Sukses

Setelah 20 Tahun Penuh Prestasi, Legenda Bulu Tangkis Lin Dan Resmi Pensiun

Jakarta - Legenda bulut dunia asal China, Lin Dan, mengumumkan pensiun pada Sabtu (4/7/2020). Ia mengumumkan keputusannya itu melalui media sosial miliknya, Weibo, sekaligus menyudahi karier gemilangnya selama 20 tahun di tim nasional China. 

"Dari 2000 hingga 2020, setelah 20 tahun, saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada tim nasional. Sangat sulit mengucapkan ini," tulis Lin Dan, seperti dilansir Xinhua

Menurut Asosiasi Bulu Tangkis China, Lin Dan telah menyerahkan surat pengunduran dirinya beberapa hari lalu. Mempertimbangkan keinginan pribadi Lin Dan situasi terkininya, tim bulut nasional China menyetujui keputusan Lin Dan untuk pensiun. 

Lin Dan kini telah berusia 37 tahun. Kariernya di kancah bulu tangkis dunia  benar-benarbergelimang gelar. Ia dianggap sebagai salah satu tunggal putra terbaik di dunia. 

Dengan keputusan ini, Lin Dan sudah dipastikan tidak akan bertanding di Olimpiade Tokyo 2020 yang diundur tahun depan. Lin Dan memang belum mengamankan tiket ke olimpiade, tapi dalam beberapa kesempatan masih bertekad ingin mengejar impiannya untuk sekali lagi tampil di Olimpiade.

 

2 dari 4 halaman

Gelimang Gelar Bergengsi

Prestasi Lin Dan di kancah bulu tangkis sangat gemilang. Dia merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki China, bahkan di dunia. 

Selama 20 tahun kariernya di tim nasional, Lin Dan berhasil mengoleksi dua medali emas Olimpiade (2008 dan 2012), lima gelar Kejuaraan Dunia, dan enam titel All England. 

 

3 dari 4 halaman

Generasi Emas

Dia menjadi bagian generasi emas tunggal putra dunia bersama Taufik Hidayat, Peter Gade, dan Lee Chong Wei. Ketiga rivalnya tersebut sudah lebih dulu gantung raket, namun Lin Dan masih bertahan. 

Namun, Lin Dan akhirnya memutuskan untuk gantung raket juga setelah 20 tahun menekuni olahraga yang dicintainya bersama tim nasional China. 

Sumber: Xinhua

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: