Sukses

Newcastle United Incar Pemain Manchester City di Jendela Transfer Januari

Liputan6.com, Jakarta - Newcastle United ingin mendatangkan bek kiri Manchester City Oleksandr Zinchenko pada jendela transfer Januari mendatang. Klub ini punya modal untuk lebih aktif pada bursa transfer usai diambilalih oleh Public Investment Fund dan Reuben Brothers.

Laporan Daily Mail menyebutkan The Magpies tertarik memboyong Zinchenko dengan status pinjaman. Pemain internasional Ukraina tersebut memperkuat City sejak 2016.

Hijrah dari FC Ufa melalui kesepakatan senilai 1,7 juta poundsterling, Zinchenko sempat menjadi pemain penting bagi skuad Pep Guardiola. Ia pun telah merasakan manisnya gelar Liga Premier bersama The Citizens.

Sayangnya, Zinchenko mulai mengalami kesulitan musim ini. Melansir SportBible, kondisi tersebut diakibatkan oleh munculnya cedera yang mengganggu serta penampilan sensasional Joao Cancelo di posisi bek kiri.

Meski berkesempatan menjadi starter dalam laga kontra Paris Saint-Germain pada Kamis (25/11/2021) dini hari WIB, Zinchenko tercatat hanya bermain selama 56 menit di Liga Inggris.

2 dari 4 halaman

Pemain Serbaguna

Bos baru Newcastle United Eddie Howe diyakini sangat menginginkan Oleksandr Zinchenko yang serbaguna. Mantan pemain muda Shakhtar Donetsk ini memang sering memainkan posisi sebagai bek kiri. Akan tetapi, ia secara teratur juga bermain di lini tengah untuk negaranya.

Zinchenko mengambil peran yang sama selama 54 menit dalam pertandingan terbarunya, sebelum digantikan oleh pencetak gol City Gabriel Jesus.

3 dari 4 halaman

Enggan Melepas Zinchenko

Melansir SportBible, The Citizens nampaknya enggan melepas Zinchenko karena masih kurangnya perlindungan di posisi full back.

Pemain berusia 24 tahun ini sebelumnya pernah disebut akan meninggalkan Etihad ke Wolves dengan nilai transfer sebesar 16 juta poundsterling. Namun, Zinchenko rupanya pemain memilih memperjuangkan posisinya dan meraih kepercayaan Pep Guardiola.

“Dia pantas mendapatkan semua rasa hormat saya dan saya pikir dia akan memiliki karier yang panjang,” ungkap Guardiola tentang Zinchenko, seperti dikutip dari SportBible.

“Saya tidak tahu apakah hal itu akan terjadi di sini (di Manchester City), semoga, atau di tempat lain. Tetapi dengan perilaku ini, ia akan senang melakukan pekerjaannya,” sambung manajer asal Spanyol tersebut.

4 dari 4 halaman

Ingin Membantu Tim

Skuad Guardiola sejatinya dipenuhi oleh pemain-pemain bertalenta. Meski demikian, Daily Mail menilai sang manajer bakal tak senang melihat pemain meninggalkan skuadnya pada pertengahan musim.

Di sisi lain, Zinchenko menyebut dirinya ingin membantu tim sebanyak mungkin. Ia pun mengaku siap ditempatkan di mana pun oleh Guardiola.

“Jelas saya di sini untuk mencoba membantu tim sebanyak yang saya bisa. Saya siap bermain di mana pun manajer akan menempatkan saya,” ujar Zinchenko, dikutip dari Daily Mail.

 

Penulis: Melinda Indrasari