Sukses

Nasib Donny van de Beek di MU Berakhir Seperti Mkhitaryan dan Herrera?

Liputan6.com, Manchester - Pemain anyar Manchester United (MU) Donny van de Beek terus menghiasi bangku cadangan sejak dibeli musim panas lalu. Ia hanya dua kali menjadi pilihan utama dan sisanya memulai dari pinggir lapangan.

Bahkan, pemain berusia 23 tahun itu sempat tertangkap kamera dengan memasang muka murung ketika MU menjamu Chelsea, Sabtu (24/10/2020) lalu. 

Manajer MU Ole Gunnar Solskjaer menegaskan punya rencana terhadap pemain asal Belanda itu. Ia mengatakan van de Beek bakal memiliki porsinya tersendiri di Old Trafford.

Tapi, situasi yang dialami van de Beek saat ini mengingatkan penggemar MU terhadap nasib Henrikh Mkhitaryan dan Ander Herrera. Mereka berdua kerap memulai permainan dari bangku cadangan.

“Semakin dia tidak menjadi starter, semakin banyak orang yang berpikir untuk apa pemain senilai 40 juta poundsterling itu berada di Old Trafford,” ujar legenda MU Gary Neville seperti dilansir Manchester Evening News.

2 dari 5 halaman

Tidak Dibutuhkan

Mantan bek kiri MU Patrice Evra melontarkan pernyataan yang cukup sensitif kepada gelandang anyar MU itu. Ia merasa van de Beek sebenarnya tidak dibutuhkan oleh Setan Merah dan jadi pembelian yang sia-sia.

“Kita sedang membicarakan Van de Beek, tidak ada yang menentang anak itu, tapi mengapa kita membelinya? Dia menonton pertandingan dari tribun setiap pertandingan. Kami tidak membutuhkannya, itulah kebenarannya,” paparnya.

3 dari 5 halaman

Adaptasi

Sebagai pemain anyar yang berasal dari Eredivisie tentu membutuhkan waktu adaptasi lebih di Inggris. Tidak semua pemain dari luar Liga Inggris bisa langsung menyesuaikan ritme permainan di liga terpopuler itu.

Solskjaer tampaknya masih memberikan waktu kepada van de Beek untuk melihat lingkungan sekitar dan terbiasa dengan sepak bola Inggris. Patut ditunggu bagaimana kiprah pemain potensial itu di MU.

4 dari 5 halaman

Gagal

Apabila hingga akhir musim nanti van de Beek terus menghiasi bangku cadangan, pemain anyar itu bisa masuk ke dalam kategori pembelian gagal. Pasalnya, 40 juta poundsterling bukanlah harga yang murah di tengah situasi sulit seperti sekarang.

Tapi, terlalu dini untuk menyimpulkan kegagalan seorang pemain dari tujuh laga yang sudah dilakoni Setan Merah. Van de Beek masih memiliki banyak waktu untuk menunjukkan performa terbaiknya.

 

Penulis

Dzaky Nurcahyo

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini