Sukses

5 Fakta Kekalahan Barcelona Lawan Athletic Bilbao : Mirisnya Kartu Merah Messi

Liputan6.com, Jakarta Barcelona gagal meraih trofi pertama usai kalah 2-3 dari Athletic Bilbao pada final Piala Super Spanyol yang berlangsung di Olimpic de Sevilla, Senin (18/1/2021) dini hari WIB. Tiga gol Bilbao yang dicetak De Marcos, Asier Villaibre dan Inaki Williams kubur asa Barca.

Barcelona difavoritkan di laga final Piala Super Spanyol. Namun Bilbao yang bermodal kalahkan Real Madrid 2-1 tampil lebih percaya diri.

Tertinggal dua kali oleh Barcelona lewat dua gol Antoine Griezmann, Bilbao tak pernah mau menyerah. Bahkan memaksa Barcelona untuk main hingga perpanjangan waktu.

Kegagalan ini juga diwarnai kartu merah Lionel Messi. Pemain berjulukan La Pulga ini tak biasanya tampak frustrasi di Piala Super Spanyol.

Keberhasilan Bilbao dan kartu merah Lionel Messi menjadi fakta menarik yang bisa dikupas. Apa saja yang menarik dari keberhasilan Bilbao kalahkan Barcelona di final Piala Super Spanyol?

 

2 dari 4 halaman

Fakta Menarik

 

1. Athletic Bilbao sudah menorehkan gelar juara Piala Super Spanyol ketiga dalam sejarah mereka (1984,2015 dan 2021). Ini menyamai rekor Deportivo La Coruna sebagai klub ketiga paling banya mengoleksi Piala Super Spanyol.

2. Pelatih Bilbao, Marcelino Garcia Toral menjadi manajer pertama dalam sejarah yang pernah mengalahkan Barcelona dua kali beruntun di final.

Pertama dia melakukannya di final Piala Raja pada 2019 saat masih bersama Valencia. Kedua bersama Bilbao di Piala Super Spanyol 2021.

3. Messi untuk pertama kali setelah 753 pertandingan di seluruh kompetisi mendapatkan kartu merah langsung.

 

3 dari 4 halaman

Fakta Menarik Lainnya

 

4. Inaki Williams menjadi satu satunya pemain yang mencetak gol dan assist melawan Barcelona di seluruh kompetisi

5. Antoine Griezmann berhasil mencetak 5 gol dalam empat final terakhir di seluruh kompetisi bersama klub dan tim nasional. Dua untuk Atletico Madrid lawan Marseille di Liga Europa, satu untuk Prancis di Piala Dunia 2018 dan dua melawan Athletic Bilbao di Piala Super Spanyol 2021.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Barcelona di Bawah Ini: