Sukses

Pukulan dalam Pencak Silat Merupakan Salah Satu Serangan dengan Tangan Kosong

Pencak silat adalah bela diri asli Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pencak silat merupakan seni bela diri tradisional asli Indonesia. Pencak silat menjadi salah satu ilmu bela diri yang sudah ada sejak zaman kerajaan Nusantara.

Seiring perkembangan zaman, pencak silat atau silat menjadi cabang olahraga yang diminati oleh berbagai negara. Seni bela diri ini meluas dikenal hingga ke Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Filipina dan Thailand.

Seni bela diri ini memperhatikan aspek mental dan spiritual. Di Indonesia, pencak silat menjadi bentuk budaya masyarakat untuk mempertahankan diri.

Pencak silat merupakan penggabungan dua kata, yaitu pencak dan silat yang memiliki arti tersendiri. Pencak adalah gerak dasar bela diri. Sedangkan, silat berarti gerak bela diri sempurna yang bersumber dari kerohanian suci untuk keselamatan diri.

Jenis bela diri ini memiliki macam-macam gerak spesifik diantaranya sikap kuda-kuda, pola langkah kaki, pukulan, tendangan, tangkisan dan elakan.

Apakah kamu tahu bahwa pukulan dalam pencak silat menjadi komponen utama yang digunakan untuk menyerang?

Pukulan dalam pencak silat terbagi menjadi 4, yaitu pukulan depan, pukulan samping, pukulan bandul dan pukulan melingkar.

Seorang pesilat tentu saja harus memiliki kemampuan dalam melakukan pukulan. Namun, apakah pukulan dalam pencak silat membutuhkan alat?

Jawabannya, pukulan dalam pencak silat merupakan salah satu serangan yang menggunakan tangan kosong saja.

Pesilat akan melakukan serangan kepada lawan menggunakan tangan sebagai bentuk penyerangan. Pukulan yang dapat digunakan pesilat adalah pukulan yang dilakukan dengan cara mengepalkan tangan ke target sasaran.

Semua pukulan dalam pencak silat merupakan salah satu serangan yang menggunakan tangan kosong.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gerak Spesifik Pencak Silat

Dilansir melalui buku Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VII, gerak spesifik seni bela diri pencak silat, terdiri dari sikap kuda-kuda, pola langkah kaki, pukulan, tendangan, tangkisan dan elakan.

Sikap Kuda kuda

Sikap kuda-kuda adalah gerakan awal yang dilakukan seorang pesilat. Sikap ini digunakan untuk mempersiapkan kedua kaki dalam keadaan yang statis.

Selain itu, sikap kuda-kuda juga berguna untuk menjaga keseimbangan tubuh dari gerakan-gerakan yang akan dilakukan pesilat.

Pola Langkah Kaki

Gerak spesifik langkah kaki atau yang dikenal sebagai gerak melangkah merupakan gerak kaki dalam memindahkan dan mengubah langkah guna mendekati atau menjauhi lawan pada posisi yang menguntungkan.

Pukulan

Pukulan dalam pencak silat dibagi menjadi 4 yakni pukulan depan, pukulan samping, pukulan bandul dan pukulan melingkar.

Pukulan depan biasa digunakan untuk sasaran atas, tengah dan bawah. Sedangkan pukulan samping adalah pukulan yang menggunakan lengan dengan tangan mengepal, dimana lintasannya ke arah samping badan.

Adapun, pukulan bandul yang dapat dilakukan pesilat dengan cara mengayunkan salah satu tangan yang mengepal dari bawah ke atas. Pukulan ini digunakan untuk sasaran kemaluan, ulu hati dan dagu.

Selain itu, ada pukulan melingkar yang dilakukan dengan cara mengayunkan salah satu tangan yang mengepal dan diarahkan melingkar dari luar ke dalam. Pukulan jenis ini digunakan untuk sasaran ke arah jari lawan.

3 dari 4 halaman

Gerak Spesifik Pencak Silat Lainnya

Tendangan

Gerak spesifik tendangan dalam pencak silat terdiri dari 3 tendangan, yaitu tendangan depan, tendangan samping dan tendangan huruf “T”.

Tangkisan

Tangkisan merupakan cara yang dilakukan pesilat untuk melakukan pembelaan. Tujuan menangkis adalah membendung pukulan lawan. Gerakan ini dapat dilakukan menggunakan tangan, siku dan kaki.

Elakan

Elakan dilakukan dengan cara memindahkan sasaran dari arah serangan. Arah elakan harus dilakukan sesuai dengan arah delapan dari mata angin.

Elakan dapat dilakukan dengan 4 cara, yaitu elah hadap, elak samping, elak angkat kaki dan elak kaki silang.

Elak hadap dilakukan dengan cara memindahkan kaki bagian belakang sehingga badan menghadap ke arah lawan. Sedangkan, elak samping dilakukan dengan cara memindahkan kaki ke samping dengan posisi badan yang dimiringkan.

Elak angkat kaki dapat dilakukan dengan mengangkat salah satu kaki kiri dari sasaran penyerangan lawan. Terakhir, elak kaki silang dilakukan dengan cara menyilangkan kaki ke samping atau menyerong

 

4 dari 4 halaman

Aspek Nilai Luhur Pencak Silat

Pencak silat menjadi gerak bela diri yang bersumber dari kerohanian suci seseorang. Di dalamnya terdapat aspek nilai luhur yang didapatkan dari pencak silat, yaitu aspek mental spiritual, aspek seni budaya, aspek olahraga dan aspek bela diri.

Aspek mental spiritual dapat diartikan bahwa pencak silat dapat membangun dan mengembangkan kepribadian seseorang.

Untuk aspek seni budaya, pencak silat bisa diartikan sebagai bentuk kesenian dalam sebuah tarian pencak silat yang diiringi musik dan pakaian tradisional.

Sedangkan, aspek olahraga, pencak silat mampu mengasah kemampuan dan keahlian dari fisik seseorang.

Selain itu, aspek yang terakhir adalah aspek bela diri, dimana seorang pesilat akan ditekankan pada kemampuan teknik bela dirinya. Maka dari itu, penting bagi pesilat untuk menguasai ilmu-ilmu di dalam pencak silat itu sendiri.

Pencak silat memiliki aliran, simak berita lengkapnya disini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.