Sukses

Kasus Luis Suarez Mencontek saat Ujian Bahasa Italia Diselidiki FIGC

Kantor Kejaksaan FIGC telah membuka penyelidikan atas kasus ujian mendapatkan paspor Italia yang dilakukan Luis Suarez di Perugia.

Liputan6.com, Perugia - Luis Suarez terbang ke Perugia pada pekan lalu untuk mendapatkan kewarganegaraan Italia. Paspor Italia diperlukan Suarez untuk menandatangani kontrak dengan Juventus sebagai pemain Uni Eropa.

Namun, ujian bahasa Italia yang dilakukan Luis Suarez menimbulkan beberapa kecurigaan. La Repubblica mengklaim Guardia di Finanza (lembaga penegak hukum Italia di bawah kewenangan Menteri Ekonomi dan Keuangan) menemukan penyimpangan.

Kolonel Selvaggio Sarri yang menyelidiki kasus ini kepada Radio Punto Nuovo mengatakan Suarez dianugerahi diploma untuk tingkat menengahatas ujian bahasa Italia di Universitas Perugia. Tetapi, Sarri menemukan bahwa semuanya telah ditentukan sebelumnya.

ANSA melaporkan Kantor Kejaksaan FIGC telah membuka penyelidikan atas kasus ujian tes bahasa Italia Luis Suarez. Kepala Kantor Kejaksaan FIGC Giuseppe Chine juga sudah meminta dokumen penyelidikan dari pengadilan Perugia.

 

Saksikan Video Luis Suarez di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dapat Bocoran

Suarez dituding sudah mendapatkan bocoran dan tahu apa yang harus diucapkannya. Dia dituding melakukan pelanggaran karena ideologi palsu di dokumen publik.

"Saat dilakukan investigasi, keganjilan muncul di hasil ujian yang diambil Luis Suarez untuk mendapatkan paspor Italia," bunyi pernyataan otoritas di Italia.

"Dari penyelidikan diketahui, ada beberapa topik di ujian yang sudah disetujui lebih dahulu. Skor juga sudah didapatkan sebelum ujian dimulai. Kandidat pemegang paspor juga hanya bisa sedikit bahasa Italia."

 

 

3 dari 4 halaman

Presiden FIGC

Presiden FIGC Gabriele Gravina mengomentari kasus Suarez. "Saya pikir kami melebih-lebihkan. Dia tiba di Italia untuk menyelesaikan studinya," katanya kepada Sky Sport Italia.

"Biarkan Jaksa Federal bekerja, jika ada asumsi yang kuat, saya pikir kita harus memiliki kepercayaan pada pengadilan olahraga kita."

 

 

4 dari 4 halaman

Batal ke Juventus

Terkait kepindahannya ke Juventus, Suarez dipastikan batal bergabung. Direktur Olahraga Juventus Fabio Paratici telah mengkonfirmasi hal ini.

Suarez justru santer diberitakan bakal bergabung dengan Atletico Madrid. Dia meninggalkan Camp Nou karena tidak masuk dalam rencana pelatih baru Barcelona, Ronald Koeman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.