Sukses

Biji Ketapang Manis Renyah, Sajian Ringan yang Pas untuk Lebaran

Jakarta Hari raya Idul Fitri atau Lebaran identik dengan kue-kue dan makanan khas lainnya. Sajian ini dibuat untuk para tamu yang datang baik dari dekat maupun jauh.

Lebaran tahun ini berbeda karena adanya pandemi virus corona Covid-19. Mudik dilarang selain itu masyarakat juga diwajibkan jaga jarak di antara mereka.

Ingin membuat makanan yang mudah dibuat untuk disajikan saat lebaran? Coba bikin biji ketapang. Tak perlu pakai oven. Cara membuatnya tinggal digoreng saja. Bahan-bahannya pun mudah didapat.

Untuk mendapatkan tekstur kue yang renyah pun tidak terlalu sulit. Selengkapnya langsung saja simak langkah-langkah pembuatannya di bawah ini.

Siapkan Bahan-bahannya

  • 500 gram tepung terigu
  • 6 sdm gula pasir
  • 4 sdm margarin
  • 135 ml santan kelapa
  • 2 butir telur ayam
  • 1/2 sdt garam

Uleni Adonan Sampai Tidak Bergerindil

Campur telur, gula, garam, dan margarin dengan spatula. Uleni adonan sampai tidak bergerindil. Lalu tuangkan santan sedikit demi sedikit. Aduk rata.

Uleni Sampai Adonan Mulai Terasa Berat

Tepung diayak terlebih dahulu. Lalu masukkan tepung sedikit demi sedikit ke adonan. Uleni dengan tangan sampai adonan mulai terasa berat. Saat adonan sudah kalis, siapkan nampan yang ditaburi tepung terigu tipis-tipis.

2 dari 2 halaman

Potong Adonan Bulat Serong

Bentuk adonan bulat memanjang. Lalu potong serong. Taruh di nampan. Sementara itu, panaskan minyak goreng di wajan.

Goreng dengan Sesekali Diaduk

Goreng biji ketapang. Jangan langsung diaduk supaya tidak terlalu banyak remahan. Cukup sesekali diaduk. Goreng sampai berwarna agak kekuningan. Angkat dan tiriskan.

Biji ketapag yang sudang hilang uap panasnya, bisa disimpan di dalam stoples kaca bertutup rapat. Mudah kan membuat kue ini? Selamat mencoba!

Disadur dari Fimela.com (Endah Wijayanti,published 17/5/2020)