Sukses

Daftar Pembalap MotoGP 2023: Sisa Berapa Kursi Lowong?

Liputan6.com, Jakarta - Satu per satu kursi pembalap MotoGP untuk musim 2023 mulai terisi menyusul pengumuman dua tim, Selasa (30/8/2022). Kini tinggal empat tempat yang tersedia. 

Manuver pertama dilakukan Repsol Honda yang mengumumkan kedatangan juara dunia 2020 Joan Mir. Sosok asal Spanyol ini meneken perjanjian hingga 2024 untuk menjadi rekan Marc Marquez.

Mir terpaksa hengkang karena Suzuki mengakhiri partisipasi di MotoGP usai musim ini karena alasan finansial. Rekannya saat ini Alex Rins terlebih dahulu mengamankan kontrak bersama tim satelit LCR Honda.

"Honda Racing Corporation dengan bangga mengumumkan perekrutan Joan Mir," demikian Honda pada Selasa.

Mir memegang status dua gelar juara dunia setelah menguasai Moto3 2017 dan MotoGP 2020. Sosok berusia 24 tahun ini sudah memenangkan 12 balapan dan naik podium 33 kali di kelas utama.

Sang pebalap (24) asal Spanyol merupakan pemenang 12 grand prix dan peraih 33 podium sepanjang kariernya.

"Saya sangat senang mengumumkan akan bergabung tim Repsol Honda tahun depan. Terima kasih kepada HRC telah mempercayai saya dan memberikan saya kesempatan untuk membela warna bersejarah ini, yang penuh sejarah dan juara dunia," kata Mir dalam pernyataan resmi di Twitter.

"Saya akan memanfaatkan seluruh pengalaman di MotoGP dengan Suzuki untuk berkontribusi sebanyak mungkin ke proyek ini, dan bertarung bersama untuk menjadi juara dunia lagi."

Meski berprestasi, kinerja Mir terus menunjukkan penurunan. Musim ini dia gagal finis enam kali, tiga dalam empat seri terakhir. Mir mengalami kecelakaan pada seri teranyar di Austria sehingga bakal absen pada ajang selanjutnya di San Marino.

"Sekarang saatnya fokus meneruskan pemulihan saya untuk kembali ke sirkuit segera mungkin, dan mengakhiri musim dengan luar biasa bersama Suzuki Ecstar," kata Mir.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Kinerja Menurun

Selanjutnya RNF Aprilia yang meresmikan kehadiran Miguel Oliveira dan Raul Fernandez. Kedua pembalap meneken kontrak satu tahun dan sama-sama berganti seragam seperti RNF. Oliveira dan Fernandez meninggalkan KTM dengan RNF mengakhiri kolaborasi bersama Yamaha.

"Kami antusias menyambut Miguel Oliveira dan Raul Fernandez di sini mulai 2023. Ini bukan proses sederhana. Tapi, bersama Aprilia, kami sangat jelas dalam menentukan siapa kami inginkan,” kata pemilik RNF Racing Razlan Razali dilansir Crash.

"Mereka berdua pembalap muda dengan kombinasi pengalaman Miguel dan talenta Raul yang menduduki peringkat dua Moto2 2021. Kami percaya kemampuan mereka dan tidak sabar membalap bersama."

Oliveira, Fernandez, dan RNF bakal mendukung tim pabrikan Aprilia yang tetap bertumpu kepada Aleix Espargaro dan Maverick Vinales.

"Kami siap memenuhi janji dan memberi mereka paket motor yang akan membantu keduanya mengeluarkan potensi maksimal," tegas CEO Aprilia Racing Massimo Rivola.

Kini masih ada empat tempat tersedia di MotoGP musim depan. Satu-satunya tim yang belum menentukan sikap adalah Mooney VR46 Racing. Sementara ada satu slot tersedia di LCR Honda dan Tech3 Gasgas. Simak daftar pembalap MotoGP 2023 selengkapnya di halaman berikut:

3 dari 3 halaman

Daftar Pembalap

Repsol Honda:

Marc Marquez (akhir 2024)

Joan Mir (Akhir 2024)

 

Monster Energy Yamaha:

Franco Morbidelli (akhir 2023)

Fabio Quartararo (akhir 2024)

 

Ducati Lenovo:

Francesco Bagnaia (akhir 2024)

Enea Bastianini (akhir 2024)

 

Aprilia:

Aleix Espargaro (akhir 2024)

Maverick Vinales (akhir 2024)

 

Red Bull KTM:

Jack Miller (akhir 2024)

Brad Binder (akhir 2024)

 

Gresini Ducati:

Fabio di Giannantonio (akhir 2023)

Alex Marquez (akhir 2023)

 

Tech3 Gasgas

Pol Espargaro (akhir 2024)

???

 

LCR Honda:

Alex Rins (akhir 2024)

???

 

Pramac Ducati

Jorge Martin (akhir 2024)

Johann Zarco (akhir 2023)

 

RNF Aprilia

Miguel Oliveira (akhir 2023)

Raul Fernandez (akhir 2023)

 

Mooney VR46 Racing Team

???

???

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.