Sukses

Ada Perayaan di Seluruh Dunia, Indonesia Perjuangkan Wushu Dipertandingkan di Olimpiade

Liputan6.com, Jakarta- Hari Wushu dan Kungfu Sedunia pada tahun 2022 jatuh pada 13 Agustus. Perayaan dilakukan di berbagai negara termasuk Indonesia. Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) baru menggelar perayaan World Wushu Kungfu Day pada Minggu (14/8/2022) di Halaman depan FX Plaza Jalan Jenderal Sudirman Jakarta.

Acara World Wushu Kungfu Day berlangsung sukses dan meriah. Perayaan di Jakarta dihadiri jajaran pengurus termasuk sekjen PB WI Ngatino. Acara ini dimulai pukul 07.00 hingga 10.00 WIB ini. Event ini cukup banyak menyedot penonton dan penggiat olahraga yang sedang menikmati Car Free Day.

Ketua Umum PB WI, Airlangga Hartarto dalam pidatonya yang disiarkan melalui layar lebar mengatakan, World Wushu Kungfu Day adalah sebuah perayaan global wushu dan kungfu yang diprakarsai oleh IWUF dan diperingati setiap tahun pada hari Sabtu pertama atau setelah tanggal 8 Agustus dengan tema yang berbeda setiap tahunnya.

Pada tahun 2022 ini merupakan peringatan Hari Wushu Kungfu Dunia yang kelima sejak dicanangkan pertama kalinya pada tahun 2018.

Sebagai anggota IWUF, PB WI senantiasa mendukung dan merayakan Hari Wushu Kungfu Sedunia ini. Bahkan, pada peringatan tahun 2019 yang lalu, Wushu Indonesia mendapatkan apresiasi khusus dari IWUF atas partisipasi seluruh insan Wushu di Indonesia, melalui program Festival Video yang diikuti lebih dari 200 video singkat ucapan yang ditautkan ke platform media sosial IWUF.

Tahun ini, World Wushu Kungfu Day sebenarnya jatuh pada hari Sabtu, 13 Agustus. PB WI sendiri memutuskan menggelarnya pada hari hari libur 14 Agustus pagi. Tema yang diusung adalah "Wushu: Pemuda dan Masa Depan".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Dihadiri Atlet Pelatnas

Airlangga Hartarto mengajak seluruh insan wushu Indonesia menggaungkan bahwa wushu dapat menjadi gaya hidup kekinian sebagai jembatan dalam menjalin persahabatan, membangun kepercayaan diri yang lebih besar dan menjawab segala tantangan untuk merangkul masa depan lebih cerah.

"Tema ini menjadi sangat relevan dan sekaligus mengingatkan kita semua, bahwa di tahun 2022 ini juga, kita – Indonesia, telah ditunjuk sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Wushu Junior (The 8th World Junior Wushu Championship), mari kita secara bersama dapat menjadi tuan rumah yang baik dan mengesankan, sekaligus juga kita dapat meraih dwi sukses, yakni sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi," imbuhnya.

Para atlet pelatnas wushu Indonesia turut hadir di FX Senayan. Atlet wushu andalan Indonesia Edgar Xavier Marvelo berharap olahraga yang ditekuninya ini makin berkembang pesat di Indonesia.

"Saya senang bisa merayakannya. Semoga olahraga wushu bisa berkembang dan semakin banyak diminati kaum milenial. Ke depan, cabang olahraga wushu bisa menjadi andalan Indonesia di ajang single atau multi event internasional," kata Edgar.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Atraksi

Perayaan World Wushu Kungfu Day ini diisi dengan berbagai atraksi peragaan jurus-jurus wushu dan kungfu tradisional disajikan dari anggota sasana wushu dan kungfu Jakarta. Termasuk, Ketua Pengrov WI DKI Jakarta, Tjokro Gunawan ikut tampil membawakan jurus Siu Lim Dao yang bisa disaksikan langsung pengurus Pengprov WI se-Indonesia melalui zoom.

"Tema Youth and Future itu sengaja ditampilkan karena sosok generasi muda yang bekerja keras, penuh motivasi dan menjungjung tinggi sportivitas itu yang dibutuhkan sebagai penerus bangsa. Itu jelas filosifi dari olahraga wushu-kungfu," kata Tjokro Gunawan.  

4 dari 4 halaman

Demi Olimpiade

Perayaan World Wushu-Kungfu Day ini juga bertujuan untuk mendorong cabang olahraga wushu agar bisa dipertandingkan di ajang Olimpiade.

"Seluruh rekaman kegiatan perayaan World Wushu-Kungfu Day di berbagai negara akan dihimpun Federasi Wushu Internasional (IWUF) untuk mendorong cabang olahraga wushu bisa dipertandingkan di Olimpiade," jelasnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS