Sukses

Marco van Basten Ungkap Cara MU 'Rusak' Program Persiapan Erik Ten Hag

Manchester United atau MU telah menelan dua kekalahan beruntun di Liga Inggris 2022/2023.

Liputan6.com, Jakarta Awal karier Erik Ten Hag di Manchester United atau MU tidak berjalan sesuai harapan. Alih-alih memberi kejutan, dua partai perdana Setan Merah di ajang Liga Inggris 2022/23 justru berakhir dengan tragis.

Di laga perdana, Ten Hag yang digadang-gadang bakal mengembalikan kejayaan MU gagal membawa timnya memetik poin saat bertemu Brighton. Pada laga ini, Setan Merah bahkan dipaksa menyerah 1-2. 

Hasil yang lebih parah malah menghampiri MU di laga berikutnya. Berhadapan dengan Brentford, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan semakin dipermalukan lewat kekalahan empat gol tanpa balas. Dua kekalahan beruntun ini sekaligus membuat Manchester United untuk sementara terdampar di dasar klasemen.

Legenda sepak bola Belanda, Marco van Basten, belakangan ikut mengomentari keterpurukan MU. Dia melihat, dua kekalahan beruntun itu tidak lepas dari program pramusim Erik Ten Hag yang berantakan. Menurutnya, persiapan dilakukan MU tidak berjalan optimal karena terbentur keinginan meraup untung. 

"Yang aneh dari persiapan mereka bertahun-tahun adalah melakukan tur keliling dunia," kata Van Basten kepada Ziggo Sport seperti dilansir dari Sportbible. "Itu membunuh grup. Itu konyol, idiot. Mereka harus berhenti melakukan itu. Secara fisik itu sangat-sangat melelahkan," beber mantan pemain AC Milan itu.  

"Mereka melakukan apapun untuk mendapat lebih banyak uang, dan itu tidak masuk akal."

MU kembali melakukan serangkaian tur pramusim pada tahun ini dengan mengunjungi Thailand dan Australia sebelum kemudian bertolak ke Norwegia menghadapi klub La Liga, Atletico Madrid. 

Setelah itu, MU baru kembali ke Inggris. Di laga terakhir di Old Trafford, MU ditahan Rayo Vallecano 1-1.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dilema MU Hadapi Ronaldo

 

MU sejauh ini masih berusaha mencari tambahan amunisi baru. Sejumlah nama kembali masuk dalam radar Setan Merah di tengah 'kegalauan' klub terkait rencana Cristiano Ronaldo meninggalkan Old Trafford. Pemain Portugal tersebut ngotot pindah dari MU karena ingin bermain di Liga Champions musim ini. 

Sejumlah cara telah dilakukan agar CR7 mau bertahan, termasuk mendatangkan Sir Alex Ferguson. Sayang, tidak ada titik temu dan kekasih Georgina Rodriguez itu tetap ingin hengkang ke tim lain. 

Mantan pemain MU sekaligus pundit, Gary Neville, menilai, MU bedada dalam posisi dilematis terkait status Ronaldo. Di satu sisi, pemain asal Portugal itu sudah tidak betah di Old Trafford. Sementara di sisi lain, MU bakal lebih menderita bila nekat melepas kekasih Georgina Rodriguez itu di bursa transfer musim panas.

 

3 dari 4 halaman

Komentar Neville

Tanpa Ronaldo, Nevile percaya, MU bahkan bisa saja menjadi penghuni dasar klasemen Liga Inggris.   

"Saat saya duduk di sini hari ini, saya pikir ada keputusan besar yang harus mereka buat tentang Cristiano Ronaldo dan mereka terkutuk jika melakukannya, terkutuk jika tidak," kata Nevile. 

"Beberapa minggu sebelum musim dimulai, hal terbaik yang harus dilakukan adalah memfasilitasi kepindahan Ronaldo karena dia jelas tidak senang dan klub tidak senang dengannya. Masalah yang mereka miliki sekarang, jika dia pergi, tidak ada pencetak gol yang tersisa," beber Nevile menambahkan. 

 

4 dari 4 halaman

Hadapi Liverpool

Sementara itu, ujian berat bakal mengadang langkah MU pada pekan ketiga Liga Inggris 2022/2023. Setan Merah akan menjamu Liverpool FC di Stadion Old Trafford pada Selasa dini hari WIB (23/8/2022). 

Pada pramusim lalu, MU juga sempat bertemu musuh bebuyutannya itu. Keduanya tampil pada Bangkok Century Cup 2022 yang berlangsung di Stadion Rajamangala, Thailand, 12 Juli 2022. MU berhasil menang 4-0. Empat gol Setan Merah dicetak oleh Jadon Sancho, Fred, Anthony Martial, dan Facundo Pellistri.

Langkah Liverpool di Liga Inggris 2022/23 juga tidak terlalu menjanjikan. Sejauh ini, The Reds belum pernah menang dari dua laga yang dilalui. Di laga perdana, Liverpool bermain imbang 2-2 melawan Fulham sebelum kemudian ditahan dengan skor 1-1 oleh Crystal Palace di Stadion Anfeild, pekan lalu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • Seorang pesepak bola asal Belanda. Van Basten dianggap sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa.
    Seorang pesepak bola asal Belanda. Van Basten dianggap sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa.

    Marco van Basten