Sukses

Ikatan Bela Diri Amatir MMA Resmi Jadi Anggota KONI

Liputan6.com, Jakarta Ikatan Bela Diri Amatir Mix Martial Art (IBA-MMA) resmi menjadi angota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Keputusan ini diambil lewat rapat kerja nasional (rakernas) KONI secara virtual di Jakarta, 25-27 Agustus 2020.

Selain IBA MMA yang menaungi bela diri amatir, ada juga tujuh cabang olah raga lain, per 27 Agustus 2020 IBA-MMA secara penuh mempunyai hak dan kewajiban sebagai anggota KONI sama dengan anggota yang lain.

Dalam sambutannya, Ketua Umum KONI Letjen TNI (Purn) Marciano Norman berharap pembinaan atlet dari cabang olah raga IBA-MMA dan tujuh cabang lainnya bisa lebih terarah dan lebih berorientasi. Anggota KONI baru diharapkan bisa berorientasi pada hasil dan prestasi yang lebih baik dibanding sebelum menjadi anggota KONI.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum IBA-MMA Marsma TNI (Purn) Dwi Badarmanto menyambut baik dengan bergabungnya IBA MMA sebagai Anggota KONI yang baru.

"Hari ini merupakan momentum yang sangat membahagiakan bagi seluruh keluarga besar IBA-MMA, karena perjuangan panjang dan doa kami akhirnya membuahkan hasil seperti yang kami harapkan. Atas nama pengurus dan atlet serta keluarga besar IBA-MMA, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Ketua Umum dan seluruh pimpinan KONI Pusat yang telah mengabulkan permohonan kami untuk menjadi anggota KONI," ujarnya seperti rilis yang diterima Liputan6.com.

 

2 dari 3 halaman

Peran KOBI

Dwi Badarmanto juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum Komite Olah Raga Beladiri Indonesia (KOBI) A Ardiansyah Bakrie yang telah mendukung sepenuhnya proses pencalonan IBA-MMA menjadi anggota KONI.

"Selanjutnya kami akan menjalin kerja sama berkesinambungan dan terarah dengan KOBI dalam pencarian dan pembinaan atlet beladiri pertarungan bebas ini," kata Dwi.

Setelah diterima secara resmi menjadi anggota KONI, langkah awal yang dilakukan Dwi adalah konsolidasi kepengurusan Pengurus Pusat dan Daerah IBA-MMA.

"Setelah itu kami akan melakukan road show ke Pengurus Provinsi (Pengprov) IBA-MMA untuk memberikan pengarahan dan sekaligus menampung masukan dari daerah untuk menajamkan program kerja PP IBA-MMA," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Disambut Gembira

 

Atas diterimanya IBA-MMA menjadi anggota KONI, atlet andalan IBA-MMA Antonius Muyak menyambut gembira keputusan ini.

"Saya bersujud syukur mendengar kabar yang membahagiakan ini. Karena kami sudah menunggu kabar baik ini bertahun-tahun, dan diterimanya IBA-MMA menjadi anggota KONI, membuat saya dan teman-teman sesama atlet beladiri pertarungan bebas ini semakin semangat berlatih dan termotivasi untuk berprestasi maksimal," kata Antonius Muyak.