Sukses

Dikejar Pecco Bagnaia, Fabio Quartararo Siapkan Senjata Baru di MotoGP Aragon

Liputan6.com, Aragon- Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo sedang dalam tekanan yang besar di MotoGP 2022. Dia terus mendapatkan tekanan dari pembalap Ducati Lenovo, Pecco Bagnaia yang memenangkan empat balapan beruntun.

Dengan kemenangan di MotoGP San Marino dua pekan lalu, Bagnaia kini hanya terpaut 30 poin dari Quartararo. Kondisi ini membuat Quartararo siapkan senjata baru yaitu sasis anyar yang akan dipasangnya di Aragon.

MotoGP Aragon juga cukup bersahabat dengan Bagnaia. Dia menang di sini pada musim lalu sehingga berpeluang untuk mengulang hasil itu.

Bagnaia sudah pangkas sekitar 60 poin dari Quartararo berkat kemenangan di 4 balapan terakhir. Inilah yang membuat perebutan juara MotoGP 2022 masih terbuka di enam seri terakhir.

Quartararo akan menggunakan sasis baru yang disiapkan Yamaha sejak sesi latihan bebas MotoGP Aragon, Jumat (16/9/2022) hari ini. Meski begitu, dia tetap tak bisa menjajal mesin baru yang baru bisa dipakai tahun depan.

"Saya ingin pakai mesin 2023 tahun ini tapi itu tak mungkin. Namun kami memakai sasis baru yang saya rasa memberi perkembangan di beberapa area, tapi lebih buruk di area lain," katanya seperti dikutip crash.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Dicoba

 

Meski belum tentu berhasil, Quartararo tak sabar untuk mencoba sasis baru. Dia ingin tahu bagaimana efek dari sasis baru terhadap kecepatan Yamaha.

"Kami akan jajal sasis baru. Saya tak tahu apakah itu di FP1 atau FP2. Saya akan mencoba sasis baru dan ingin melihat bagaimana ini bekerja, saya cukup yakin," katanya.

MotoGP Aragon juga bakal ditandai dengan kembalinya Marc Marquez. Dia sudah tak balapan selama empat bulan terakhir.

Repsol Honda sudah siapkan swing arm anyar dari Kalex untuk Marquez. Swing Arm atau lengan ayun ini sudah dites pada tes Misano pekan lalu.

 

3 dari 6 halaman

Belum Siap

 

Di sisi lain, Marquez mengaku belum siap untuk mencoba "barang" baru di motornya. Namun dia bebas untuk memakainya kapanpun kalau mau.

"Swing Arm nya sangat berbeda! Ini berbeda dan bekerja dengan cara berbeda," katanya.

"Anda akan tahu kalau ini konsep yang berbeda. Sangat mungkin untuk memakainya di sini di Aragon, itu yang Honda bilang kepada saya. Namun saya belum siap untuk tes apapun sebelum jajal FP1."

 

4 dari 6 halaman

Hasil Tes

Juara dunia delapan kali, Marc Marquez bakal tampil di MotoGP Aragon 2022. Keputusan ini diambil setelah, pembalap Honda Repsol itu tampil memukau pada tes MotoGP di Misano, 6-8 September 2022. 

Usai sesi tertsebut, Marquez menyatakan siap bersaing di MotoGP Aragon. Balapan ini akan menjadi penampilan perdana pembalap Honda Respol itu setelah lama absen pada lima seri sebelumnya.

"Saya akan ada di tampil Aragon, kali ini untuk balapan. Setelah bicara dengan dokter dan tim, kami memutuskan cara terbaik untuk pemulihan adalah dengan naik motor. Ini juga penting menyambut musim depan," kata Marquez melalui media sosial-nya.

Musim ini, Marquez telah melewatkan banyak seri. Dia terpaksa absen demi menjalani proses pemulihan.

Marquez sudah tidak ikut balapan pada seri kedua yang berlangsung di Mandalika, Indonesia. Saat itu, pembalap asal Spanyol tersebut sempat mengalami tiga kali kecelakaan saat latihan bebas. Puncaknya terjadi pada sesi pemanasan di mana Marquez sempat terpental dari motornya dalam posisi highside. 

5 dari 6 halaman

Satu Persen

Marquez mengaku sudah cukup fit untuk tampil di MotoGP Aragon. Namun pria berusia 29 tahun tersebut masih menyimpan keraguan terhadap respons lengan kanannya pada balapan nanti. Karena itu, rider yang pernah memenangkan 8 gelar juara dunia tersebut enggan muluk-muluk dalam menentukan target. 

"Mengenai peluang podium ada 1 %," kata Marquez seperti dilansir dari Crash.net. 

"Maksud saya, itu benar-benar rendah. Satu hal yang pasti, saya masih jauh dari kondisi fisik terbaikku. Juga mengenai otot lengan--tulangnya telah diperbaiki, tapi kondisi ototnya masih jauh," katanya. 

6 dari 6 halaman

Jadwal MotoGP Aragon

Jumat, 16 September 2022

14:55-15:40 WIB: Latihan Bebas 1

19:10-19:55 WIB: Latihan Bebas 2

 

Sabtu, 17 September 2022

14:55-15:40 WIB: Latihan Bebas 3

18:30-19:00 WIB: Latihan Bebas 4

19:10-19:25 WIB: Kualifikasi 1

19:35-19:50 WIB: Kualifikasi 2

 

Minggu, 18 September 2022

14:40-15:00 WIB: Pemanasan

19:00 WIB: Balapan

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS