Sukses

Negosiasi dengan Liverpool Mandek, Barcelona Janjikan Ini untuk Mohamed Salah

Negosiasi kontrak Mohamed Salah dan Liverpool konon mandek akibat Barcelona. Sang raksasa Catalan dirumorkan berjanji kepada Salah bahwa dirinya bisa bergabung bersama Blaugrana usai kontraknya di Liverpool berakhir tahun depan.

Liputan6.com, Liverpool - Masa depan Mohamed Salah di Liverpool tengah menjadi tanda tanya besar. Kontraknya di Anfield akan berakhir pada Juni 2023. Akan tetapi, pemaint imnas Mesir itu tak kunjung menandatangani kesepakatan baru bersama The Reds.

Dikutip dari Metro, Salah sejatinya telah menjalani musim yang gemilang di Liverpool. Dia sukses menyandang gelar top skorer Liga Inggris bersama bintang Tottenham Hotspur Son Heung-min, dan mengantar The Reds tembus ke final Liga Champions.

Sayangnya, kabar terbaru menyebut Salah punya kedekatan dengan klub lain. Eks pemain AS Roma itu dirumorkan telah diberi janji khusus oleh Barcelona, bahwa dirinya bisa bergabung bersama sang raksasa Catalan usai kontraknya di Liverpool berakhir tahun depan.

Blaugrana memang diketahui tengah berupaya memperbaki skuadnya menjelang kompetisi musim 2022/2023. Klub yang ditukangi oleh Xavi Hernandez itu baru saja mendapat suntikan dana senilai 235 juta poundsterling atau sekitar Rp 4,2 triliun berkat kesepakatannya dengan Spotify.

Salah digadang-gadang sebagai salah satu target incaran Barcelona dalam proyek ini. Pesepak bola berusia 29 tahun tersebut bahkan diklaim bisa langsung pindah ke Camp Nou sebagai pemain gratisan pada musim panas mendatang.

Mengutip Mirror, janji Barcelona diyakini merupakan faktor kuat yang menyebabkan mandeknya pembicaraan kontrak Salah di Liverpool. Padahal, The Athletic sempat mengeklaim diskusi sang pemain dengan pihak klub telah berjalan selama lebih dari setahun.

Kondisi ini membuat Liverpool berada dalam posisi rawan. Klub asuhan Jurgen Klopp hanya punya dua pilihan, yakni menjual Salah di jendela transfer atau mempertahankannya dengan risiko kehilangan sang bintang secara cuma-cuma musim depan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masalah Gaji

Sebelum mencuatnya kabar keterkaitan Mohamed Salah dengan Barcelona, masalah gaji disebut-sebut sebagai alasan kuat sang pemain enggan menyegel kesepakatan baru di Anfield.

Laporan mengklaim Salah ingin masuk dalam jajaran pesepak bola dengan gaji tertinggi di dunia. Namun, permintaan tersebut belum mampu dipenuhi oleh Liverpool.

Sebagai informasi, eks pemain Chelsea itu sebenarnya merupakan salah satu pemain The Reds dengan bayaran termahal. Salah konon mendapat upah kurang lebih 200.000 poundsterling per pekan dari Liverpool.

Maklum, pemain berusia 29 tahun itu memang menjadi sosok kunci di balik kesuksesan skuad asuhan Jurgen Klopp. Ia diketahui telah membantu klubnya mengangkat trofi Liga Inggris, Liga Champions, Piala Liga Inggris, Piala Dunia Antarklub, dan Piala Super Eropa.

Sayangnya, jika merujuk pada pemain-pemain produktif lain di Inggris, gaji Salah memang masih tertinggal. Agen Salah pun ogah melanjutkan perundingan jika The Reds tak mampu meluluskan keinginan kliennya.

Jurnalis Fabrizio Romano pada Maret lalu juga melaporkan Salah sejatinya ingin bertahan di Liverpool. Akan tetapi, sang pemain tidak setuju dengan kondisi kontraknya saat itu.

3 dari 4 halaman

Makin Dekat

Salah sebelumnya sempat dikabarkan makin dekat dengan perpanjangan kontrak di Liverpool. Dia diklaim bersedia menurunkan tuntutannya dan bernegosiasi ulang dengan pihak klub.

Namun, dalam wawancara setelahnya, pemain timnas Mesir itu justru mengisyaratkan dirinya tidak yakin bakal memperpanjang kontrak bersama The Reds.

"Saya tidak bisa mengatakan ya, (dan) saya juga tidak bisa mengatakan tidak. Saya sudah berkali-kali mengungkapkan apa yang saya inginkan. Akan tetapi, saya tidak bisa membahas soal kontrak secara mendalam saat ini, karena itu sensitif," papar Salah.

"Itu (masalah kontrak) tidak memengaruhi saya, saya sangat profesonal. Saya tahu apa yang saya lakukan, jadi saya tidak terganggu akan hal itu. Saya berfokus pada tim, (berusaha) memenangkan trofi, dan memberikan segalanya untuk klub," pungkasnya dilansir dari Metro.

Pernyataan Salah kembali berubah jelang final Liga Champions 2021/2022. Bintang Timnas Mesir itu menegaskan dirinya bakal tetap berada di Anfield musim depan, meski belum menandatangani kontrak baru.

"Saya tidak ingin membicarakan kontrak sekarang, saya pasti bertahan musim depan, itu jelas."

4 dari 4 halaman

Perfroma Salah

Terlepas dari ketidakpastian soal masa depannya, Salah tetap mampu tampil gemilang sepanjang musim 2021-2022. Ia tercatat telah memberi kontribusi 23 gol dan 14 assist dari 35 penampilan di Liga Inggris. Capaian tersebut membawa skuad racikan Jurgen Klopp finis di posisi dua klasemen akhir.

Salah juga diketahui sukses mencetak delapan gol dan memberikan dua assist dalam 13 pertandingan Liga Champions. Sayang, sumbangsihnya itu belum bisa membuat The Reds memenangkan trofi Si Kuping Besar usai Liverpool kalah 0-1 dari Real Madrid di final.

Sejak tiba di Liverpool dari Roma pada Juli 2017, Salah telah mencetak 156 gol dan mencatat 63 assist dalam 254 penampilan untuk raksasa Inggris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.