Sukses

5 Pekerjaan Rumah Tangga yang Manfaatnya Sama Seperti Berolahraga

Simak pekerjaan rumah apa saja yang manfaatnya setara dengan berolahraga.

Jakarta - Tak perlu berolahraga yang berat jika Anda hanya ingin menurunkan berat bedan. Sebab, mengerjakan pekerjaan rumah tangga juga manfaatnya setara seperti sedang berolahraga.

Hal sederhana yang tidak kamu sadari padahal bisa memudahkanmu saa ingin berolahraga tapi tidak bisa keluar rumah atau pekerjaan rumah tangga sedang menumpuk. Membersihkan rumah sekaligus berolahraga pasti menjadi kegiatan seru yang efisien.

Manfaat melakukan pekerjaan rumah tangga bisa setara dengan berolahraga. Sebab pada saat mengerjakannya, tubuhmu bergerak dan mengeluarkan tenaga, sama seperti dengan berolahraga.

Hanya saja bentuknya berbeda tidak dilakukan dengan gerakan olahraga seperti senam, lari, sit-up dan push-up. Namun, efeknya sama karena pekerjaan rumah akan membuatmu mengeluarkan keringat.

Kegiatan ini akhirnya memberikanmu dua manfaat sekaligus, pekerjaan rumah menjadi selesai dan tubuhmu mendapatkan manfaat seperti kamu sedang berolahraga. Pastinya karena ini kamu akan rajin mengerjakan pekerjaan rumah dan tidak perlu khawatir lagi tidak punya waktu untuk berolahraga.

Untuk lebih jelasnya, berikut 5 pekerjaan rumah tangga yang manfaatnya setara dengan berolahraga. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Menyapu dan Mengepel Lantai

Fakta menarik yang perlu kamu tahu tentang pekerjaan rumah menyapu dan mengepel lantai adalah dua pekerjaan rumah yang bisa membakar kalori. Kamu bisa membakar 100 kalori hanya dengan menyapu dan mengepel lantai dalam waktu setengah jam saja.

Hal ini karena gerakan lengan secara terus menerus dapat melatih otot-otot lengan menjadi kuat. Selain itu, tulang punggung pun akan fleksibel ketika Anda menekuknya saat menyapu.

Sedangkan hal yang tidak kalah menakjubkan lagi ialah jumlah kalori yang bisa dibakar saat kamu mengepel lantai dengan cara berjongkok. Mengepel lantai dengan cara berjongkok dapat membakar 200 kalori.

Selain itu, aktivitas ini juga bisa mengencangkan otot-otot di lengan, punggung, perut, dan paha.

3 dari 6 halaman

Mencuci Baju dengan Tangan

Mencuci baju kini memang bisa dilakukan dengan mesin cuci. Namun jika kamu menginginkan manfaatnya yang lebih sepertisedang berolahraga, maka cucilah baju kotormu dengan menggunakan tangan. Kegiatan mencuci dengan tangan sekaligus menjemurnya juga dapat membakar kalori tubuh.

Kegiatan mencuci manual alias tidak pakai mesin benar-benar dapat membakar kalori dengan efektif. Sebab, pada saat mencuci secara manual, kamu tidak hanya mencuci saja, tetapi kamu mengangkat ember berisi air, menyikat, membilas, lalu memeras pakaian.

Semua itu akan melatih otot-otot tangan, lengan, dan perut menjadi kencang sekaligus membuat berat badanmu bisa menyusut karena kalori tubuh meluruh.

4 dari 6 halaman

Menyetrika Pakaian

Siapa sangka ternyata menyetrika baju juga efeknya setara dengan berolahraga, Menyetrika pakaian selama 1 jam bisa membakar 100-150 kalori tubuh.

Manfaat tersebut akan lebih besar lagi jika kamu menyetrika dengan posisi berdiri dibandingkan hanya duduk. Memang akan terasa pegal tetapi efeknya juga besar.

Agar kamu tidak mudah lelah dalam menyetrika, kamu bisa memilah baju mana yang mudah disetrika dengan yang sukar. Kamu bisa menyetrika yang mudah dulu lalu beristirahat sebentar dan melanjutkan kembali baju-baju yang sukar disetrika.

Cara ini efektif agar pekerjaan rumahmu selesai dan badanmu tidak terlalu pegal.

5 dari 6 halaman

Membersihkan Kamar Mandi

Keempat, pekerjaan rumah yang satu ini bisa jadi merupakan pekerjaan rumah yang paling jarang kamu lakukan yakni, membersihkan kamar mandi. Padahal aktivitas membersihkan kamar mandi seperti menggosok lantai, membersihkan bak mandi, menyikat toilet, jika Anda lakukan semuanya, akan mampu membakar hingga 200 kalori.

Kamu bisa membersihkan kamar mandi satu bulan sekali atau satu bulan dua kali agar keberihan kamar mandi tetap terjaga dan kamu bisa mendapatkan manfaat dari membersihkannya yang terbukti dapat membakar kalori tubuh.

6 dari 6 halaman

Berkebun

Terakhir, pekerjaan rumah yang manfaatnya sama besar seperti habis berolahraga adalah berkebun. Jelas saja kegiatan ini akan memaksa tubuhmi untuk aktif bergerak seperti saat mengolah tanah, menabur benih, mengangkat pot, dan menyiram tanaman.

Semua aktivitas tersebut melibatkan banyak bagian otot termasuk paha, tulang punggung, lengan, dan kaki. Saat mengolah tanah atau menabur benih, kamu pasti berjongkok. Kegiatan akan melatih otot-otot paha dan betis menjadi kuat.

Selain efektif membakar kalori, berkebun juga membuat kamu terpapar cahaya matahari sehingga mendapatkan asupan vitamin D yang baik untuk tubuh.

Disadur dari Fimela.com (Penulis Imelda Rahma / Editor Ayu Puji Lestari, Published 15/6/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini