Sukses

Hasil Malaysia Masters 2022: Dijegal Wakil Tiongkok, Rinov/Pitha Jadi Runner-up Ganda Campuran

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Ganda campuran bulu tangkis Indonesia Rinov Rivaldy dan Pitha Haningtyas Mentari keluar sebagai runner-up Malaysia Masters 2022. Hasil ini diraih usai Rinov/Pitha kalah dari wakil Tiongkok Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong di babak final.

Berlaga di Axiata Arena, Kuala Lumpur, pada Minggu (10/7/2022), Rinov/Pitha sanggup/gagal mengunci kemenangan usai terlibat pertarungan straight game 17-21, 12-21 dalam durasi waktu 32 menit.

Rinov/Pitha memang kalah di atas kertas dari Zheng/Huang. Pasangan kelahiran tahun 1999 ini tercatat masih bertengger di peringkat 20 dunia. Sementara itu, duo asal Negeri Tirai Bambu berada di posisi puncak, usai menyalip perolehan poin rivalnya Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, yang sebelumnya duduk di ranking satu dunia.

Kendati demikian, pasukan Garuda berupaya memberi perlawanan maksimal bagi Zheng dan Huang. Perolehan poin kedua pasangan pun terbilang ketat di awal game pembuka. Namun, sejumlah unforced errors dari kubu Indonesia memberi keuntungan bagi pasangan Tiongkok.

Kerap tertinggal satu angka, Rinov/Pitha mampu membalikkan keadaan di kedudukan 8–6. Sayangnya, momentum ini terputus oleh smash keras dari Zheng Si Wei. Ganda campuran unggulan kedua turnamen memimpin dengan 11–9 di interval game pertama.

Rinov/Pitha kembali mengejar ketertinggalan pascajeda. Kedua pasangan lagi-lagi terlibat drama kejar-kejaran skor. Rinov sebenarnya mampu menunjukkan defense apik di sejumlah kesempatan. Akan tetapi, cegatan depan net oleh pemain Tiongkok efektif membuahkan poin.

Zheng/Huang tak kesulitan mengumpulkan tambahan lima angka beruntun usai kedudukan 14–14. Pasangan Indonesia sempat memperkecil jarak, sebelum wakil China mengunci game pertama dengan skor akhir 21–17.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Game Kedua

Rinov/Pitha melesat di awal set kedua. Ganda campuran muda Indonesia sempat memimpin dengan 4–0, sebelum Zheng/Huang mengambil dua poin berturut-turut.

Perolehan skor kedua pasangan kembali ketat setelah Zheng/Huang menyamakan kedudukan menjadi 6 –6. Wakil Tiongkok akhirnya memimpin dengan 11–8 di interval game kedua.

Zheng Si Wei dan Huang Ya Qiong tancap gas selepas jeda. Mereka mampu meraih tambahan lima poin berturut-turut dan meninggalkan pasangan Indonesia dengan kedudukan 16–8.

Game kedua pun kembali menjadi milik wakil Tiongkok. Pasangan ganda campuran ranking satu dunia itu menang 21–12 atas para penggawa Indonesia.

3 dari 4 halaman

Babak Sebelumnya

Sebagai informasi, Rinov/Pitha harus berhadapan dengan wakil-wakil dari empat negara berbeda, sebelum mengamankan tiket menuju babak final Malaysia Masters 2022.

Ganda campuran muda Indonesia bersua dengan pasangan Denmark Mathias Thyrri/Amalie Magelund di babak penyisihan pertama. Keduanya menang straight game dengan skor akhir 21–16 dan 21 -14.

Rinov/Pitha selanjutnya menghadapi perlawanan Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo asal Jepang di fase 16 besar. Tak menemui hambatan berarti, penggawa Merah Putih juga mampu menuntaskan laga lewat dua game langsung, 21–15 dan 21–18.

Kemenangan tersebut mengantar Rinov/Pitha berjumpa dengan Robin Tabeling/Selena Piek di babak perempat final. Pasangan ganda campuran asal Belanda ini secara mengejutkan mampu menekuk unggulan pertama Dechapol/Sapsiree di babak sebelumnya.

Rinov/Pitha kembali menorehkan hasil positif usai unggul 21–14 dan 21–18 atas Tabeling/Piek. Alhasil, mereka diharuskan berjumpa dengan wakil Thailand Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran di empat besar.

Kalah 18 – 21 di game pertama, Rinov/Pitha mampu bangkit dan membalikkan keadaan di dua game selanjutnya. Wakil Garuda menang 21–10 dan 21–15 di set kedua dan ketiga, sehingga berhak atas tempat di babak final.

4 dari 4 halaman

Wakil Lain

Selain Rinov/Pitha, Indonesia juga mengirim tiga wakil lain untuk bertarung memperebutkan gelar dalam final Malaysia Masters 2022.

Chico Aura Dwi Wardoyo yang menjadi wakil tunggal putra Tanah Air di partai puncak sukses menyumbangkan gelar bagi Indonesia. Pebulu tangkis kelahiran Jayapura itu menang straight game 22–20 dan 21–15 atas Ng Ka Long Angus dalam pertarungan yang berlangsung pada Minggu (10/7/2022) siang WIB.

Pasukan Merah Putih juga telah mengamankan satu gelar juara dan satu runner-up di sektor ganda putra. Pasalnya, dua wakil Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto serta Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dijadwalkan berjumpa di partai pemungkas final Malaysia Masters 2022.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS