri. Inggris juga jadi tim tersubur dengan torehan 12 gol hingga babak 16 besar. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.