Sukses

Home Base Berubah, Laga Pembuka Lanjutan Shopee Liga 1 2020 Bukan PSS Sleman Vs Persebaya

Liputan6.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengubah laga pembuka lanjutan Shopee Liga 1 2020. Perubahan dilakukan karena banyaknya saran dan masukan dari klub terkait jalannya kompetisi.

Sebelumnya, pertandingan pembuka lanjutan Shopee Liga 1 akan mempertemukan PSS Sleman melawan Persebaya Surabaya di Stadion Maguwoharjo, 1 Oktober 2020. Namun, jadwal ini batal empat hari jelang bergulirnya liga.

"Setelah menyimak beberapa perkembangan, PT LIB memutuskan untuk mengubah jadwal pertandingan pembuka menjadi PSS Sleman melawan Persik Kediri,” tulis pernyataan Media Officer PT LIB, Sabtu (26/9/2020).

Lebih lanjut, PT LIB mengaku memutuskan hal ini setelah melalui banyak pertimbangan. Salah satunya jadwal yang padat dan perubahan home base beberapa klub Shopee Liga 1.

"Dengan berubahnya home base beberapa klub, maka akan berpengaruh terhadap pertandingan pertama dan selanjutnya. Oleh karena itu, PT LIB memutuskan dengan matang terkait perubahan jadwal ini," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita.

2 dari 5 halaman

Tukar Jadwal

Direktur Operasional PT LIB Sudjarmo mengatakan perubahan laga pembuka akan berdampak pada jadwal liga yang sudah disusun beberapa pekan lalu. Oleh karena itu, PT LIB akan menukar jadwal pertandingan untuk menyesuaikan kebutuhan yang ada.

"Jadi semua jadwal pada pekan yang sama akan kami tukar. Jadwal pertandingan pada pekan kedelapan ditukar dengan pekan keempat. PSS kontra Persik yang harusnya bertemu pada 22 Oktober, kami majukan ke 1 Oktober. Begitu juga dengan pertandingan-pertandingan yang lain," paparnya.

Sudjarmo mengaku telah mengomunikasikan hal ini kepada seluruh peserta kompetisi. Ia juga telah mengirim perubahan jadwal liga yang disampaikan secara resmi melalui surat bernomor 379/LIB-KOM/IX/2020.

3 dari 5 halaman

Tidak Masalah

Sementara itu, baik PSS maupun Persik dikabarkan tidak memiliki masalah terkait perubahan jadwal ini. Kedua tim tersebut diketahui sudah mempersiapkan diri dengan matang dan bersiap untuk menatap lanjutan liga.

PSS ataupun Persik sudah melakukan pemusatan latihan dan menggelar beberapa latihan khusus dalam sebulan terakhir. Bahkan, Persik sudah melakoni laga uji coba dan berhasil menggilas Martapura FC 3-0 tanpa balas.

4 dari 5 halaman

Perubahan Home Base

1. Madura United – Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan

2. Persipura Jayapura – Stadion Kanjuruhan, Malang

3. Bhayangkara FC – Stadion Kelapa Dua Sport Centre, Tangerang

4. Persebaya – Belum menentukan home base

 

Penulis

Dzaky Nurcahyo

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

5 dari 5 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini