Sukses

Ratusan Pembalap Motocross Bertarung di Puncak Wawas Argo

Para pembalap motocross ini harus sudah divaksin minimal satu kali untuk bisa ikut balapan.

Liputan6.com, Jakarta- Kegiatan olahraga di Indonesia mulai menggeliat lagi memasuki Oktober 2021. Tak hanya Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2021, kegiatan olahraga lain juga berlangsung di beberapa tempat. Salah satunya balapan Motocross di Puncak Wawas Argo

Bermula dari hadirnya Kawasan wisata Trail Adventure Wawas Argo, lantas lahirlah event bertajuk Ubar Hard Enduro Wawas Argo Motocross yang diadakan Minggu, 10 oktober 2021. Ini menjadi ajang para rider berlomba menguji performa motor untuk menjadi yang tercepat dalam melintasi trek yang didominasi bukit terjal dan bebatuan hidup. 

Perlombaan yang diprakarsai oleh Agus Karminto ini mempertandingkan 8 kategori dan diikuti oleh puluhan crosser nasional dan ratusan crosser lokal. Jika ditotal keseluruhan peserta mencapai lebih dari 300 pembalap. 

Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, para pembalap yang terlibat harus melalui seleksi yang ketat sesuai prokes dari pemerintah yaitu pemeriksaan sertifikat vaksin dan swab antigen menggunakan aplikasi PeduliLindungi.  Peserta yang mendaftar minimal telah melaksanakan Vaksin 1 kali dan menunjukkan hasil Negatif Swab Antigen. 

Lintasan menanjak di kawasan Cibodas, Jonggol, Bogor, Jawa Barat, menjadi saksi betapa meriahnya event yang berangkat dari niat pribadi tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Antusiasme

“Untuk penyelenggaraan motocross enduro wawas argo, Bogor, adalah bentuk dari niat saya sebagai panitia penyelenggara yang nantinya dapat menjaring crosser crosser muda lokal berbakat yang diharapkan nantinya dapat meningkatkan kemampuannya untuk menjadi crosser nasional hingga internasional,” ujar Agus dalam keterangan tertulis, Senin (11/10/2021).

Siapa sangka dari sekadar niat sederhana, Enduro Wawas Argo Motocross bisa menjaring lebih dari 300 peserta. Salah satu dari daya tarik kejuaraan ini adanya 17 crosser putri yang turut meramaikan kelas FFA putri dengan performance yang tidak kalah enerjik dengan para crosser pria 

“Jujur saya kaget dengan antusisasme para crosser dalam kegiatan ini, karena awalnya saya hanya perkirakan 200 peserta. Hal itu karena Saya menyadari saat ini masih dalam kondisi ppkm level 3 disini. tapi nyatanya disini peserta sangat banyak sekitar 300 yang kami terima, dan sebenarnya permintaan yang masuk sekitar 500 an,” ujar Agus.

3 dari 3 halaman

Agenda Seri Nasional

Agus Karminto juga melihat potensi trek begitu besar untuk bisa masuk dalam agenda seri nasional kejuaraan motocross yang digarap IMI jika dipoles sedikit lagi. 

“ Melihat antusiasme masyarakat yang sangat tinggi untuk mengikuti kejuaraan motocross Enduro ini, rencananya kegiatan ini akan saya agendakan minimal 1 tahun sekali, namun saya juga ingin mendapat dukungan sepenuhnya dari Pemda yang mempunyai wilayah, juga aparat keamanan (babinsa, koramil, dan polsek) dan saya saat ini juga sedang koordinasi untuk menggandeng Ikatan Motor Indonesia (IMI), dengan harapan agar kegiatan Motocross Enduro ini dapat menjadi agenda nasional dibawah naungan IMI, ” imbuhnya.

Sebelum memulai acara Ubar Hard Enduro Wawas Argo Motocross, Kadislitbang Laksamana Pertama TNI Agus Karminto, S.E. beserta jajaran TNI AL terlebih dulu menggelar kegiatan bakti sosial dengan membagikan tali asih dan sembako kepada warga sekitar sebagai rangkaian kegiatan TNI AL dalam memperingati HUT TNI ke-76.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.