Sukses

Pemain Basket NBA, Caleb Swanigan Meninggal Dunia

Liputan6.com, Jakarta Pemain basket fenomenal, Caleb Swanigan tutup usia. Mantan tuna wisma yang pernah bermain di liga basket paling bergengsi di dunia, NBA tersebut, menghembuskan napas terakhir di rumah sakit Fort Wayne, Indiana, Rabu (22/6).

Swanigan meninggal dunia di usia 25 tahun karena sebab yang alami. Purdue, klub yang diperkuat Swanigan saat masih kuliah mengumumkan kabar duka ini melalui akun Twitter-nya.

"Rasa duka yang mendalam dan kami berdoa bagi keluarga dan teman yang ditinggalkan oleh Caleb Swanigan. Dunia baru saja kehilangan jiwa yang lembut tadi malam. Kami menyayangimu Biggie," tulis akun Purdue Mens Basketball.

Caleb Swanigan lahir di Indianapolis, Indian, 20 Juni 2022. Ayahnya, Carl Swanigan Sr diketahui merupakan pecandu narkotika. Saat remaja, Swanigan hidup berpindah-pindah bersama ibunya yang memiliki enam orang anak dan tidak jarang mereka harus bermalam di penampungan tuna wisma.

Namun bakat sebagai pemain basket, lambat laut mengubah kehdiupan Swanigan. Postur tubuhnya yang tinggi besar membuatnya tidak sulit untuk mendapatkan tempat di olahraga lima lawan lima ini. 

 

2 dari 3 halaman

Karier Swanigan

Nama Swanigan mulai bersinar saat dia memperkuat tim kampus, Purdue Boilermakers. Bakatnya semakin terasah hingga sempat dinobatkan sebagai Big Ten Player of the Year 2017.

Sejumlah penghargaan lain juga pernah diterimanya. Namun momen penting yang tidak akan dilukan tentu saja ketika Swanigan akhirnya masuk dalam draf pemain untuk tim NBA, Portland Trail Blazers.

Pada 3 Juli 2017, Swanigan akhirnya resmi direkrut Portland Trail Blazers. 

 

3 dari 3 halaman

Mimpi Jadi Kenyataan

"Masuk draf NBA malam ini adalah mimpi yang jadi kenyataan. Saya sudah memimpikan momen ini sejak lama," katanya kala itu.

"Saya tahu ini hanyalah langkah awal dalam karier profesional saya, tapi saya sangat antusias memulai perjalanan ini," Swanigan menambahkan.

Setelah dua tahun memperkuat Portland, Swanigan sempat pindah ke Sacramento Kings. Namun pada tahun 2020 lalu, Swanigan kembali lagi ke Portland Trail Blazers.