Sukses

9 Manfaat Memasang GPS di Kendaraan

Liputan6.com, Jakarta- Di era modern seperti saat ini GPS sudah menjadi salah satu kebutuhan. Meski mayoritas smartphone sudah memiliki GPS, kendaraan pribadi terutama mobil perlu di lengkapi juga dengan Global Positioning System.

Melihat kondisi sekarang, memang sangat disarakan kendaraan masa kini harus pakai GPS mobil. Karena inovasi tersebut sangat bermanfaat dan mempermudah pengemudinya dalam mengontrol setiap aktivitas penggunaan alat trasnportasi darat ini.

Penggunaan GPS memang cukup dibutuhkan karena memiliki banyak manfaat. Pengoperasiannya yang mudah juga membuat para pengemudi sangat terbantu.

Arya CEO dari GPSKU.co.id membagikan alasan penting mengapa kendaraan perlu menggunakan GPS. Berikut 9 manfaat memakai GPS di mobil:

1. Dapat Mendeteksi Cuaca

GPS tidak hanya digunakan untuk mencari lokasi suatu jalan atau daerah saja, namun juga bisa mendeteksi cuaca, tekanan udara, kelembapan dan suhu pada saat itu. Jadi pengemudi memiliki persiapan matang sewaktu menuju ke tempat tujuan tersebut.

Jadi apabila daerah tujuan mengalami hujan yang sangat lebat, Anda dapat mempersiapkan payung atau bahan makanan yang agak banyak. Karena tidak akan mudah berhenti sewaktu-waktu di suatu tempat. Dengan begitu perjalanan akan lebih nyaman.

2 dari 5 halaman

2-4

2. Mendeteksi Kantor Polisi Terdekat

Berkembangnya teknologi digital saat ini, membuat GPS menjadi cukup penting diletakkan sebagai alat pelengkap kendaraan. Terlebih lagi fasilitas yang ditawarkan bermacam-macam sehingga para pengemudi menjadi lebih nyaman berkendara.

GPS ini juga memiliki fitur keamanan, yang pada saat Anda menekan tombol “help” maka akan ditampilkan akses jalan menuju kantor polisi, rumah sakit, dan fasilitas umum lainnya. Jadi dengan mudah bisa langsung mengikuti petunjuk di map.

3. Mengantisipasi Pencurian

Memang tidak ada satu orangpun mengharapkan hal buruk terjadi pada kendaraannya. Namun sebagai langkah antisipasi, penggunaan GPS merupakan hal paling tepat untuk melacak secara langsung perjalanan mobil.

Dengan menggunakan GPS, Anda akan mudah menemukan posisi terkini kendaraan dan dapat segera melaporkannya kepada pihak berwenang. Maka hal ini lebih mempermudah pencarian mobil tersebut dan tentu sangat membantu pekerjaan polisi.

3 dari 5 halaman

4-5

4. Dapat Disetting Jadwalnya

Untuk Anda yang memiliki usaha jasa rental, fitur satu ini sangat bermanfaat untuk menyetting jadwal peminjaman mobil sehingga tidak akan adal kesalahan waktu nantinya. Kemudian juga bisa dilacak setiap keberangkatannya sehingga jika suatu saat membutuhkannya bisa langsung membuka historynya

Tentu hal ini sangat membantu Anda dalam menjalankan usaha rental mobil. Jadi memang inilah alasannya kendaraan masa kini harus pakai GPS mobil karena cukup mempermudah pekerjaan khususnya dalam hal penjadwalan.

5. Mempermudah Mengemudi di Malam Hari

Mengemudi di malam hari memanglah sangat melelahkan dan menakutkan apalagi dilakukan sendirian. Namun dengan adanya fasilitas GPS pastinya sangat membantu Anda dalam menentukan arah jalan yang bisa dipilih.

Mengemudi di waktu malam kerap dijadikan pilihan karena suhu tidak sepanas siang hari. Walaupun tidak sedikit yang kesulitan menemukan arah lokasi karena gelap. Dengan adanya GPS, Anda tak perlu bingung lagi karena akan lebih mudah menentukan akses jalan.

4 dari 5 halaman

6-7

6. Dapat Digunakan Sebagai Penyadap

Fasilitas GPS ini juga bisa berguna sebagai alat penyadap yang dapat digunakan untuk merekam pembicaraan orang di dalam mobil. Jadi bisa dijadikan bukti kepada pihak berwajib jika terjadi pencurian ata kecurangan pada suatu saat nanti.

Cara pengoperasiannya cukup mudah, Anda hanya harus menyetting bahwa nomor Anda otomatis menjadi admin yang bisa mengakses GPS tersebut sehingga suatu saat nanti bisa langsung membuka file sadapan secara cepat dan gampang.

7. Dapat Menghemat Waktu dan Bahan Bakar

Penggunaan sistem GPS, bisa memberikan tampilan informasi tentang lokasi yang akan dituju beserta rute dan akses jalan terbaik juga tercepat. Jadi Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Hal ini tentunya akan mempercepat perjalanan Anda sampai ke tempat tujuan, secara otomatis bahan bakar yang digunakan akan lebih sedikit. Waktu tempuh juga semakin singkat, jika tadinya bisa 1 hingga 2 jam, dengan GPS jarak dapat dicapai hanya setengah jam saja.

5 dari 5 halaman

8-9

8. Dapat Merekam History Perjalanan

Secara umum, fungsi GPS adalah memberi info mengenai lokasi tujuan Anda. Namun ternyata alat ini juga bisa merekam semua tempat dan wilayah yang pernah didatangi sehingga bisa dilacak dengan mudah.

“Seluruh history GPS tersimpan rapi di dalam file penyimpanannya, jadi apabila suatu saat Anda membutuhkan datanya bisa langsung membukanya. Karena pengaksesan cukup mudah dan cepat, karena info telah terekam dengan baik,” jelas Arya.

9. Dapat Melakukan Pemantauan dan Pelacakan

Selain menentukan arah jalan dan letak suatu lokasi, GPS juga bisa digunakan sebagai alat pemantau dan pelacak yang dapat memberikan informasi mengenai keberadaan mobil terkini. Baik dari tempat berhentinya hingga history perjalanan.

Jadi Anda dengan bebas dapat melacak dan memantau perjalanan. Hal ini sangat bermanfaat apabila digunakan oleh penyedia jasa rental mobil karena dapat mengantisipasi kecurangan karyawan ataupun pencurian kendaraan.

Disadur dari Merdeka.com (penulis Syakur Usman)