Sukses

Kabar Terbaru Pengembangan Vaksin COVID-19

Ilmuwan Indonesia Taruna Ikrar memaparkan sudah ada 115 kandidat vaksin. Dari jumlah itu, 78 di antaranya terkonfirmasi aktif dan 37 lainnya tidak terkonfirmasi.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat di seluruh dunia masih menanti kehadiran vaksin COVID-19. Saat ini peneliti di berbagai penjuru muka bumi terus bekerja sama dengan perusahaan farmasi maupun jejaring pengembang, agar uji klinis dapat dilakukan dan vaksin bisa diproduksi massal. 

Ilmuwan Indonesia Taruna Ikrar memaparkan sudah ada 115 kandidat vaksin. Dari jumlah itu, 78 di antaranya terkonfirmasi aktif dan 37 lainnya tidak terkonfirmasi.

"Lalu dari 78 proyek aktif yang dikonfirmasi, 73 di antaranya saat ini berada pada tahap eksplorasi atau praklinis," papar Taruna melalui kiriman tulisan kepada Liputan6.com.

"Kandidat vaksin yang paling canggih sudah masuk dalam uji klinis, yaitu mRNA-1273 dari Moderna, Ad5-nCoV dari CanSino Biologicals, INO-4800 dari Inovio, LV-SMENP-DC, dan aAPC khusus patogen dari Shenzhen Geno-Immune Medical Institute."

Dari sisi pengembang vaksin, ada 10 pengembang yang berencana membuat vaksin adjuvant untuk COVID-19. Adjuvant merupakan bahan yang ditambahkan ke dalam vaksin untuk meningkatkan respons imun. 

"Pengembang vaksinnya, termasuk perusahaan farmasi GlaxoSmithKline, Seqirus dan Dynavax. Mereka berkomitmen membuat adjuvan berlisensi (AS03, MF59 dan CpG 1018, masing-masing) tersedia untuk COVID 19 vaksin," lanjut Taruna, yang bekerja di American College of Clinical Pharmacology, Amerika Serikat.

Pengembangan vaksin COVID-19 global tidak hanya dilakukan perusahaan farmasi saja. Sejumlah pengembang vaksin multinasional ikut terjun mengembangkan vaksin COVID-19. Siapa saja mereka? Berapa persentase jumlah pengembang?

Berikut ini tulisan Taruna berjudul Berburu Vaksin Corona Virus COVID-19 secara lengkap:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kandidat Vaksin

"Corona Virus Diseases (COVID-19) mewabah secara global dan mewabah secara pandemic. Bahkan telah menginfeksi jutaan penduduk dunia, dengan tingkat kematian yang sangat tinggi hingga ratusan ribu pasien. Wabah ini bisa menjadi ancaman bukan saja Kesehatan tetapi ancaman resesi ekonomi dan sosial.

Selanjutnya, setelah ditemukan Urutan genetik SARS-CoV-2, coronavirus yang menyebabkan COVID-19, telah ditemukan dan merangsang perusahaan farmasi global yang kuat untuk mengembangkan vaksin melawan penyakit tersebut.

Skala dampak kemanusiaan dan ekonomi dari pandemi COVID-19 yang luar biasa, mendorong evaluasi teknologi vaksin generasi berikutnya melalui paradigma baru untuk mempercepat pengembangan, dan kandidat vaksin COVID-19 pertama memasuki pengujian klinis pada manusia dengan cepat.

Koalisi untuk Kesiapsiagaan Epidemi bekerja sama dengan otoritas kesehatan global dalam pengembang vaksin untuk mendukung pengobatan vaksin terhadap COVID-19. Dasar pengembangan itu meliputi program pengembangan vaksin yang dilaporkan melalui daftar resmi dan terus diperbarui WHO. Berdasarkan hal tersebut memberikan wawasan tentang karakteristik utama dari vaksin COVID-19.

Sejauh ini dalam pengembangan Vaksin COVID-19 global mencakup 115 kandidat vaksin. Ada 78 di antaranya dikonfirmasi sebagai aktif dan 37 tidak dikonfirmasi. Dari 78 proyek aktif yang dikonfirmasi, 73 saat ini berada pada tahap eksplorasi atau praklinis.

Kandidat vaksin yang paling canggih sudah masuk dalam uji klinis, yaitu: mRNA-1273 dari Moderna, Ad5-nCoV dari CanSino Biologicals, INO-4800 dari Inovio, LV-SMENP-DC dan aAPC khusus patogen dari Shenzhen Geno-Immune Medical Institute.

3 dari 5 halaman

Platform Teknologi Vaksin

Sejumlah pengembang vaksin lain telah mengindikasikan rencana untuk memulai pengujian manusia pada tahun 2020 ini. Keragaman platform teknologi dan fitur mencolok dari lanskap pengembangan vaksin untuk COVID-19 adalah berbagai platform teknologi yang dievaluasi, termasuk berdasarkan asam nukleat (DNA dan RNA), partikel seperti virus, peptida, vektor virus (replikasi dan non-replikasi), protein rekombinan, virus yang dilemahkan dan pendekatan virus yang tidak aktif.

Banyak dari platform ini saat ini tidak menjadi dasar untuk vaksin berlisensi, tetapi pengalaman di bidang-bidang seperti onkologi mendorong pengembang untuk mengeksploitasi peluang yang ditawarkan dengan pendekatan generasi tercanggih untuk meningkatkan kecepatan pengembangan dan pembuatan.

Dapat dibayangkan bahwa beberapa platform vaksin mungkin lebih cocok untuk subtipe populasi spesifik. Platform baru yang didasarkan pada DNA atau mRNA menawarkan fleksibilitas besar dalam hal manipulasi antigen dan potensi kecepatan.

Sebagai contoh, perusahaan farmasi Moderna memulai pengujian klinis vaksin berbasis mRNA mRNA-1273 hanya 2 bulan setelah identifikasi urutan. Vaksin ini berdasarkan vektor virus menawarkan ekspresi protein tingkat tinggi dan stabilitas jangka panjang, dan memicu respons imun yang kuat.

4 dari 5 halaman

Kembangkan Vaksin Adjuvant

Sejauh ini, setidaknya 10 pengembang telah mengindikasikan rencana untuk mengembangkan vaksin adjuvant terhadap COVID-19, dan pengembang vaksin, termasuk Perusahaan farmasi GlaxoSmithKline, Seqirus dan Dynavax telah berkomitmen untuk membuat adjuvan berlisensi (AS03, MF59 dan CpG 1018, masing-masing) tersedia untuk digunakan dengan COVID baru -19 vaksin dikembangkan oleh orang lain.

Informasi publik tentang antigen SARS-CoV-2 spesifik yang digunakan dalam pengembangan vaksin terbatas. Sebagian besar kandidat yang informasinya tersedia bertujuan untuk menginduksi antibodi penawar terhadap protein lonjakan (S), mencegah penyerapan melalui reseptor ACE2 manusia.

Akhirnya, Profil pengembang vaksin. Dari beberapa kandidat vaksin aktif yang dikonfirmasi, ada 56 (72%) sedang dikembangkan oleh pengembang swasta / industri, sehingga sisanya 22 (28%) proyek dipimpin oleh akademik, sektor publik dan organisasi nirlaba lainnya.

Meskipun sejumlah pengembang vaksin multinasional besar (seperti Janssen, Sanofi, Pfizer dan GlaxoSmithKline) telah terlibat dalam pengembangan vaksin COVID-19, banyak pengembang utama kecil dan/atau tidak berpengalaman dalam pembuatan vaksin skala besar.

5 dari 5 halaman

Mayoritas Pengembangan di AS

Jadi, yang terpenting adalah memastikan adanya koordinasi dalam pembuatan vaksin dan kapabilitas pasokan dan kapasitas untuk memenuhi permintaan.

Sebagian besar kegiatan pengembangan vaksin COVID-19 berada di Amerika Serikat, sebanyak 36 (46%) pengembang kandidat vaksin aktif yang dikonfirmasi dibandingkan dengan 14 (18%) di Cina, 14 (18%) di Asia (tidak termasuk China) dan Australia, dan 14 (18%) di Eropa.

Perjuangan mengembangkan Vaksin, sangat penting karena mengingat keharusan untuk adanya upaya mempercepat, ada indikasi bahwa vaksin dapat tersedia dalam penggunaan darurat minimal akhir tahun ini. Mengingat penyakit Coronavirus COVID-19 sudah menjadi pandemic dan memiliki tingkat penularan dan fatalitasnya yang tinggi.

Semoga perjuangan para perusahaan farmasi dan ilmuwan tersebut bisa sukses dalam waktu yang tidak terlalu lama. Sehingga Wabah COVID-19 bisa segera diatasi." 

 

Disadur dari: Kanal Health Liputan6.com (Penulis: Fitri Haryanti Harsono, Editor: Benedikta Desideria, published 12/6/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini