Sukses

8 Cara Efektif Memutihkan Kulit Secara Alami, Tanpa Efek Samping

Liputan6.com, Jakarta- Kulit yang putih dan bersih pasti jadi dambaan semua orang. Kulit putih dan cerah memang jadi idaman semua orang terutama bagi wanita.

Sayangnya, kebanyakan lebih memiliki cara yang instan dan cepat untuk mendapatkan kulit putih idamannya. Tak jarang mereka merogoh kocek hingga jutaan rupiah demi untuk tampil cantik.

Padahal ada cara memutihkan kulit secara alami dan tanpa efek samping lho, bahkan hasilnya bisa permanen. Kamu dapat melakukan beberapa perawatan dengan menggunakan bahan alami yang dapat menyamarkan dan mencerahkan kulit hanya dalam seminggu.

Nah, dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber Minggu (21/10/2018) berikut ini beberapa cara memutihkan kulit secara alami dalam waktu seminggu yang permanen dan tanpa efek samping yang membahayakan kulit.

2 dari 9 halaman

1. Lemon

Kaya akan vitamin c, lemon juga dapat dimanfaatkan sebagi salah satu cara memutihkan dan mencerahkan kulit secara alami, jika digunakan secara teratur. Ada dua cara memutihkan kulit yang dapat dicoba dengan lemon yaitu, pertama campurkan 3 sendok makan jus lemon, 1 sendok makan dadih dan 2 sendok makan tepung gram (tepung yang terbuat dari kacang tanah).

Aplikasikan dengan tebal campuran tersebut pada tangan, kaki dan anggota tubuh lain yang diinginkan. Setelah 20 menit, bilas dengan air dingin dan keringkan. Untuk hasil yang maksimal gunakan bahan alam ini selama tujuh hari. Kamu akan dapat melihat perbedaan pada kulit setelah tujuh hari pemakaian.

Nggak mau ribet dengan cara yang pertama? Ada cara lain yang lebih mudah, yakni dengan menjadikan lemon sebagai scrub. Pertama siapkan campuran jus lemon dan madu masing-masing 2 sendok makan serta 1 sendok makan gula aduk rata. Aplikasikan pada tangan dan kaki kemudian bilas dengan air. Lakukan secara ruitn untuk hasil maksimal.

3 dari 9 halaman

2. Lidah buaya

Lidah buaya membantu menghilangkan kulit gelap dan menjaganya tetap lembab. Untuk mendapatkannya, hal yang harus Anda lakukan adalah, Ambillah gel lidah buaya yang segar. Usapkan pada kulit yang gelap. Biarkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air biasa. Lakukan dua atau tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Selain campuran diatas lidah buaya juga dapat dicampurkan dengan minyak almond. Caranya ambil 2 sendok makan lidah buaya dan tambahkan beberapa tetes minyak tersebut. Oleskan pada kulit dan biarkan 15-20 menit. Lalu bilas dengan air dan keringkan. Setelah penggunaan, pastikan Anda tidak terkena sinar matahari langsung.  

4 dari 9 halaman

3. Mentimun

Mentimun kaya akan mineral dan vitamin yang penting agar kesegaran kulit terjaga sehingga kulit tidak terlihat kusam. Mentimun juga berguna untuk menghambat pigmentasi kulit. Selain itu Mentimun memiliki vitamin A yang mampu menyamarkan warna kulit gelap dan tidak rata. Keuntungan lain dengan menggunakan mentimun sebagai salah satu cara memutihkan kulit adalah bahan ini mudah didapatkan. 

Cara pakainya, blender beberapa mentimun hingga halus, kemudian campurkan 2 sendok makan lidah buaya aduk hingga merata. Oleskan krim pada kulit secara menyeluruh, diamkan sekitar 10 menit dan bilas dengan air dingin. Lakukan langkah ini pada pagi dan sore hari.

5 dari 9 halaman

4. Jeruk Nipis dan Pepaya

Kombinasi pepaya dan jeruk nipis mampu memutihkan kulit tubuh secara cepat karena kandungan kedua buah ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulit kusam. Selain itu keduanya kaya akan antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas.

Cara penggunaannya yaitu, haluskan satu buah pepaya dan campur dengan air perasan jeruk nipis. Aduk hingga merata dan terbentuk seperti cream. Balurkan cream ini pada seluruh kulit tubuh secara merata. Diamkan selama 15-20 menit hingga mengering. Bilas dengan air hangat lalu keringkan. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil maksimal. 

6 dari 9 halaman

5. Alpukat

Cara memutihkan kulit secara alami adalah dengan menggunakan alpukat. Alpukat bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini karena alpukat banyak mengandung karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E berguna untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal. Selain itu buah ini juga efektif untuk memutihkan kulit tubuh secara cepat.

Cara penggunaannya, siapkan 2-3 buah alpukat matang dan segar. Haluskan daging buah alpukat dengan menggunakan blender dan campur dengan air secukupnya. Balurkan cream alpukat keseluruh kulit tubuh yang diinginkan secara merata. Diamkan selama 10-15 menit. Bilas badan dengan menggunakan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari sebelum mandi.

7 dari 9 halaman

6. Bengkoang

Bengkoang merupakan salah satu buah yang paling sering digunakan sebagai bahan utama produk kecantikan kulit. Hal ini dikarenakan bengkoang kaya akan vitamin B dan C yang sangat berperan penting untuk memutihkan kulit dan menjaga kulit agar tetap bersih bersinar. Vitamin C pada bengkoang memberikan rangsangan pada sel kulit untuk beregenerasi.

Untuk pemakaiannya, blender bengkong hingga halus. Gunakan sebagai lulur saat hendak mandi. Untuk hasil maksimal lakukan perawatan tersebut secara rutin.

8 dari 9 halaman

7. Madu

Cara memutihkan kulit secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan madu. Madu berfungsi sebagai pelembap alami dan sekaligus dapat mencerahkan kulit karena kaya akan anti-oksidan dan juga dapat mengangkat kulit mati. 

Caranya pemakaiannya, oleskan madu pada seluruh tubuh lalu diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan kulit putih alami.

9 dari 9 halaman

8. Putih Telur dan Lemon

Lemon kaya akan kandungan vitamin C sehingga efektif untuk memutihkan kulit, sedangkan putih telur efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam dan tidak cerah. Kombinasi kedua bahan ini sangat efektif untuk memutihkan dan mencerahkan kulit tubuh. 

Cara memutihkan kulit secara alami dengan menggunakan dua bahan ini adalah, campur putih telur yang diambil dari 2 - 3 butir telur dengan 2 - 3 lemon. Panaskan campuran bahan tersebut di atas api kecil. Diamkan hingga agak mengental. Dinginkan dengan memasukkannya ke dalam kulkas. Setelah dingin oleskan pada bagian seluruh kulit tubuh secara merata. Diamkan selama 15-20 menit. Bersihkan dengan air bersih dan keringkan dengan handuk kering sesudahnya.

(Septika Shidiqqiyah/Nanang Fahrudin)