Sukses

Timnas U-19 Pulang dari Spanyol Lebih Cepat, Ini Alasannya

Timnas Indonesia U-19 menyelesaikan pemusatan latihan (TC) di Spanyol lebih cepat.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 menyelesaikan pemusatan latihan (TC) di Spanyol lebih cepat. Garuda Nusantara kembali ke Tanah Air dari Spanyol pada Rabu (13/1/2021).

Pasukan Shin Tae-yong dijadwalkan tiba di Jakarta Kamis (14/1/2021). Awalnya timnas U-19 dijadwalkan berada di Negeri Matador hingga 31 Januari 2021.

Keputusan ini diambil usai PSSI berkomunikasi dengan Shin Tae-yong dan Direktur Teknik Indra Sjafri.

"Kami akhirnya memulangkan timnas U-19 lebih cepat. Hal ini karena timnas U-19 tidak dapat menjalani pertandingan uji coba yang sudah direncanakan," kata Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi.

David Maulana dan kawan-kawan belum menjalani uji coba melawan tim lokal karena jumlah kasus Covid-19 di Spanyol masih tinggi. Alhasil selama ini timnas U-19 hanya melakukan latihan di lapangan, gym, dan internal game.

Saksikan Video Timnas U-19 Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Dapat Izin

Di Spanyol, timnas Arab Saudi berada di hotel dan tempat latihan yang sama dengan Indonesia. Namun, mereka juga tidak dapat melakoni uji coba, termasuk melawan timnas U-19.

"Semua uji coba tidak bisa dilaksanakan karena pemerintah setempat tidak mengeluarkan izin. Pandemi Covid-19 di Spanyol masih tinggi. Kami menghormati keputusan pemerintah setempat dan tidak bisa memaksakan berlama-lama di Spanyol," kata Yunus Nusi.

"PSSI juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Luar Negeri Indonesia yang sudah membantu kami agar TC di Spanyol terwujud," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Perkembangan Pemain

Meski belum bertanding, PSSI mengapresiasi semangat dan perjuangan pemain selama menjalani TC di Spanyol. Kesempatan ini diharapkan dapat menjadi pengalaman penting untuk meningkatkan kemampuan pemain.

"Memasuki pekan ketiga TC Spanyol, saya mendapat update pemain terus berkembang, disiplin, dan bekerja keras. Tentu ini hal yang sangat baik dan menjadi bekal bagi mereka untuk menjadi pemain profesional nantinya dan generasi penerus timnas U-23 atau senior," tukas Yunus.

4 dari 4 halaman

Jaga Mental

Yunus menegaskan, PSSI mengirim timnas U-19 ke Spanyol untuk menjaga mental. PSSI tetap berkomitmen terhadap timnas U-19 meski gagal tampil di Piala Dunia U-20 2021 yang dibatalkan.

Pasalnya, anggota skuat Garuda Nusantara akan menjadi pemain timnas tingkatan usia berikutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.