Sukses

Terjadi Lagi, Pelecehan Rasial di Laga Pemanasan Olimpiade Tokyo 2021 Jerman vs Honduras

Kembali terjadi kasus pelecehan rasial terhadap bek tim Olimpiade Jerman di laga pemanasan.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Olimpiade Tokyo 2021 Jerman cabang olahraga sepak bola meninggalkan lapangan lima menit sebelum laga selesai pada pertandingan pemanasan melawan Honduras. Keputusan diambil karena diduga terjadi karena pelecehan rasialisme pada bek Jordan Torunarigha.

Cabang olahraga sepak bola di Olimpiade Tokyo dijadwalkan berlangsung lebih cepat, yakni pada 21 Juli. Tim Jerman melakukan pertandingan pemanasan untuk persiapan jelang laga vs Brasil.

Pertandingan yang dimainkan secara tertutup di Wakayama berlangsung imbang 1-1 sebelum terjadi peristiwa tidak diinginkan, yang menurut anggota tim Honduras terjadi karena kesalahpahaman antar pemain.

"Pertandingan berakhir 5 menit lebih awal dari waktu notmal dengan skor 1-1, para pemain meninggalkan lapangan setelah Torunarigha dilecehkan secara rasial," dari cuitan di akun Twitter Timnas Jerman.

Saksikan Video Olimpiade Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata Pelatih dan Pemain

"Ketika salah satu pemain kami dilecehkan secara rasial, melanjutkan permainan bukanlah sebuah pilihan," ungkap pelatih tim Olimpiade Jerman, Stefam Kuntz.

"Sulit untuk menerimanya, dia sangat kesal karena dia mengatakan berulangkali dilecehkan secara rasial. Bagi kami jelas, ini melanggar nilai-nilai, kami tidak bisa mentolerirnya. Kami sepenuhnya melindungi pemain. Setelah situasi sedikit tenang, seluruh tim Honduras mendatangi bangku cadangan dan meminta maaf. Itu adalah akhir dari masalah kami."

Kapten Jerman Maximilian Arnlod mengatakan bahwa tim bisa saja membawa masalah ini lebih lanjut. Tapi tim memutuskan tidak melakukan itu. "Kami membuat pernyataan yang benar, kami membuat keputusan yang tepat dan bertindak dengan benar," katanya dilansir dari The Guardian.

"Itu juga keinginan Jordan. Dia mengatakan bahwa kita harus berhenti saja." tambahnya.

3 dari 3 halaman

Jerman Meninggalkan Lapangan

Honduras sempat memimpin menit ke-21 melalui Douglas Martinez. Lalu Felix Uduokhai menyamakan kedudukan untuk Jerman pada menit ke-84. Tidak lama kemudian Timnas Jerman meninggalkan lapangan.

Pertandingan tersebut merupakan laga persahabatan jelang Olimpiade Tokyo 2021. Selain Brasil, Jerman bersaing dengan Arab Saudi dan Pantai Gading di Grup D. Sedangkan Honduras berada di Grup B bersama Selandia Baru, Korea Selatan, dan Rumania.

 

Penulis: Ali Muhammad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.