Sukses

Cerita Frederic Kanoute Tolak Pakai Jersey Bersponsor Rumah Judi

Frederic Kanoute merupakan salah satu pemain besar dalam sejarah sepak bola Mali.

Jakarta - Frederic Kanoute sempat membuat cerita lewat aksinya membangkang beberapa waktu lalu. Namun, aksinya justru mendapat apresiasi dari banyak pihak karena mengikuti ajaran agama yang dianutnya, Islam.

Kanoute merupakan salah satu pemain besar dalam sejarah sepak bola Mali. Walau lahir di Prancis, dan sempat membela Prancis U-21, Kanoute memilih membela timnas senior Mali.

Pemain yang namanya berkibar bersama Sevilla tersebut mencatatkan 39 caps dan mencetak 23 gol untuk timnas Mali. Frederic Kanoute pernah meraih gelar top skor Piala Afrika 2004, sekaligus menjadi Pemain Terbaik Afrika tahun yang sama.

Nama Kanoute melambung saat membela klub asal Spanyol, Sevilla. Duetnya dengan Luis Fabiano membuat Sevilla menjadi penantang papan atas klasemen La Liga. Performa keduanya sangat bagus pada masanya.

Dia lahir di Prancis. Sang ibu berasal dari Prancis, sedangkan ayahnya imigran dari Mali. Latar belakang inilah yang membuat Kanoute bisa membela timnas Mali, walau lahir di Prancis dan sempat membela Prancis U-21.

Kanoute memulai karirnya di klub top Prancis, Lyon. Kontrak senior pertama didapat pada 1997. Hanya tiga tahun di Lyon, Kanoute kemudian pindah ke Inggris untuk membela West Ham. Dia berduet dengan Paolo Di Canio.

West Ham terdedrasi pada 2003, lalu Kanoute dibeli Tottenham dengan harga 3,5 juta pounds. Namun, karirnya di London Utara tidak cukup bagus. Pasalnya, dia kalah bersaing dengan Robbie Keane dan Jerman Defoe di lini serang.

Kanoute kemudian dibeli Sevilla dengan harga 6,5 juta pounds pada 2005. Di sini lah Kanoute menemukan rumah, cinta, dan puncak karirnya.

Dia membawa Sevilla meraih dua gelar Liga Europa dan Copa del Rey. Sevilla juga mendapat satu gelar Piala Super Eropa dan Supercopa de Espana bersama Kanoute. Fans Sevilla sangat cinta pada Frederic Kanoute. Namanya masih abadi sampai sekarang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menjalankan Ajaran Islam sejak Dini

Kanoute, dikutip dari beberapa sumber, mulai mempraktikkan ajaran Islam secara taat pada usia 20-an. Kanoute begitu teguh dalam menjalankan ajaran Islam.

Dia tetap puasa pada bulan Ramadan, walau Sevilla tengah bermain. "Saya dapat tetap berpuasa di bulan Ramadan bahkan ketika saya bermain, terkadang memang lebih sulit untuk tetap berpuasa karena di selatan Spanyol sangat panas, Tetapi saya bisa melakukannya, terima kasih Tuhan," ucapnya. 

Selain itu, pada musim 2006-2007, Kanoute sempat menolak memakai jersey Sevilla. Sebab, saat itu Sevilla mendapatkan sponsor baru yakni 888.com, yang tidak lain adalah rumah judi. Sevilla mendapat 3 juta pounds per tahun dari kerja sama tersebut dan harus menempatkan logo 888.com di bagian dada jersey musim 2006-2007.

Kanoute kemudian menolak keputusan klub. Pada laga Piala Super Eropa 2006, Kanoute menutup logo 888.com pada jersey yang dipakai dengan plester. Aksi ini mendapat sorotan, tetapi Kanoute punya alasan yang sangat kuat.

“Sesuai dengan ayat-ayat suci Alquran, meminum alkohol, berjudi, memuja idola, dan lotere adalah alat-alat setan untuk menyesatkan manusia. Mengapa saya meminta klub untuk menyediakan kostum yang bersih dari embel-embel perjudian itu,” kata Kanoute.

“Saya percaya klub akan merespon permintaan saya ini dengan baik. Jadi, biarkanlah saya memakai kostum tanpa logo itu,” tandas Kanoute.

3 dari 3 halaman

Membeli Masjid

Dia juga tiga ragu mengungkapkan pandangan politiknya. Kanoute melakukan selebrasi gol yang berisi pesan dukungan untuk Palestina pada laga Copa del Rey 2009. Selebrasi itu berujung kartu kuning dan denda bagi Kanoute.

Satu tindakan heroik pernah dilakukan Kanoute pada 2007. Saat itu, sebuah masjid di Ponce De Leon hendak ditutup karena izinnya sudah habis. Masjid tersebut kemudian dijual ke publik dan Kanoute membelinya.

Masjid tersebut menjadi satu-satunya masjid yang berada di kawasan Ponce De Leon. Kanoute membayar 700 ribu pounds untuk membeli masjid itu dan membangunnya menjadi tempat ibadah yang lebih megah di kemudian hari.

 

 

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 8/5/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini