Sukses

Roger Federer Pensiun, Rafael Nadal Kirim Pesan Mengharukan

Federer telah memutuskan akan pensiun usai mengikuti turnamen tenis di London pada akhir September 2022.

Liputan6.com, Jakarta- Tahun 2022 menjadi momen mengharukan di dunia tenis. Setelah Serena Williams mengumumkan pensiun, giliran petenis putra Roger Federer yang mengambil langkah serupa. Pria Swiss itu mengumumkan akan segera gantung raket pada Kamis (15/9/2022).

Dalam pengumuman resmi di media sosialnya, Federer menyatakan turnamen Laver Cup 2022 akan menjadi ajang terakhir yang diikutinya. Setelah itu dirinya akan pensiun. Laver Cup sendiri akan berlangsung 23-25 September 2022.

Keputusan Federer pensiun pada usia 41 tahun itu langsung ditanggapi rival abadinya di lapangan tenis, Rafael Nadal. Pria Spanyol itu sedih melihat Federer mundur. Meski selama ini selalu bersaing menjadi yang terbaik, Nadal mengaku sangat menikmati rivalitasnya dengan Federer.

Nadal bahkan sudah menganggap Federer sebagai teman yang baik. Dia ingin pertemanan tersebut terus berlanjut meski nantinya sudah tidak lagi aktif bermain.

"Roger yang terkasih, teman dan sainganku. Saya berharap hari ini tidak akan pernah datang. Ini adalah hari yang menyedihkan bagi saya secara pribadi dan untuk olahraga di seluruh dunia," tulis Nadal.

"Merupakan suatu kesenangan tetapi juga suatu kehormatan dan hak istimewa untuk berbagi selama bertahun-tahun dengan Anda, menjalani begitu banyak momen luar biasa di dalam dan di luar lapangan. Kami akan memiliki lebih banyak momen untuk dibagikan bersama di masa depan, masih banyak hal yang harus dilakukan bersama, kami tahu itu."

"Untuk saat ini, saya benar-benar berharap Anda semua bahagia dengan istri Anda, Mirka, anak-anak Anda, keluarga Anda dan menikmati apa yang ada di depan Anda. Sampai jumpa di London @LaverCup," tegas Nadal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persaingan Sengit

Federer, Nadal dan Novak Djokovic dalam satu dekade ini bergantian menjadi petenis nomor satu dunia. Ketiganya begitu mendominasi turnamen tenis dunia.

Sama seperti Federer, Nadal dan Djokovic juga sudah mendekati akhir karier profesional. Nadal sudah 36 tahun, Djokovic memasuki usia ke-35.

Federer menduduki peringkat satu dunia untuk 310 pekan. Sebanyak 237 pekan diraih secara beruntun, rekor hingga sekarang. Dia melakukannya pada 2 Februari 2004 hingga 18 Agustus 2008.

3 dari 3 halaman

Gelar Federer

Total Federer meraih 1.251 kemenangan, hanya kalah dari Jimmy Connors (1.274). Dia mengoleksi 103 trofi, juga cuma tertinggal di belakang Connors (109).

Sebanyak 20 di antaranya merupakan gelar Grand Slam. Dia melengkapi koleksi ketika menjuarai Prancis Terbuka 2009.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.