Sukses

Persib Bandung Beri Respons Positif tentang Izin Liga 1 2021

Kabar ini membut Persib lebih percaya diri dalam merancang program latihan.

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung memberi respons positif tentang akan dikeluarkannya izin Liga 1 dan Liga 2 2021 oleh Mabes Polri. Kabar ini membuat Persib lebih percaya diri dalam merancang program latihan.

"Itu kabar yang sangat bagus dan itu kabar yang sudah kami nantikan lebih dari satu tahun. Dari informasi yang kami terima, Liga 1 akan dimulai pekan pertama Juli," kata pelatih Persib Robert Rene Alberts, Selasa (25/5/2021).

Mengenai jadwal dan format kompetisi, Robert mengaku masih menunggu informasi yang valid. Jadwal kompetisi sendiri juga akan menunggu hasil Kongres PSSI pada Sabtu (29/5/2021).

"Maka dari itu rencana yang kami siapkan adalah enam pekan sehingga tim sudah siap untuk bertanding pada pekan pertama Juli," ucapnya.

Sebelumnya, Polri memastikan perizinan kompetisi elite Indonesia itu bakal terbit pada pekan ini atau paling lambat 27 Mei 2021.

Kepastian itu didapat setelah Menteri Pemuda dan Olahraga melakukan rapat koordinasi dengan PSSI, Polri, dan BNPB di Jakarta, Senin (24/5/2021). Dalam rapat tersebut disepakati perizinan Liga 1 dan Liga 2 selangkah lagi bakal rampung.

Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Pol Imam Sugianto, menyebut perizinan Liga 1 dan Liga 2 saat ini masih dalam tahap proses finalisasi. Pihaknya menunggu beberapa surat rekomendasi dari wilayah-wilayah yang bakal menggelar kompetisi.

"Perizinan sekarang sedang diproses karena kami sudah mengajukan permohonan penyelenggaraan kegiatan Liga 1 dan Liga 2 sebelum masuk bulan puasa kemarin. Kita berdoa mudah-mudahan paling lambat tanggal 27 (Mei) surat izin keramaian penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2 sudah bisa kami buatkan," kata Imam Sugianto dalam konferensi pers virtual.

Saksikan Video Persib Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tunggu Hasil Kongres Tahunan PSSI

Robert juga menyambut akan dilangsungkannya Kongres PSSI pada 29 Mei nanti. Menurutnya, Kongres tahunan itu dapat memberikan kesempatan kepada para sponsor untuk terlibat dan bekerja sama dengan pihak terkait agar Liga 1 dapat terlaksana.

Selain itu, Kongres PSSI juga dinilai akan menjadi angin segar bagi para pecinta sepak bola di Indonesia demi kepastian Liga 1 2021.

"Yang saya harapkan adalah kami punya kesempatan untuk membawa sepak bola Indonesia untuk hidup kembali. Kami punya kesempatan untuk menstimulasi liga lagi dan membuat penonton menyaksikan pertandingan sepak bola yang sebenarnya lagi. Meski semua itu cuma bisa dilakukan dari jauh dan kami harus menerimanya," kata Robert.

3 dari 3 halaman

Perubahan Regulasi

Robert juga berharap soal wacana adanya perubahan regulasi Liga 1, yang kini sedang berembus kencang tidak direalisasikan di tahun ini. Menurutnya, wacana itu dapat mengganggu format Liga 1 yang sudah ada.

"Saya harap kongres ini bisa menjadi inspirasi bagi sepak bola Indonesia demi masa depan yang cerah. Dan juga termasuk format liga yang akan diterapkan," ujar pelatih berkebangsaan Belanda itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.