Sukses

Manchester City ke Semifinal Liga Champions 2021/22, Guardiola Lewati Rekor Ancelotti dan Mourinho

Beruntung di leg pertama yang berlangsung di Etihad Stadium, pekan lalu, City mampu mencuri satu gol lewat Kevin de Bruyne. Kemenangan 1-0 ini menjadi tiket City setelah di leg kedua di Wanda Metropolitano, Kamis (14/4/2022), hanya mampu bermain imbang 0-0.

Liputan6.com, Jakarta Manajer Manchester City, Pep Guardiola berhasil melewati rekor dua pelatih ternama, Jose Mourinho dan Carlo Ancelotti usai membawa pasukannya melaju ke babak semifinal Liga Champions 2021/2022. The Citizens lolos setelah menyingkirkan wakil Spanyol, Atletico Madrid dengan agregat tipis 1-0.

Tidak mudah bagi City melaju ke semifinal Liga Champions musim ini. Pasukan Diego Simeone yang memasang pertahanan berlapis di setiap laga, sangat sulit ditembus oleh penyerang The Citizens.

Beruntung di leg pertama yang berlangsung di Etihad Stadium, pekan lalu, City mampu mencuri satu gol lewat Kevin de Bruyne. Kemenangan 1-0 ini menjadi tiket City setelah di leg kedua yang berlangsung di Wanda Metropolitano, Kamis (14/4/2022), hanya mampu bermain imbang tanpa gol. 

Perjalanan untuk merebut trofi si Kuping Besar tentu belum berakhir. Sebab pada laga selanjutnya, Manchester City sudah dinanti wakil Spanyol lainnya, Real Madrid yang sukses menyingkirkan Chelsea. 

Meski demikian, perjalanan City di Liga Champions musim ini telah menambah catatan gemilang Guardiola sebagai pelatih. Seperti dilansir dari Football Espana, pria asal Spanyol itu kini menjadi pelatih yang paling banyak membawa pasukannya menembus babak empat besar Liga Champions.

Bersama Barcelona, Guardiola tercatat sudah empat kali mampu menembus babak semifinal Liga Champions. Dua di antaranya bahkan terus berlanjut hingga akhirnya keluar sebagai juara (2008/09 dan 2009/10). Bersama Bayern Muenchen, Guardiola tiga kali membawa timnya ke semifinal.

Perjalanan yang sama juga dilalui Guardiola saat menukangi Bayern Muenchen. Sementara bersama City, Guardiola mampu dua kali membawa timnya melangkah ke semfiinal Liga Champions. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lewati Rekor Ancelotti dan Mourinho

Ancelotti kini berada di belakang Guardiola usai menorehkan semifinal kedelapan bersama Real Madrid. Los Blancos pad amusim ini kembali melaju ke babak empat besar dengan menyingkirkan Chelsea. 

Los Blancos unggul agregat 6-4 setelah menang 3-1 di leg pertama dan kalah 2-3 di leg kedua.  Menariknya, Guardiola dan Ancelotti akan bertemu di semifinal Liga  Champions musim ini.

Satu lagi manajer yang mampu menorehkan delapan semifinal Liga Champions menurut catatan Football Espana, hanyalah pelatih AS Roma, Jose Mourinho atau The Special One. 

Sayang, Mourinho tidak mampu bergabung bersama Ancelotti dan Guardiola pada musim ini. AS Roma, tim yang ditangani pelatih asal Portugal itu tidak lolos ke Liga Champions 2021/2022.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Bertemu Real Madrid

Hasil imbang juga diraih Manchester City saat bertandang ke markas Atletico Madrid, Wanda Metropolitano. Pada pertandingan kali ini, Manchester City gagal menemukan celah untuk membongkar pertahanan tuan rumah. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga pertandingan usai. Dan Manchester City berhak ke semifinal setelah pada leg pertama sebelumnya berhasil menang dengan skor 1-0.

Kevin de Bruyne menjadi satu-satunya pemain yang mencetak gol pada pertemuan Manchester City melawan Atletico Madrid. Dia menorehkannya pada leg pertama di Stadion Etihad, pekan lalu. 

Pada babak semifinal berikutnya, Manchester City akan berhadapan dengan Real Madrid. Pertarungan pertama bakal berlangsung di Etihad Stadium, pada  27 April 2022. Sementara pertandingan leg kedua akan berlangsung di markas Real Madrid, yakni Santiago Bernabeu, pada 5 Mei 2022.

Simak juga perjalanan keempat tim semifinalis di fase knock out pada halaman selanjutnya.  

 

4 dari 4 halaman

Perjalanan Semifinalis di Fase Knock Out

Berikut ini adalah perjalanan masing-masing tim yang berhasil melaju ke semifinal di sepanjang fase knock out Liga Champions 2021/2022.

Real Madrid

Babak 16 Besar

PSG Vs Real Madrid: 1-0

Real Madrid Vs PSG: 3-1

 

Babak Perempat Final

Chelsea Vs Real Madrid: 1-3

Real Madrid Vs Chelsea: 3-2

 

Villarreal

Babak 16 Besar

Villarreal Vs Juventus: 1-1

Juventus Vs Villarreal: 0-3

 

Babak Perempat Final

Villarreal vs Bayern Muenchen: 1-0

Bayern Muenchen Vs Villarreal: 1-1

 

Liverpool

Babak 16 Besar

Inter Milan Vs Liverpool: 0-2

Liverpool Vs Inter Milan: 0-1

 

Babak Perempat Final

Benfica Vs Liverpool: 1-3

Liverpool Vs Benfica: 3-3

 

Manchester City

Babak 16 Besar

Sporting CP Vs Manchester City: 0-5

Manchester City Vs Sporting CP: 0-0

 

Babak Perempat Final

Manchester City Vs Atletico Madrid: 1-0

Atletico Madrid Vs Manchester City: 0-0

 

Jadwal Semifinal

27/4/2022

02.00: Manchester City Vs Real Madrid

28/4/2022

02.00: Liverpool Vs Villarreal

4/5/2022

02.00: Villarreal vs Liverpool

5/5/2022

02.00: Real Madrid Vs Manchester City

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.