Sukses

Mourinho Sarankan Southgate Panggil Chris Smalling Masuk Skuad Inggris Piala Dunia 2022

Jose Mourinho mempromosikan bek andalannya di AS Roma, Chris Smalling untuk masuk ke skuad Inggris Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Arsitek AS Roma Jose Mourinho menyarankan Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate untuk memanggil bek andalannya Chris Smalling untuk Piala Dunia 2022. Menurut Mourinho, Smalling telah menunjukkan performa yang memukau selama bermain untuk AS Roma.

Mourinho menilai Chris Smalling layak mendapatkan tempat di The Three Lions untuk Piala Dunia nanti. Bahkan, ia menyebut bakal melakukan apa saja untuk timnya demi mendapatkan pemain belakang seperti Smalling.

“Jika saya adalah pelatih tim nasional, saya akan melakukan apa saja untuk memiliki seseorang seperti dia yang saya miliki," kata Jose Mourinho dilansir dari The Sun.

“Saya akan merasa sangat menyesal jika tidak memberikan kesempatan kepada pemain yang bermain di level tinggi seperti Smalling. Dia layak mendapatkan kesempatan," tambah dia.

Mourinho mendeskripsikan Smallilng sebagai bek komplit dalam permainan sepak bola modern saat ini. Mou mengatakan eks bek Manchester United itu mampu bermain sama baiknya saat ditempatkan dalam formasi tiga bek ataupun bermain dengan dua bek tengahyang cocok untuk Timnas Inggris.

"Dia bermain dalam formasi dua orang bek tengah dengan skema empat bek di Manchester United, tetapi sekarang dia memiliki kemampuan yang sempurna untuk bermain di lini belakang dengan formasi tiga bek,” papar Mou.

Pelatih asal Portugal itu memang bermain dengan formasi 3-4-1-2 di AS Roma. Chris Smalling ditempatkan sebagai libero ditemani Roger Ibanez dan Gianluca Mancini di kiri dan kanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Catatan Apik Chris Smalling

Smalling bergabung bersama Roma dari Manchester United pada 2019 dengan status pinjaman, tetapi kemudian Roma mempermanenkan Smalling dengan biaya transfer sekitar 20 juta pounds.

Namun, permainan apik pemain berusia 32 tahun itu baru terlihat setelah musim kedua di AS Roma saat dilatih Jose Mourinho. Smalling mampu membawa i Giallorossi menjuarai UEFA Conference League pada musim lalu.

Smalling juga dinobatkan sebagai Man of The Match pada laga final melawan Feyenoord di UEFA Conference League 2021. Pada laga itu Smalling berhasil membuat gawang Roma bersih dari gol dengan skor akhir 1-0 untuk tim Ibu Kota.

Pada musim ini, bek bertinggi badan 194cm itu tidak tergantikan di AS Roma. Dari 10 pertandingan Serie A, Smalling dipercaya selalu mengawal lini pertahanan Roma dengan menit bermain 872 menit dan sembilan kali menjadi starter.

Eks pemain Manchester United ini juga berkontribusi menyumbang tiga gol untuk Roma dari 10 pertandingan di Serie A musim ini. AS Roma saat ini bertengger di posisi keempat Serie A dengan raihan 22 poin.

3 dari 5 halaman

Inggris Krisis Pemain Belakang

Saran Jose Mourinho ini bisa jadi akan dipertimbangkan oleh Gareth Southgate. Pasalnya saat ini Inggris sedang berada dalam krisis pemain belakang. Ada beberapa bek Inggris yang kemungkinan besar absen di Piala Dunia 2022 karena cedera.

Di antaranya bek muda Chelsea, Reece James yang mengalami cedera lutut saat bertanding melawan AC Milan di lanjutan Champions League. Lalu bek Manchester City Kyle Walker yang cedera perut yang dialaminya saat menghadapi Manchester United di Premier League.

Sementara bek lainnya John Stones dan Trent Alexander-Arnold juga masih berjuang untuk mengembalikan kebugaran fisiknya, yang bisa membuka jalan bagi Smalling untuk membuat kejutan kembali ke skuad Inggris.

Saat ini Inggris diisi pemain belakang seperti yang mayoritas menjadi pemain utama tim Liga Inggris, Harry Maguire, Luke Shaw, Ben Chilwell, Ben White, Kieren Trippier, Conor Coady, Fikayo Tomori dan Eric Dier.

 

4 dari 5 halaman

Tak Membela Inggris Sejak 2007

Smalling terakhir kali membela The Three Lions pada 2017 setelah menjalani debut Tim Nasional pada tahun 2011. Perjalanan karir Smalling di level Timnas memang tidak berjalan moncer, ia hanya mencatatkan 31 penampilan dan menyumbang satu gol.

Pelatih Inggris sejak tahun 2016, Gareth Southgate lebih memilih pemain-pemain seperti Harry Maguire, Eric Dier, John Stones ataupun Tyrone Mings menjadi bek tengah. Sebab, Southgate lebih suka menggunakan formasi 4 bek dengan dua bek tengah.

Kendati demikian, penampilan apik Smalling sempat membuat Southgate tertarik mempertimbangkan Smalling masuk skuad Inggris. Southgate terpantau hadir di stadion saat AS Roma menghadapi Udinesse, sayang pada saat itu Roma dibantai 4-0.

 

5 dari 5 halaman

Southgate Tidak Cocok

Southgate mengakui pada tahun 2017 tidak memanggil Smalling ke skuad Timnas Inggris karena Smalling dianggap tidak cocok dengan gaya permainannya. Ia menyebut Smalling tidak bisa mengkontrol bola untuk membangun serangan dari belakang.

"Saya sangat menghormati Chris. Dia adalah pemain yang bermain di klub besar. Tapi kami ingin bermain dengan cara tertentu, saya ingin bermain dengan menggunakan bola dari belakang," kata Southgate.

Namun, Southgate kemudian sedikit menyesal dengan penilaiannya itu setelah melihat performa Smalling di AS Roma. Dia mengakui ucapannya pada Smalling tidak adil membandingkannya dengan pemain yang dipilih.

"Saya pikir mungkin saya menyesali cara saya berkata itu. Itu salah saya dan itu tidak adil untuknya. Saya pikir dia melakukannya dengan baik di Italia," tutur Southgate.

Pada gelaran Piala Dunia nanti, Inggris berada dalam grup B bersama Wales, Amerika Serikat dan Iran. Inggris akan memulainya dengan melawan Iran di Stadion Internasional Khalifa pada 21 November.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.