Sukses

3 Pegulat Muslim Calon Penerus Khabib Nurmagomedov

Berikut tiga pegulat muslim yang dinilai bisa jadi penerus Khabib Nurmagomedov.

Liputan6.com, Jakarta- Pegulat Khabib Nurmagomedov membuat keputusan mengejutkan pada Minggu (25/10/2020) dinihari WIB. Pria asal Rusia itu memutuskan pensiun dari UFC yang telah membesarkan namanya.

Khabib pensiun di usia yang terbilang masih muda, 32 tahun. Dia memutuskan berhenti usai pertarungan UFC 254. Khabib Nurmagomedov mengalahkan Justin Gaethje di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Kematian sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov, menjadi penyebabnya. Untuk pertama kalinya Khabib harus bertarung di UFC tanpa didampingi Abdulmanap yang wafat Juli lalu.

"Hari ini saya mengatakan, ini pertarungan terakhir saya. Tak mungkin saya bisa datang ke pertarungan tanya ayah saya," ujar Khabib usai pertarungan.

"Setelah ayah saya meninggal, ibu saya bilang untuk tidak bertarung lagi. Saya berjanji kepadanya, bahwa ini akan menjadi pertandingan terakhir. Ketika saya sudah berjanji, saya harus menepatinya," lanjutnya.

Khabib memiliki rekor fantastis di UFC. Dia memenangi 29 kali pertarungan dan tak pernah kalah. Selain kehebatannya dalam bertarung di UFC, Khabib juga dikagumi karena sangat taat menjalankan agama Islam yang dianutnya.

Meski Khabib pensiun dari UFC, masih banyak pegulat Muslim lain yang siap mengikuti jejaknya bersinar di dunia gulat Amerika Serikat.

Pelatih Khabib Nurmagomedov, Javier Mendez memperkirakan akan ada tiga pegulat Muslim yang siap menjadi penerus anak asuhnya di masa depan. Siapa saja mereka? Simak di halaman berikutnya:

Saksikan Video Menarik Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Islam Makhachev

Islam Makhachev merupakan atlet UFC kelas ringan. Islam memiliki karier yang cukup menawan di UFC. Dia meraih 18 kemenangan dan baru satu kali kalah.

Dari 18 kemenangan di UFC itu, Islam Makhachev meraihnya lewat tiga KO, tujuh kuncian dan delapan keputusan. Saat ini Islam Makhachev berusia 29 tahun.

Islam Makhachev meraih enam kemenangan beruntun. Dia seharusnya juga berlaga di UFC 254, namun terpaksa ditunda karena sang lawan Rafael dos Anjos positif Covid-19.

3 dari 4 halaman

Umar Nurmagomedov

Umar Nurmagomedov merupakan petarung yang baru bergabung dengan UFC belum lama ini. Dia berlaga di kelas bulu.

Umar tak lain adalah sepupu dari Khabib Nurmagomedov. Usianya masih sangat muda, 24 tahun.

"Umar, sepupunya, pria lain yang tak terkalahkan. Harapannya Usman menjadi Luke Rockhold-nya Dagestan karena pria itu memiliki semuanya," kata Javier seperti dikutip dari Insider.

4 dari 4 halaman

Usman Nurmagomedov

Satu lagi sepupu Khabib yang siap menghebohkan jagat gulat adalah Usman Nurmagomedov. Saat ini Usmanb mengambil jalan yang sedikit berbeda dengan bergabung bersama ajang Bellator MMA.

Usman sangat berjaya di Bellator MMA. Dia meraih 11 kemenangan (tujuh KO, tiga kuncian dan satu keputusan.

Bukan tidak mungkin Usman akan menyeberang dan ikut bergabung bersama UFC di masa depan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.