Sukses

Jadi Rekrutan Pertama Ten Hag, Ini Alasan Kenapa MU "Ngebet" Bajak Tyrell Malacia

Liputan6.com, Jakarta Manchester United akhirnya resmi mendapatkan Tyrell Malacia dari Feyenoord. Seperti yan dikutip dari laman resmi klub, Selasa (5/7/2022), Setan Merah merogoh kocek hingga 17 juta euro atau setara dengan Rp 266 milliar. 

Malacia menjadi rekrutan pertama Erik ten Hag di Manchester United. Bek asal Belanda itu dikenal dengan julukan Si Pitbull. Nama Malacia sebenarnya tidak menjadi incaran MU sejak lama bahkan terkesan tiba-tiba, tidak seperti bintang Barcelona Frankie De Jong.

Tyrell Malacia akan bersaing dengan para bek kiri lainya seperti, Luka Shaw, Alex Telles dan Brandon Williams. Selain itu Tyrell Malacia telah membantu Feyenoord ke babak final Piala Konferensi Europa. Ia juga tercatat telah memainkan sebanyak 50 pertandingan dari semua kompetisi dan telah memberikan tiga assist musim lalu.

Setelah resmi mengamakan Malacia, MU akan langsung bergerak cepat untuk mendatangkan pemain selanjutnya yaitu Lisandro Martinez dari Ajax Amsterdam.

MU juga tetap dalam pembicaraan untuk mendatangkan Frenkie De Jong dari Barcelona. Sementara Christian Eriksen sedang menjalani tes medis bersama Manchester United yang dijadwalkan hari ini.

Dengan usianya yang masih 22 tahun, Malacia bisa dibilang memiliki prospek yang cerah sebagai bek kiri masa depan The Red Devils. Malacia sempat diragukan untuk bersaing di Liga Inggris mengingat posturnya yang hanya bertinggi badan 169 cm.

Pasalnya, Liga Inggris sarat dengan permainan fisik dan identik dengan bek-bek bertubuh tinggi besar. Seperti apa sebenarnya permainan pemain berusia 22 tahun itu sehingga mampu membuat Ten Hag kepincut untuk membawanya ke Old Trafford musim ini?

2 dari 5 halaman

Bek Sayap Kiri Paling

Tyrell Malacia didatangkan oleh Man United dengan biaya sebesar 17 juta euro atau setara Rp266 miliar. Seperti yang dilansir dari laman statistik WhoScored, dapat dilihat dari rating yang didapatkan Malacia sebagai bek sayap kiri mendapatkan skor 7,14.

Nilai tersebut merupakan yang paling tinggi di antara bek kiri lainnya di Liga Belanda pada musim 2021-2022. Malacia mencatatkan nilai yang sama dengan bek kiri andalan Ajax Amsterdam, Daley Blind.

Sepanjang musim lalu, Malacia juga dipercaya untuk memotori serangan dari sisi sayap kiri. Hal tersebut bisa dilihat dari statistik penyerangan Feyenoord yang mengandalkan sisi kiri.

Bek jebolan akademi Feyenoord itu juga dikenal memiliki karakter yang keras dan cepat jika bermain di lapangan. Itulah mengapa Malacia mendapatkan julukan Si Pitbull kendati ukuran fisiknya yang tidak begitu ideal untuk pemain Eropa.

Selain memiliki kecepatan dan fisik yang mumpuni, Malacia juga memiliki akurasi umpan terobosan yang cukup akurat. Di Liga Belanda 2021-2022, Malacia menjadi pemain ketiga yang memiliki umpan terobosan paling akurat.

Sejak debut pada musim 2017-2018, Malacia sudah bermain sebanyak 136 kali dengan catatan empat gol dan 10 assist untuk Feyenoord di berbagai kompetisi.

3 dari 5 halaman

Persaingan Bek Kiri MU Makin Panas

Manchester United akhirnya berhasil mendatangkan seorang pemain. Pemain pertama yang berhasil didatangkan oleh Setan Merah adalah bek kiri Feyenoord, Tyrell Malacia.

Dengan begitu, musim depan persaingan di posisi bek kiri akan semakin ketat, pasalnya dia harus bersaing dengan nama-nama mulai dari Luke Shaw, Alex Telles, dan Brandon Williams.

Erik Ten Hag mendatangkan Malacia karena MU kemungkinan akan melepas bek kiri Alex Telles. Oleh karena itu, Malacia akan bersaing dengan Luke Shaw untuk menjadi starter di pos bek kiri MU.

4 dari 5 halaman

Sudah Tampil di Timnas Belanda

Tyrell Malacia adalah bek kelahiran Rotterdam, Belanda, pada 17 Agustus 1999, dengan seorang ayah yang berasal dari Curacao dan ibu dari Suriname. Bek berusia 22 tahun itu tumbuh di distrik Hillesluis, sebuah wilayah yang berada di Rotterdam Selatan, tempat ia dilahirkan. 

Hingga pada akirnya ia pun mendapat kesempatan membela tim nasional Belanda di kategori U-16 hingga U-21. Hingga pada September 2021 ia dipanggil Louis van Gaal masuk ke skuad The Oranje.

Malacia tampil apik saat Belanda mengalahkan Montenegro 4-0 di Kualifikasi Piala Dunia 2022, dengan sumbangan assist.

 

5 dari 5 halaman

Cinta Pandangan Pertama Ten Hag di Belanda

Manajer Manchester United, Erik ten Hag, sebenarnya sudah menginginkan Tyrell Malacia sejak lama. Ten Hag bahkan sempat memuji penampilan Malacia saat Ajax bertemu dengan Feyenoord pada Maret 2022.

"Anak di bek kiri itu luar biasa. Perhatikan dia," kata Ten Hag kepada asistennya, Michael Reiziger, ketika Ajax mengalahkan Feyenoord dengan skor 3-2 seperti yang dikutip dari Daily Mail, Selasa (5/7/2022).

Sejak debut pada musim 2017-2018, Malacia sudah bermain sebanyak 136 kali dengan catatan empat gol dan 10 assist untuk Feyenoord di berbagai kompetisi.