Sukses

Piala AFF 2020: Park Hang-Seo Berharap Timnas Indonesia Tampil Lebih Menyerang

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Vietnam Park Hang Seo punya harapan khusus untuk skuat Garuda jelang laga penyisihan Grup B Piala AFF 2020 antara Indonesia melawan Vietnam di Stadion Bishan, Singapura, pada Rabu (15/12/2021).

Melansir situs resmi AFF Suzuki Cup 2020, pelatih asal Korea Selatan ini berharap Timnas Indonesia dapat melancarkan lebih banyak serangan ketika bersua dengan The Golden Star. Cara ini dinilai bakal menguntungkan skuadnya serta membawa mereka meraih kemenangan.

“Kami berharap mereka (Timnas Indonesia) bisa bermain menyerang, itu akan menjadi poin bagus bagi kami dalam menemukan cara untuk mengalahkan mereka,” ujar pelatih berusia 64 tahun tersebut.

Hang-seo memang gemar menyoroti lini pertahanan Indonesia pasca dua laga pertama Piala AFF kontra Kamboja dan Laos. Menurutnya, pola permainan menyerang yang ditampilkan Indonesia cukup berisiko.

Meski berhasil mengemas sembilan gol, skuad Garuda nyatanya harus rela kebobolan tiga kali dari total dua pertandingan. Kondisi tersebut berbeda dengan Vietnam yang hingga kini belum mengizinkan satu lawan pun menjebol gawangnya.

2 dari 4 halaman

Komentar Park Hang-seo

“Ketika berhadapan dengan Kamboja dan Laos, Indonesia sebagai tim yang lebih kuat, selalu tampil menyerang. (Sayangnya), banyak menyerang juga berisiko. Mereka telah mencetak sembilan gol, tetapi kebobolan tiga gol,” kata Hang-seo, seperti dikutip dari Soha.

“Saya juga mengapresiasi Laos dan Kamboja. Fakta bahwa Indonesia kebobolan ketika melawan tim level empat dan lima seperti itu, membuat saya punya penilaian sendiri terhadapnya,” sambung sang pelatih Vietnam.

3 dari 4 halaman

Mempersiapkan Diri

Shin Tae-yong nampaknya enggan ambil pusing menanggapi komentar tersebut. Pelatih berusia 52 tahun ini lebih ingin skuad Garuda mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk menghadapi laga kontra Vietnam dan Malaysia.

“Pelatih Park Hang-seo melakukan penilaian terhadap tim Indonesia, tetapi bagi saya, yang paling penting adalah bersiap untuk pertarungan yang akan datang,” ujar Shin Tae-yong, melansir Soha.

“Sekarang kami harus bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang baik di dua pertandingan melawan Vietnam dan Malaysia. Itu adalah laga yang sangat penting. Meski kami mungkin kehilangan beberapa pemain, tetapi kami masih harus berusaha.”

4 dari 4 halaman

Memberi Pujian

Di sisi lain, Park Hang-seo juga sempat melontarkan pujian bagi Timnas Indonesia. Menurutnya, skuad Garuda telah mencatatkan banyak perubahan jika dibandingkan dengan kondisi mereka ketika berhadapan dengan Vietnam pada Juni lalu.

“Kita tahu bahwa dibandingkan dengan (pertandingan kontra) Indonesia pada Juni, yang dimenangkan Vietnam, mereka memiliki banyak perubahan, termasuk dalam hal pemain,” ujar Park, mengutip media Vietnam TheThao247.

“Jangkauan aktivitas mereka lebih luas, kekuatan individu dan kebugarannya juga lebih baik. Mereka mencetak 9 gol dalam dua pertandingan pertama di Piala AFF, ini membuktikan kekuatan serangan mereka sangat bagus,” pungkasnya.

 

Penulis: Melinda Indrasari