Sukses

3 Catatan Unik Joan Mir Jika Jadi Juara Dunia MotoGP 2020

Liputan6.com, Jakarta- Pembalap Suzuki Joan Mir diambang menjadi juara dunia MotoGP 2020. Mir kini memimpin klasemen pembalap dengan keunggulan 37 poin dibandingkan rival terdekat.

MotoGP 2020 sendiri tinggal tersisa dua balapan lagi. Oleh karena itu, Mir praktis cuma butuh 14 poin saja untuk menjadi juara dunia musim ini.

Pesaing terdekat Mir adalah rekan setimnya di Suzuki Alex Rins dan pembalap Yamaha Fabio Quartararo. Keduanya masih belum menyerah dana akan berusaha meski sudah sangat berat.

Mir bisa memimpin klasemen pembalap karena tampil sangat konsisten sepanjang MotoGP 2020. Mir baru satu kali memenangi balapan. Pria Spanyol itu juga baru menang di balapan terakhir, MotoGP Eropa 2020.

Banyak catatan menarik yang akan ditorehkan oleh Mir jika sukses menjadi juara dunia MotoGP 2020. Apa saja? Simak di halaman berikutnya:

 

 

 

2 dari 5 halaman

Akhiri Puasa Suzuki

Mir akan membawa Suzuki mengakhiri puasa gelar juara dunia MotoGP selama 20 tahun. Terakhir kali Suzuki juara dunia MotoGP tahun 2000 bersama Kenny Robert Jr.

Pada tahun 2000, Kenny Robert Jr harus bersaing ketat dengan Valentino Rossi. Dia menjadi juara dunia dengan empat kemenangan dan sembilan kali podium.

3 dari 5 halaman

Akhiri Dominasi Marquez

Mir juga akan mengakhiri dominasi Marc Marquez sebagai juara dunia MotoGP. Dalam empat musim terakhir, Marquez selalu yang menjadi juara dunia.

Di MotoGP 2020, Marquez tak bisa ikut persaingan menjadi juara dunia. Pria Spanyol itu cum turun di balapan pembuka sebelum absen karena harus naik meja operasi. Sejak cedera di seri pertama, Marquez belum juga turun balapan lagi di MotoGP 2020.

4 dari 5 halaman

Teruskan Dominasi Spanyol

Jika Mir akhirnya yang jadi juara dunia MotoGP 2020 maka dalam sembilan musim beruntun gelar juara dunia direbut pembalap asal Spanyol.

Marquez enam kali jadi juara dunia MotoGP, sedangkan dua gelar lainnya direbut oleh Jorge Lorenzo. Terakhir kali juara dunia MotoGP bukan berasal dari Spanyol terjadi tahun 2011 saat Casey Stoner asal Australia berjaya.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini