Sukses

Bola Ganjil: Aib di Klub Sesukses Glasgow Rangers

Liputan6.com, Jakarta - Hegemoni Glasgow Rangers di Skotlandia tidak perlu diragukan. Lemari trofi klub berbasis Ibrox ini sudah penuh dengan trofi.

Sebanyak 55 gelar liga, 33 titel Piala Skotlandia, 26 kehormatan di Piala Liga Skotlandia, plus Piala Winners pada pentas Eropa merupakan capaian The Gers.

Dengan catatan tersebut, pelatih layak senang jika mendapat tawaran melatih. Pasalnya, prestasi 'otomatis' dalam genggaman.

Nyatanya, ada saja sosok yang gagal mempersembahkan gelar. Keterpurukan tersebut pun menjadi aib besar dalam karier mereka.

Salah satu sosok yang masuk kategori itu adalah Davie White.

 

2 dari 3 halaman

Rekor Tak Diinginkan

White mendapat kepercayaan dari manajemen Rangers pada akhir 1967 untuk menggantikan Scot Symon. Dia mampu memberikan kontribusi positif meski masuk di pertengahan musim.

Rangers nyaris merebut titel Liga Skotlandia dari genggaman juara bertahan sekaligus rival sekota Celtic. Di akhir musim mereka hanya tertinggal dua poin.

White juga memimpin The Gers menuju perempat final (1968) dan semifinal (1969) Piala Fairs, serta menembus laga puncak Piala Skotlandia (1969). Sayang seluruhnya berujung kekalahan.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Akhirnya Bertambah

Manajemen akhirnya memberhentikan White pada November 1969. Keputusan ini sekaligus menjadikannya sebagai manajer pertama yang gagal mempersembahkan trofi sekaligus dipecat Rangers.

White mempertahankan rekor tidak diinginkan itu sejak Paul Le Guen menemaninya ketika dipecat setengah edisi 2006/2007.

Daftar tersebut kemudian bertambah dengan kehadiran Stuart McCall, Graeme Murty, dan Pedro Caixinha.