Sukses

Ketatnya Protokol Kesehatan Perempat Final Liga Champions: Sampai Tidur pun Diatur UEFA

Liputan6.com, Jakarta Babak perempat final Liga Champions Eropa bakal berlangsung mulai dini hari nanti. Delapan tim yang tersisa akan saling bunuh untuk memperebutkan tiket menuju semifinal kompetisi antarklub Eropa itu. 

Menyusul pandemi virus Corona Covid-19 yang melanda dunia, UEFA telah mengubah format kompetisi Liga Champions 2019/2020 agar menghemat waktu di mana setiap tim tersisa hanya akan bertarung sekali hingga ke final. Seluruh pertarungan bakal digelar di tempat netral, yakni kota Lisbon, Portugal dan disiarkan langsung oleh stasiun televisi SCVT dan live streaming di Vidio. 

Tidak hanya itu, guna mencegah penularan virus Corona Covid-19, UEFA juga telah menetapkan protokol yang ketat bagi para peserta. Aturan tidak hanya berlaku saat pertandingan saja, tetapi juga mengikat para pemain dan staf serta ofisial tim sejak mereka masih berada di hotel masing-masing. 

Seperti dilansir dari AS, UEFA kembali meningkatkan protokol kesehatan selama babak final eight Liga Champions di Lisbon. Salah satunya dengan mewajibkan seluruh pemain dan ofisial tim mengikuti tes Covid-19 sebelum bertolak ke Lisbon. Setiap tim akan ditempatkan di hotel yang sudah ditentukan dan diminta tidak ke mana-mana kecuali untuk mengikuti latihan resmi dan pertandingan. Sedangkan untuk keperluan lainnya, pemain dan ofisial harus mendapat izin khusus dari panitia. 

Selama di hotel, masing-masing pemain dan staf menempati kamar terpisah satu orang satu. Mereka tidak diizinkan untuk berbagi kamar seperti kebiasaan yang berlaku sebelum pandemi melanda dunia. 

 

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

Aturan Lainnya

Untuk menjamin keselamatan peserta selama final eight ini, UEFA telah menerbitkan protokol kesehatan setebal 31 halaman sebagai acuan bagi tim-tim peserta. Dokumen itu menjelaskan berbagai prosedur yang harus dijalani, mulai dari tes Covid-19 hingga jam tidur masing-masing pemain.  

Seluruh pertandingan juga hanya akan digelar di dua stadion saja, yakin Sporting Lisbon’s Jose Alvalade Stadium atau the Estadio da Luz, home to S.L. Para pemain dan staf kembali dites malam sebelum pertandingan dengan hasil yang akan disampaikan setidaknya enam jam sebelum kick-off.

Ini untuk memungkinkan setiap hasil tes positif dapat segera diisolasi. Dan jika ada pemain yang dinyatakan positif terkena virus korona setelah turnamen dimulai, mereka secara otomatis akan melewatkan sisa kompetisi, karena periode isolasi diri wajib selama 14 hari.

 

3 dari 5 halaman

Dilarang Bertukar Kostum

Dokumen UEFA menjelaskan dengan sangat rinci, sampai hal-hal tercekil yang dijalani tim peserta termasuk perjalanan yang akan mereka tempuh dari hotel menuju tempat latihan atau lapangan pertadingan. Dalam dokumen itu seperti dilansir dari AS, dijelaskan bila bus yang digunakan tim bakal disinfeksi sebelum digunakan. Rute masuk dan keluar dari bus juga diatur secara ketat di mana pemain dan ofisial hanya boleh menggunakan pintu tengah guna menghindari kontak dengan pengemudi.

Saat pertandingan, tidak ada lagi ritual tukar kostum. Meski demikian, kapten tim masih tetap diizinkan untuk bertukar emblem dengan tim lawan sebelum kick off berlangsung. Menurut UEFA, benda itu masih lebih higienis ketimbang kostum yang telah digunakan saat pertandingan. 

4 dari 5 halaman

Atletico Datang Terlambat

Sementara itu, dua pemain Atletico Madrid, Angel Correa dan Sime Vrsaljko, dinyatakan terjangkit virus Corona Covid-19, Sabtu lalu. Akibatnya mereka tidak diizinkan untuk bertolak ke Lisbon. 

Atletico juga terpaksa harus mengikuti tes ulang untuk memastikan tidak ada pemain lain yang tertular sehingga mengakibatkan jadwal penerbangan ke Lisbon terpaksa ditunda. Tim besutan Diego Simeone itu tidak bisa tiba hingga Selasa sore sementara lawannya, Leipzig sudah berada di tiba sejak Sabtu.

Berikut adalah jadwal lengkap Liga Champions 2019/2020:

Rabu 13 Agustus 2020

02.00 WIB, Atalanta Vs PSG (live SCTV dan Vidio)

Kamis 14 Agustus 2020

02.00 WIB, Leipzig Vs Atletico Madrid (live SCTV dan Vidio)

Jumat 15 Agustus 2020

02.00 WIB, Barcelona vs Bayern Munchen (live SCTV dan Vidio)

Sabtu 16 Agustus 2020

02.00 WIB, Manchester City vs Olympique Lyon (live SCTV dan Vidio)

 

 

 

 

 

5 dari 5 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini