Sukses

Lanjutan Shopee Liga 1 Tanpa Penonton, SCM Siapkan Terobosan Baru yang Menghibur

SCM melalui Indosiar, O Channel, dan Vidio akan menayangkan seluruh pertandingan lanjutan Shopee Liga 1 musim ini.

Liputan6.com, Jakarta Setelah sempat terhenti sejak Maret lalu akibat pandemi virus Corona COVID-19, Liga 1 musim ini kembali akan dilanjutkan mulai 1 Oktober 2020. Bertajuk Extraordinary Shopee Liga 1, kompetisi kasta tertinggi sepak bola di Indonesia ini bakal menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Guna mencegah munculnya klaster baru, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi melarang penonton hadir di stadion. Regulasi ini berlaku di seluruh laga Liga 1 yang akan berakhir pada 28 Februari 2021.

Menghadapi kondisi ini, Harsiwi Achmad selaku direktur programming Surya Citra Media (SCM), mengaku sudah menyiapkan terobosan untuk menghibur penonton. Salah satunya dengan proses editing live yang memungkinkan penonton merasakan amoster laga sesungguhnya.

"Dalam situasi seperti ini kami jadi belajar membuat tayangan yang lebih menarik saat laga berlangsung tanpa penonton. Kejadian ini juga kan pernah kami alami saat kondisi normal di mana ada laga harus digelar tanpa penonton karena sesuatu hal," kata Harsiwi lewat teleconference jumpa pers peluncuran Extraordinary Shopee Liga 1, Jumat (11/9/2020).

"Saat itu tayangannya tidak menarik, tapi kini kami belajar untuk membuat seluruh laga Shopee Liga 1 menarik untuk ditonton. Kami sudah belajar untuk melakukannya," beber Harsiwi menambahkan.

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manuver SCM

Menurut Harsiwi, pihaknya tengah mempersiapkan materi dari 18 klub yang nantinya akan di-insert saat pertandingan ditayangkan secara live. Materi seperti audio tepuk tangan hingga yel-yel penonton sedang dikumpulkan untuk menghadirkan suasana pertandingan sesungguhnya kepada para penonton.

"Selain itu, kami juga sudah diskusi GTS agar lebih mengeksplorasi suasana pertandingan di lapangan seperti suasana di bench pemain, kegiatan pemain cadangan, selebrasi pencetak gol, yang semuanya diharapkan bisa membuat tayangan bertambah menarik," kata Harsiwi.

Sementara itu, lanjutan Liga 1 musim ini dijadwalkan bakal berlangsung dari 1 Oktober hingga 28 Februari 2021 mendatang. Menurut Harsiwi, Indosiar sebagai stasiun televisi di bawah SCM dan EMTEK, akan menyiarkan 176 pertandingan pada jadwal prime time. Sementara O Channel kebagian 41 pertandingan. Pertandingan-pertandingan Liga 1 juga bisa disaksikan lewat Live Streaming di Vidio.

(Baca berita Lanjutan Shopee Liga 1 Bakal Tayang Eksklusif di Indosiar, O Channel, dan Vidio di sini)

 

3 dari 3 halaman

Jalankan Protokol Kesehatan

Harsiwi juga menambahkan, pihaknya juga akan menjalankan protokol kesehatan selama mengemas program lanjutan Liga 1. Jumlah kru yang bertugas akan dibatasi dan wajib menggenakan masker dan merenapkan social distancing selama menjalankan tugas.

Selain itu, rapid test juga akan dilakukan bagi seluruh kru yang bertugas, termasuk host yang akan memandu jalannya pertandingan.

"Kami juga akan terus mensosialisasikan pertandingan tanpa penonton yang menjadi bagian dari protokol kesehatan selama pandemi virus Corona COVID-19."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.