Sukses

Marcus Rashford Angkat Bicara soal Kontroversi Gol di Laga MU vs West Ham

Liputan6.com, Jakarta- Manchester United (MU) sukses menang dramatis atas West Ham United dalam laga lanjutan Liga Inggris yang berangsung di Stadion Old Trafford, Sabtu (22/1/2022).

Anak-anak asuh Ralf Rangnick unggul 1–0 berkat gol semata wayang dari Marcus Rashford pada menit ke-90+3. Hasil ini membawa Setan Merah melesat ke peringkat empat klasemen sementara, meninggalkan West Ham dengan selisih satu poin.

Sayangnya, kemenangan MU di laga ini menyisakan kontroversi. Dilansir dari Manchester Evening News, Edinson Cavani diduga berada dalam posisi offside sebelum memberi umpan kepada Rashford, yang dikonversi menjadi gol.

Akan tetapi, ofisial pertandingan mengesahkan gol tersebut lantaran tidak ada intervensi dari VAR (video assistant referee). Penggemar dan tim tamu pun kecewa dengan hasil ini. Meski demikian, Rashford bersikeras bahwa golnya layak dihitung.

“Saya tahu itu tidak (offside) dari Edi (Cavani) ke saya dan dari Anthony (Martial) ke Edi. Sebelumnya, saya hanya mencoba masuk ke pos belakang. Itu terasa seperti gol yang bagus, dan untungnya gol itu disahkan,” ujar Rashford kepada Sky Sports, seperti dilansir dari Mirror.

2 dari 4 halaman

Tidak Sepaham

Pengamat sepak bola Alan Shearer nampaknya tidak sepaham dengan MU dan Rashford. Dikutip dari Mirror, eks pemain Newcastle itu menilai gol Rashford harus dianulir karena terjadi offside.

“Kami berempat di kantor mengira (gol) itu akan dinyatakan offside. Pada gambar, kami melihat Edinson Cavani tampak offside. Akan sulit bagi West Ham untuk menerimanya, ketika Anda sudah bekerja dan berjuang sangat keras seperti itu,” kata Shearer dalam BBC Radio 5 Live.

Komentar serupa juga disampaikan oleh mantan gelandang Arsenal, Jack Wilshere. Melalui cuitannya di Twitter, ia menyatakan bahwa Edinson Cavani telah offside.

3 dari 4 halaman

Gol Kedua

Terlepas dari tanggapan tersebut, gol di laga MU vs West Ham menjadi angka kedua yang dicetak Rashford bagi skuad asuhan Ralf Rangnick dalam seminggu terakhir. Pemain Inggris itu juga sempat mencetak satu gol pada laga kontra Brentford, pertengahan pekan ini.

“Memenangkan pertandingan itu benar-benar perasaan terbaik dalam sepak bola. Terlepas dari siapa yang berada di lapangan, Anda harus terus melaju sampai menit terakhir. Bagi saya, ini adalah cara terbaik untuk memenangkan pertandingan,” katanya dalam situs resmi MU.

“(Kemenangan) ini jelas bagus untuk (meningkatkan) kepercayaan diri. Semoga kami dapat menggunakannya sebagai motivasi untuk terus maju dan memenangkan pertandingan-pertandingan selanjutnya,” sambung Rashford.

4 dari 4 halaman

Peringkat