Sukses

Panas, Sindiran Jose Mourinho ke Southgate karena Sia-siakan Smalling

Mourinho mengatakan, jika ia adalah pelatih Timnas Inggris, maka akan melakukan hal apapun agar Smalling masuk dalam timnya.

Liputan6.com, Jakarta Jose Mourinho mengecam Gareth Southgate karena tidak memberikan kesempatan kepada Chris Smalling untuk memperkuat Timnas Inggris di Piala Dunia 2022 Qatar.

Smalling memiliki 31 penampilan untuk Inggris. Namun, Dia diasingkan dari skuad The Three Lions sejak November 2017.

Smalling juga tidak masuk ke skuad Inggris di dua turnamen terakhir (Piala Dunia 2018 dan Euro 2020). Smalling juga kemungkinan besar tidak akan terbang ke Qatar setelah tidak dipanggil ke jeda internasional pada September lalu.

Smalling membuat keputusan berani untuk meninggalkan Manchester United ke AS Roma pada 2019. Keputusan itu terbilang tepat karena ia mendapatkan menit bermain yang lebih banyak.

Posisinya tak tergantikan meski AS Roma melakukan beberapa pergantian pelatih. Smalling juga mejadi pemain reguler di tim Roma asuhan Mourinho.

Bahkan, dia dinobatkan sebagai pemain terbaik dalam kemenangan mereka atas Feyenoord di final Europa Conference League pada bulan Mei lalu.

Performa Smalling dinilai sangat konsisten sehingga Mourinho dan banyak pengamat Serie A lainnya percaya bahwa bek tengah itu layak mendapat tempat di skuad Inggris di Piala Dunia Qatar bulan depan.

Mourinho pun mengatakan, jika dirinya adalah pelatih Timnas Inggris, dia akan melakukan hal apapun agar Smalling masuk dalam timnya.

"Dia dulu diajari main di pertahanan dengan dua bek di Manchester, tapi sekarang dia punya kecerdasan yang sempurna untuk main di pertahanan dengan tiga bek," ujar Mourinho seperti dilansir Metro.

"Kalau saya pelatih tim nasional, saya akan melakukan segalanya agar pemain seperti dia ada di skuad.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Merasa Kasihan

Mourinho menilai, Smalling tidak pantas mengalami situasi sulit seperti ini. Dia merasa kasihan kepada sang pemain karena tidak dipanggil timnas meski tampil fantastis di level klub.

"Saya kira bukannya tidak respek ke Gareth Southgate kalau saya bilang saya kasihan ke pemain yang bermain di level tinggi seperti Smalling dan tidak dapat kesempatan yang pantas," kata Mourinho.

3 dari 5 halaman

Beda Gaya Main

Namun, Komentar Mourinho mengisyaratkan apa yang dikatakan Southgate ketika menggusur posisi Smalling demi Eric Dier, John Stones dan Harry Maguire hampir lima tahun lalu.

Saat itu, Smalling masih bermain untuk Manchester United tetapi gaya permainannya dianggap tidak cocok untuk tim nasional.

"Saya sangat menghormati Chris. Dia adalah pemain yang bermain di klub besar," kata Southgate saat itu, dilansir Mirror.

"Kami ingin bermain dengan cara tertentu dan para pemain yang saya bawa ingin saya lihat menggunakan bola dari lapangan. kembali dan membangunnya dengan cara tertentu." jelasnya.

4 dari 5 halaman

Southgate Minta Maaf

Southgate kemudian meminta maaf kepada Smalling atas cara dia menyampaikan alasannya menendang Smalling dari skuad Inggris.

Southgate mengaku tak pantas menyingkirkan Smalling sedangkan dalam waktu bersamaan memuji pemain lain. "Saya menyesali apa yang saya katakan padanya," ucap Southgate.

“Itu adalah kesalahan saya dan itu tidak adil padanya. Saya pikir dia melakukannya dengan baik di Italia. Dia bermain di klub besar lainnya," tegasnya.

5 dari 5 halaman

Southgate Dihantam Kritik

Timnas Inggris menuju Piala Dunia dengan kondisi yang mengkhawatirkan. Kegagalan di UEFA Nations League 2022-2023 menjadi penyebabnya.

Dari enam pertandingan, Inggris tanpa kemenangan. The Three Lions hanya meraup tiga poin dan terjebak di dasar klasemen. Bahkan, lebih buruknya lagi, Inggris dipastikan turun kasta.

Hasil minor tersebut membuat Gareth Southgate menjadi terdakwa. Maklum, Inggris yang memiliki materi pemain bintang dan dianggap punya liga terbaik dunia justru terseok-seok.

Tidak sedikit penggemar timnas Inggris yang meminta pemecatan terhadap Southgate dan segera menunjuk pengganti ideal The Three Lions sebelum Piala Dunia 2022 Qatar.

Meski demikian, Southgate mengaku masih ingin berada di kursi pelatih Inggris dalam beberapa tahun ke depan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.